hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Squid Game: Rekomendasi Film Korea Untuk Belajar Kepemimpinan

Bagikan ke

Rekomendasi-Film-Korea

Squid Game merupakan salah satu film drama Korea yang berhasil mencuri perhatian banyak penonton. Serial drama Korea ini pertama kali tayang di Netflix pada 17 September 2021 dengan total 9 Episode, film ini menceritakan tentang permainan anak-anak yang dimainkan oleh orang dewasa. Perjalanannya dimulai ketika salah satu tokoh atau seorang bernama Seong Gi Hun bertemu dengan pria yang membawa koper berisi uang dan menawarinya untuk bermain permainan tradisional. Setelah selesai bermain, pria tersebut memberikan sebuah kartu nama yang berisi nomor telepon dan mengundangnya untuk ikut bermain sebuah permainan dengan tawaran hadiah uang berjumlah miliaran. Perjalanan hidupnya kemudian berubah ketika akhirnya ia bergabung dalam permainan tersebut. Rekomendasi film Korea ini sangat menarik karena ceritanya memiliki sisi kepemimpinan. 

Serial Drama Korea ini memiliki plot yang terdengar sederhana, tetapi memberikan kita banyak sekali pelajaran. Di antaranya ialah mengenai uang, penipuan, rasa kepercayaan, dan kelangsungan hidup atau rasa kemanusiaan antar sesama manusia. 

1. Kerjasama Tim

Rekomendasi Film Korea
Sumber: Pinterest

Film ini mengajarkan dan memberi tahu kita bagaimana strategi dalam permainan dan kerjasama tim yang baik dapat digunakan untuk mencapai kemenangan. Pada sesi permainan tarik tambang, sesi ini menunjukan kekompakan dari timnya Gi Hun yang menang karena bersatu untuk melakukan kerjasama dan saling percaya satu sama lain. dalam permainan tarik tambang mengisyaratkan kesatuan pola pikir, kepercayaan antara satu dengan yang lainnya dan kerjasama yang baik untuk mencapai kemenangan.

2. Adanya Pemimpin di dalam Setiap Tim

Rekomendasi Film Korea
Sumber: Pinterest

Setiap Tim pastinya membutuhkan seorang pemimpin yang baik dan cerdas. dari Film Drama korea ini dapat dilihat ketika si Kakek, Gi Hun, Sang Woo, dan Ali bersatu menjadi sebuah tim. Sebagai salah satu pemain yang lebih cerdas di antara pemeran lainnya, Sang Woo dengan kecerdasannya dapat menjadi pemimpin dari timnya yang dapat dilihat ketika ia memberikan keunggulan untuk timnya, serta mengarahkan dan memberikan strategi yang menguntungkan untuk sekutunya. Sama halnya dengan sisi dari para koordinator Squid Game serentak memakai baju berwarna merah dan menggunakan topeng berwarna hitam. Mereka memiliki pemimpin yang terlihat berpakaian serba hitam dan bertopeng dengan desain prismatik hitam yaitu Front Man. Semua keputusan dalam tindakan Squid Game berada di tangan Frontman. Ia mengarahkan dan mengatur strategi kepada anak-anak buahnya.

3. Saling Menjaga Satu Sama Lain

Rekomendasi Film Korea
Sumber: Pinterest

Kepedulian Gi Hun terhadap sang Kakek mencerminkan adanya sisi perikemanusiaan dalam serial ini. Pada beberapa adegan, Gi Hun terlihat mencoba menjaga sang Kakek agar ia selamat dalam beberapa permainan dan pertikaian. Rasa kemanusiaan yang diperlihatkan dari Gi Hun ini menimbulkan kepercayaan antara satu sama lain sehingga tim yang dibentuk bekerja sama dengan baik.

Baca juga : Feedback Sandwich: Cara Memberi Feedback yang Baik untuk Anggota

Salah satu rekomendasi film Korea ini memiliki pelajaran hidup yang dapat dipetik dimana bukan kekuatan fisik yang mampu menjadikan seseorang menjadi pemimpin. Namun Strategi yang cerdas dan kemampuan dalam mengorganisasi tim yang berada bawah kepemimpinannya yang menjadi nilai plus bagi seorang pemimpin yang baik.

Belajar lebih banyak tentang kepemimpinan, yuk follow instagram Pemimpin.id untuk tau tips tentang kepemimpinan lainnya.

Bildani Husnul
Author: Bildani Husnul

Follow us