ArtikelHeadlineSelf Love dan Cara untuk Mencintai Diri Sendiri

Avatar Pemimpin.IDMay 9, 2021340
pexels-pavel-danilyuk-6417918

 oleh Riyan Suatrat

 

Apakah Kamu pernah mendengar lagu berjudul Epiphany milik Kim Seokjin, salah satu member BTS?

Lagu ini bercerita tentang upaya yang dilakukan seseorang agar dicintai kekasihnya. Karena terlalu gigih memperjuangkan cintanya, orang tersebut sampai lupa bahwa sesungguhnya dirinya sungguh berharga.

Sejalan dengan realita sehari- hari, kita seringkali terlalu sibuk dan berusaha keras agar dicintai orang lain, namun lupa bahwa diri kita sendiri juga patut diberi penghargaan dan perhatian.

 

Apa itu Self Love?  

Self love artinya mencintai diri sendiri. Konsep ini benar-benar berbeda dari sikap egois walaupun sama-sama ditujukan kepada diri sendiri.

Mencintai diri sendiri dalam bahasan ini adalah bagaimana kita dapat menerima keadaan diri dan mengoptimalkan potensi yang ada di dalamnya, baik itu kelebihan maupun kekurangan.

Mungkin sebagian dari kita sering membandingkan diri kita dengan orang lain. Baik itu pencapaian, prestasi, bahkan cara berbicara dan fashion. Apalagi di masa sekarang saat media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita, kita semakin sering menemukan berbagai macam personality, sehingga sadar maupun tak sadar jadi makin sering membanding-bandingkan diri kita sendiri dengan mereka. 

 

Mengapa Self Love itu Penting?

Ternyata banyak manfaat yang dapat kita rasakan jika menerapkan konsep ini. Apa saja itu? Mari kita simak penjelasannya.

  • Meningkatkan semangat hidup
    Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari kadang menuntut ‘kesempurnaan’ dan performa terbaik dari diri kita. Sementara di sisi lain kita sebagai manusia juga dipenuhi kelemahan dan sisi buruk. Sikap menerima apa pun kondisi diri juga dapat menghindarkan kita dari stres ataupun depresi.
  • Mudah mengapresiasi orang lain
    Orang bijak mengatakan jika kita dapat menghargai orang lain itu karena kita telah berhasil memberikan apresiasi atas diri kita sendiri. Tindakan yang kita lakukan terhadap orang lain adalah cerminan perlakuan kita atas diri sendiri.
  • Memberi pengaruh positif bagi orang di sekitar kita
    Bayangkan suatu saat kita keluar rumah dengan suasana hati yang penuh amarah—misalnya saja karena masalah keluarga—wajah kita akan menjadi representasi perasaan. Cemberut, susah tersenyum, tidak menyapa, bahkan cenderung kasar pada siapapun yang kita temui. Sadarkah kita bahwa sesungguhnya kita telah menebar virus negatif pada orang-orang di sekitar kita.
  • Menjadi contoh baik bagi orang lain
    Masih berkaitan dengan poin di atas. Bayangkan kita bersikap sebaliknya. Orang-orang yang kita temui akan merasa nyaman berada di sekeliling kita. Aura positif dari sikap yang santun akan meninggalkan kesan baik bagi orang lain.

 

Self love dapat dimulai dengan mengubah cara pikir kita terhadap diri sendiri. Apa saja yang dapat kita lakukan? 
  1. Mengubah cara pandang kita terhadap diri sendiri
    Setiap gerakan yang kita lakukan adalah cerminan hati dan pikiran kita. Lakukan afirmasi setiap pagi di depan cermin dan katakan, “Aku berharga.”
  2. Mulailah berkomunikasi dengan diri sendiri.
    Kamu dapat melakukan ritual sebelum tidur malam dengan mengucapkan terima kasih pada diri karena telah melewati hari itu dengan baik (selain berterima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa tentunya).
  3. Bergaul dengan orang-orang yang senantiasa menebarkan aura positif.
    Bukan rahasia lagi jika kita ingin mengembangkan diri, wajib bagi kita mencari komunitas yang mendukung minat kita. Hal ini bertujuan agar kita senantiasa berada dalam atmosfer yang sama dengan tujuan kita.
  4. Membuka diri dalam pergaulan yang positif
    Ini penting agar pola pikir kita dapat terisi dengan hal-hal yang positif. Dengan demikian cara kita memkamung dan menerima diri kita pun akan lebih baik.
  5. Menerima keadaan diri kita dengan legawa
    Apa pun yang Tuhan berikan pada kita sejatinya merupakan bentuk rasa sayangNya pada kita. Tugas kita adalah mengelola sumber daya dalam diri kita dengan optimal dan sebaik-baiknya.

 

 

Artikel ini terpilih sebagai salah satu Best Article dalam kelas kepenulisan Wikiclass#1: Menulis Secara Kritis dan Faktual yang diadakan oleh Wikilead bekerjasama dengan Pemimpin ID pada April 2021.

Phot by: Pavel Danilyuk

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.