GagasanHeadlineTingkatkan Kepercayaan Diri, Pemimpin Butuh Dukungan Seorang Mentor

Avatar Pemimpin.IDMarch 22, 2021231
pexels-vanessa-garcia-6325984

Oleh Ane Hukrisna

 

Lingkungan kepemimpinan yang kondusif dan terstruktur bisa lahir berkat seorang pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi seorang pemimpin memiliki kekuatan untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Faktor tersebut adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri seorang pemimpin itu sendiri, misalnya bakat dan pengalaman kepemimpinan yang dimiliki. Sifat atau karakter pribadi masing-masing juga menjadi faktor internal yang mempengaruhi kualitas kepemimpinan seorang pemimpin.

 

Sedangkan faktor eksternal berasal dari dukungan berbagai pihak salah satunya adalah mentor yang membantu seorang pemimpin untuk belajar dan terus mengeksplorasi kekuatan-kekuatan kepemimpinan. Mentor yang baik juga dapat menjadi tempat seorang pemimpin mengadu atau menceritakan kegelisahan yang tengah dialami. Seorang mentor yang baik akan membuat seorang pemimpin memiliki karakter kuat dan bisa menentukan tujuannya dengan tegas.

 

Mentor membantu pemimpin untuk memiliki mindset objektif dan terbuka

 

Mentor yang tidak terlibat langsung dan dalam pekerjaan seorang pemimpin akan dapat melihat berbagai masalah dengan sudut pandang yang objektif dan terbuka. Hal ini membuat pemimpin dan mentornya bisa berbagi perspektif yang berbeda bahkan memberikan informasi tambahan bila diperlukan. Karena harus diingat bahwa seorang pemimpin tidak dapat berdiri sendiri, segala keputusannya harus diambil berdasarkan banyak pertimbangan. Mentor adalah salah satu pihak yang dapat membantu seorang pemimpin untuk belajar menerima perspektif yang berbeda dari banyak pihak.

 

Pemimpin membutuhkan mentor untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri

 

Rasa percaya diri bisa didapatkan dari pengetahuan yang luas. Seorang pemimpin tentu saja harus memiliki pengetahuan yang luas dan informasi sebanyak-banyaknya agar dapat menentukan tindakan atau respon yang harus dipilih saat menentukan sebuah keputusan. Mentor memiliki peran yang cukup besar untuk membantu seorang pemimpin mendapatkan banyak informasi yang berguna untuk menjadi bahan pertimbangannya.

 

Tidak hanya itu, mentor juga bisa membantu seorang pemimpin memiliki koneksi yang luas. Biasanya seorang mentor adalah orang-orang hebat yang memiliki pengaruh dan peran besar dalam suatu kelompok. Seorang pemimpin dapat memanfaatkan mentor yang dimiliki untuk belajar dan mengenal sesuatu yang baru termasuk orang-orang dan lingkungan. Maka dari itu mentor memiliki peran yang cukup penting untuk menghasilkan seorang pemimpin dengan karakter dan keterampilan kepemimpinan yang kuat.

 

Photo by: Vanessa

 

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.