hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Tips Membangun Personal Branding Untuk Pemimpin

Bagikan ke

Personal Branding

Kamu ingin dikenal oleh sekitarmu sebagai orang yang seperti apa? kamu ingin dikenal sebagai pribadi yang ramah, pribadi yang rajin, atau pribadi yang tegas dan lain sebagainya lebih baik ditentukan dari sekarang. Hal ini akan membantu segala usaha yang akan anda lakukan demi dapatkan personal branding yang diinginkan. Mungkin kamu sudah akrab dengan istilah kata brand pada suatu benda atau jasa. Apabila brand menjadi identitas suatu produk, personal brand berbicara tentang bagaimana kamu membentuk personalitas atau identitas diri di hadapan orang lain. Personal branding adalah proses di mana orang dan karir mereka dipandang sebagai sebuah citra khas yang positif. 

Setiap Pemimpin dalam perusahaan harus mempunyai personal branding yang kuat agar dapat membuat para anggota mempercayai dan mendukung apapun yang dikatakan oleh pemimpin. Apa saja manfaat personal branding?

Manfaat Personal Branding

  1. Membangun Kepercayaan Sebagai Seorang Pemimpin
personal-branding
Sumber : Pinterest

Membangun personal branding membuat orang merasa nyaman saat bekerja. Itu juga dapat membangun kepercayaan dari rekan kerja. Memiliki branding yang baik juga menciptakan niat yang jelas dan tulus, yang merupakan kunci untuk menumbuhkan kepercayaan. Orang akan merasa lebih nyaman saat bisa menebak apa yang bisa dilakukan seseorang. Ketika orang-orang mengetahui reputasi seseorang, mereka akan merasa nyaman bekerja sama dan memberikan tanggung jawab atas kebutuhannya.

  1. Membangun Kredibilitas

Ketika kamu merupakan seorang pemimpin di perusahaan, pertumbuhan bisnis kamu akan bergantung pada bagaimana kamu memasarkannya. Ini berarti kamu akan banyak memperluas jejaring dengan mengikuti konferensi, dan juga berkenalan dengan pemilik-pemilik bisnis yang lain. Apabila kamu tidak memiliki image yang positif, akan susah untuk berharap bahwa prospek tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

personal-branding
Sumber: Pinterest
  1. Memiliki Authenticity

Memiliki Authenticity membantu seseorang menjadi otentik, yang juga dapat membantunya dalam memenuhi hal-hal dalam hidup dengan lebih mudah. Kehidupan seseorang akan berputar di sekitar pekerjaan sambil memprioritaskan kekuatan dan memanfaatkan bakat yang membuatnya bahagia. Karena keasliannya, branding diri membantu meminimalkan kelemahan seseorang. Ini membantu dalam memperbaiki kelemahan.

personal-branding
Sumber: Pinterest

Baca juga : Memimpin Dari Belakang Menciptakan Sebuah Dampak

Tips membangun personal branding yang baik?

  1. Pastikan Kamu Mengenal Dirimu Sendiri

kamu perlu mengenal diri sendiri terlebih dulu sebelum meminta orang lain mengenal kamu.

  1. Tentukan Kamu Ingin Dikenal Sebagai Siapa

Memiliki nama yang sama di semua platform media sosial yang kamu miliki adalah hal paling pertama untuk membangun personal branding. Hal ini berguna agar publik lebih mudah mencarimu dan mengingat namamu.

Baca juga : Tertarik Jadi Seorang Pendiri, Yuk Pahami 5 Kiat Founders Mentality

  1. Tentukan Target Audience

Sebelum kamu mengenalkan dan membagikan konten terkait personal branding, tentukan terlebih dahulu siapa target audiensnya. 

  1. Riset Industri yang Kamu Inginkan

Selain menarget Audiens, kamu harus melakukan riset industri. Sama halnya dengan memilih mentor namun kali ini dilakukan secara online dan mandiri. Misalnya memilih tokoh kemudian cari info website-nya.

  1. Memperluas Jaringan

Personal branding akan lebih cepat berhasil jika kamu memiliki banyak jaringan, semakin banyak koneksi atau jaringan semakin mudah produk masuk ke berbagai segmen.

Membangun personal branding baik memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa dibangun dengan baik. Tak hanya sebulan dua bulan atau bahkan setahun dua tahun. yuk temukan peluang jaringan baru, dan kembangkan karier kamu. Selama itu mencerminkan kehidupan profesional kamu, jangan ragu untuk membuat branding yang memungkinkan kamu untuk bersinar. Yuk ikuti event kami untuk mengetahui tentang kepemimpinan lainnya. Jangan lupa follow instagram Pemimpin.id untuk info lebih lengkapnya. 

Kita melakukan riset sederhana melalui insta story tentang beberapa hal yang akhir-akhir ini sedang Pemimpin Muda rasakan. Kami mengajukan tiga pertanyaan yang berbeda mengenai kesadaran diri (self awareness). Dan kebanyaan jawaban dari mereka terlihat belum aware terhadap diri mereka sendiri. Lalu gimana caranya supaya kita bisa aware terhadap diri sendiri? Yuk tonton video ini sebelum kalian membangun personal branding kalian harus aware pada diri sendiri!

Bildani Husnul
Author: Bildani Husnul

Follow us