HeadlineLeadership ReviewSkill Penting di Masa Pandemi: Manajemen Stres

Avatar Pemimpin.IDOctober 7, 202173
pexels-andrea-piacquadio-3772618

Oleh: Fauziah SPR

ABSTRAK | Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa di antaranya adalah menghadapi perubahan yang besar, kecemasan, ketidakpastian, dan lain sebagainya. Hal-hal ini bisa kita temui di masa pandemi. Pandemi memunculkan begitu banyak penyebab stres. Karenanya, manajemen stres menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki.

 

Berdasarkan American Psychological Association (APA) Dictionary, stres adalah reaksi fisiologis/psikologis terhadap stresor (penyebab stres) eksternal maupun internal. Stresor atau penyebab stres bisa apa saja. Beberapa yang umum menimbulkan stres adalah sebagai berikut:

  1. Menghadapi perubahan besar
  2. Cemas
  3. Tidak memiliki kontrol atas suatu situasi
  4. Ketidakpastian
  5. Banyak tekanan

Jika menilik kondisi pandemi saat ini, hampir semua hal di atas bisa kita rasakan. Covid-19 yang datang secara tiba-tiba tentu membawa perubahan yang luar biasa besar. Kita yang terbiasa naik angkutan umum, bekerja ke kantor, pergi kuliah atau sekolah, tiba-tiba dipaksa melakukan kegiatan di rumah. Kalau pun terpaksa pergi ke luar, ada banyak protokol kesehatan yang wajib diikuti. Bernapas bebas tanpa masker yang menutupi, kini menjadi sesuatu yang tak ternilai harganya.

Pandemi ini juga meningkatkan kecemasan. Virus covid-19 yang bisa menyebar begitu cepat membuat banyak orang khawatir. Sayangnya, kita tidak memiliki kontrol penuh atas situasi ini. Pun tidak bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir. Situasi ini menimbulkan tekanan tersendiri bagi setiap orangnya. Dari yang terdampak secara ekonomi maupun yang terdampak secara kesehatan, semuanya sangat mungkin mengalami stres akibat pandemi.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

 

Kiat Manajemen Stres

Iis Anthea, Praktisi Mindfulness dan Professional Coach, menyebutkan bahwa manajemen stres bisa dilakukan dengan tiga tahapan.

  1. Mengenali Diri Sendiri
    Gejala stres setiap orang berbeda, maka dari itu kita harus menganalisa diri sendiri. Apakah akhir-akhir kita ini jadi sulit tidur? Mudah tersinggung? Atau hal-hal di luar kebiasaan lainnya? Cobalah untuk peka terhadap diri sendiri.
  2. Kenali Penyebab Stres
    Stres di masa pandemi tidak serta merta disebabkan seluruhnya oleh kemunculan pandemi. Biasanya, ada akar permasalahan yang berbeda bagi setiap orangnya. Misalnya, kita tidak stres karena pandemi covid-19, tetapi kita stres karena harus terus diam di rumah dan merasa seperti terpenjara. Jika kita sudah mengetahui akar permasalahannya, maka akan lebih mudah menemukan solusi yang sesuai. Dalam kasus tadi, solusinya bisa jadi cukup dengan lari di pagi hari selama beberapa menit.
  3. Berlatih Mindfulness
    Derasnya informasi yang diterima setiap hari dapat membuat kita merasa overwhelmed. Karenanya, sadari bahwa tidak semua berita harus kita baca. Kita punya hak untuk membatasi diri dari informasi-informasi yang dirasa tidak perlu. Fokuslah hanya pada hal-hal yang penting saja.

Pandemi memunculkan begitu banyak stresor (penyebab stres) bagi kita. Karenanya, kemampuan manajemen stres menjadi hal yang penting untuk dikuasai. Manajemen stres yang baik akan membantu kita untuk lebih optimal menjadi hari demi hari.

Referensi

APA Dictionary of Psychology. (2017). How to manage stress. Mind. Retrieved from https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/stress/causes-of-stress/

Photo by: Andrea

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Dapatkan E-Book Memimpin oleh Pempimpin Indonesia GRATIS!