Seringnya, seorang pemimpin lebih berfokus pada masalah bagaimana cara membangun kharisma, membangun pengaruh dan sumber daya manusia. Tapi tahukah? Salah satu hal yang juga penting dari seorang pemimpin adalah skill project management. Project management adalah kemampuan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan dan mengelolah target bisnis agar bisa mencapai tujuan. Dengan adanya project management, tim dapat mengatur semua detail pekerjaan di satu tempat, berbagi umpan balik dan progres, dan, pada akhirnya, berkolaborasi dengan lebih efektif.
Project management dibagi menjadi tiga kategori utama Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian.
- Perencanaan: Kegiatan perencanaan termasuk menentukan tujuan proyek, perencanaan sumber daya, dll.
- Penjadwalan: Kegiatan penjadwalan termasuk mengembangkan tonggak dan pedoman rinci untuk proyek tersebut. Kegiatan ini dilakukan biasanya sebelum inisiasi proyek yang sebenarnya.
- Mengontrol: Kegiatan pengendalian termasuk mengembangkan titik kontrol anggaran dan keuangan, mengukur tugas terjadwal dilakukan.
Project Management sangat penting bagi bisnis karena dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Manajemen Anggaran dan Jadwal yang Efisien
Setiap perusahaan pastinya memiliki anggaran dan jadwal, Anggaran dan jadwal adalah salah satu hal terpenting dari sebuah proyek. Dengan anggaran dan jadwal yang ketat atau terbatas, perusahaan akan lebih sulit menyelesaikan proyek. Dengan adanya project management memudahkan perusahaan mengelolah anggaran dan jadwal agar lebih efisien. Alasannya, seorang project manager akan menggunakan tools dan pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat strategi anggaran dan timeline yang mendukung prioritas proyek.

2. Meningkatkan Produktivitas kerja
Project Management berguna membantu tim untuk menentukan tujuan ke arah yang lebih baik dan mengoptimalkan alur kerja guna memaksimalkan produktivitas sekaligus kualitas proyek agar sesuai rencana. dengan arahan yang jelas tim dapat menavigasikan proyek lebih baik dan melakukan seluruh tugas sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Berbagai hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas kerja secara keseluruhan dan menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Baca juga: Skill Kepemimpinan untuk Kamu Para Entrepreneur
3. Mengurangi Risiko Proyek Kerjaan
Project management adalah salah satu yang dapat mengurangi risiko setiap proyek pekerjaan , mulai dari biaya anggaran, waktu dan kinerja. Apabila sebuah perusahaan memiliki tim project management, semua risiko tersebut mampu dianalisis, komunikasi, dan diprioritaskan. Dengan demikian, perusahaan bisa mengurangi risiko sebelum terdapat masalah yang lebih sulit diatasi.

Nah itu dia manfaat project management, setiap pemimpin dalam perusahaan harus memiliki skill tersebut agar bisa sukses. Pada dasarnya, project management adalah sesuatu yang berkaitan dengan suatu proses pelaksanaan proyek. Mulai dari perencanaan, perhitungan anggaran, penjadwalan, serta pengawasan agar dapat mengurangi resiko proyek di perusahaan. Belajar lebih banyak tentang kepemimpinan, yuk follow instagram Pemimpin.id untuk tau tips tentang kepemimpinan lainnya
Sumber
Website managementstudyguide.com
