ArtikelPentingnya Mengasah Leadership Skill bagi Mahasiswa

Avatar Pemimpin.idNovember 17, 202277
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/11/Screenshot-2022-11-17-155433.png

Leadership skill adalah salah satu hal yang penting untuk membawa kesuksesan seseorang, termasuk untuk mahasiswa. Kenapa? Karena leadership skill itu dibutuhkan untuk mempersiapkan karier. Kemampuan leadership atau kepemimpinan yang dimiliki seseorang bisa mengantarkannya ke karier impian atau jenjang karier yang lebih tinggi.

Banyak yang menganggap sepele dan berpikir “nanti saja” dalam mengasah leadership skill mereka. Padahal, mumpung masih muda, ada baiknya seorang mahasiswa mengasah kemampuan ini sedini mungkin.

Nah, apakah kamu pernah atau sering merasa belum memiliki leadership skill yang mumpuni? Atau merasa bingung saat diberikan tanggung jawab besar yang harus memimpin dan mengarahkan orang lain? Kalau iya, simak pembahasan berikut ini agar kamu dapat mengasah leadership skill kamu sedari duduk di bangku kuliah!

Apa Itu Leadership Skill?

Kuliah itu bisa dibilang merupakan pintu untuk masuk ke dunia kerja yang profesional. Dengan kuliah, kita jadi bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lebih di bidang profesi yang diinginkan. Tapi, selain pengetahuan dasar, kunci kesuksesan juga didorong dari ketekunan, kedisiplinan, dan kemampuan memimpin atau leadership skill.

Sebenarnya, apa itu leadership skill? Leadership skill adalah kemampuan untuk berkomunikasi sebagai seorang pemimpin suatu kelompok agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dalam pekerjaan maupun bangku perkuliahan, memiliki kemampuan ini adalah hal yang penting, karena dengan leadership dan kerja sama kelompok yang baik dapat menyelesaikan permasalahan atau rintangan yang dihadapi (Sumber: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15086/Meningkatkan-level-leadership-seorang-pemimpin).

Tips Mengasah Leadership Skill

Sebagai seorang mahasiswa, dalam perkuliahan pun sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan leadership skill kamu. Supaya kamu dapat tumbuh menjadi seorang pemimpin yang andal, berikut ada beberapa tips untuk mengasah kemampuan leadership kamu:

  1. Diri dan Tujuanmu Terlebih Dahulu
    Mengenali diri sendiri adalah hal paling dasar untuk menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin kelompok yang tidak mengenal pribadi anggotanya bisa merasa kesulitan dalam bekerja sama dengan mereka. Begitu juga dengan memimpin diri sendiri. Kenapa? Karena mengenal diri sendiri bukan hanya mengenai kekuatan atau kelemahan kamu sendiri, tetapi juga kepribadianmu secara umum.Bagaimana kita mengatur serta mengontrol diri sendiri secara tertata dan membuat diri kita sebagai peran utama dalam sebuah leadership adalah cara kita untuk memimpin diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu.Dengan memulai mengenali diri sendiri dapat membantumu untuk memiliki kemampuan mengenal, mengidentifikasi, dan mengarahkan diri sendiri kepada suatu tujuan yang ingin kamu capai.
  2. Ikut Kegiatan Organisasi, Komunitas, atau UKM
    Di lingkungan dalam maupun luar  perkuliahan, baik di universitas maupun fakultas, ada banyak ragam jenis organisasi, komunitas, maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa dipilih sesuai dengan minat. Ada yang fokusnya akademik, ada juga yang lebih mengarah ke non-akademik, misalnya kegiatan olahraga.
    Dengan mengikuti kegiatan ini, secara langsung akan mengasah kemampuan kamu dalam mempelajari cara bekerja sama dengan tim, baik dalam mencapai sebuah tujuan maupun dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, kamu juga jadi bisa mempelajari karakteristik orang yang berbeda-beda.
  3. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
    Dengan melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kamu jadi terbantu dalam memecahkan permasalahan yang ada dan mencari solusi yang tepat. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan mengumpulkan, menelaah, dan mempertimbangkan informasi yang paling relecan dan terpercaya.
    Hal lain yang bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan mendengarkan orang lain saat sedang berbicara. Selain itu kamu juga perlu aktif bertanya dengan menggunakan prinsip 5W1H (who, what, when, where, why, dan how).
  4. Mengasah Kemampuan Public Speaking
    Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking sangat diperlukan dalam berkomunikasi dan juga menyampaikan informasi pada orang lain. Kelancaran dalam public speaking dapat dinilai berdasarkan seberapa besar pemahaman kamu terhadap topik pembicaraan, dan diterapkannya ide-ide yang disampaikan.
    Untuk mengasah kemampuan ini, kamu dapat berlatih dengan memastikan kejelasan topik pesan yang akan disampaikan, memahami pendengar, dan memperhatikan gaya tubuh kamu serta ekspresi kamu.

 

Manfaat Mengasah Leadership Skill

Kalau kamu tidak tahu bagaimana cara memimpin, kamu tidak perlu khawatir atau berkecil hati, karena kamu pasti bisa menjadi seorang pemimpin yang andal dengan caramu sendiri. Nah, untuk membantu memotivasi kamu dalam meningkatkan kemampuanmu dalam memimpin, berikut ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dalam mengasah leadership skill:

  • Membentuk Karakter dan Skill
    Leadership akan membangun karakter serta melatih skill kamu, terutama soft skill yang berguna di bidang pekerjaan di masa depan nanti. Semakin cepat kemampuan ini dilatih, maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk dan skill yang dikuasai.
    Semakin dini kamu mengasah leadership skill kamu, semakin mantap juga kamu berkembang menjadi seorang pemimpin andal di masa depan. Semakin sering berpengalaman dalam memimpin dan berorganisasi, kamu pun jadi makin mendapatkan banyak pengalaman untuk tumbuh dalam karakter seorang pemimpin yang akan berguna untuk kariermu nanti.
    Banyak perusahaan yang mencari orang-orang dengan kemampuan memimpin yang mumpuni.
  • Belajar Berorganisasi
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, organisasi adalah salah satu sarana yang tepat untuk melatih kepemimpinan. Universitas sebagai institusi pendidikan pun juga mempersiapkan sarana bagi mahasiswa untuk berorganisasi. Dengan berorganisasi, kamu jadi dapat mempraktekkan secara langsung semua skill yang telah kamu pelajari, khususnya kerjasama tim atau teamwork. Dengan begitu kamu jadi makin siap untuk jadi pemimpin di masa depan dan mengejar karier impian.

  • Membangun Rasa Percaya Diri
    Dengan mengasah leadership skill dari dini maka akan menumbuhkan rasa percaya dirimu. Kalau tidak pernah memegang suatu tanggung jawab, tentu seorang mahasiswa tidak akan pernah berani dan percaya diri dalam memimpin atau memegang kendali terhadap suatu tanggung jawab maupun orang lain. Karena itu, dengan mengasah kemampuan ini tentu akan melatih keberanian dan kepercayaan dirimu dalam memimpin.
    Semakin sering kamu memimpin, maka kamu pun akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.
    Perbedaan antara seorang pemimpin yang terlatih dengan yang belum dapat kamu lihat secara signifikan. Pemimpin yang sudah terbiasa memimpin akan terlihat lebih percaya diri, dapat menghadapi permasalahan secara lebih bijak, dan terlihat lebih nyaman bekerja dalam tim.

Itulah tadi pembahasan mengenai pentingnya leadership skill bagi mahasiswa. Leadership skill adalah hal yang dapat diasah dan dikembangkan, apalagi dengan banyaknya peluang yand diberikan dari kegiatan perkuliahan. Kemampuan yang dilatih sejak bangku kuliah juga akan membawa dampak positif saat kamu terjun dalam dunia kerja nanti.

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi seorang pemimpin andal demi karier masa depan, ada sebuah platform andalan yang bisa membantu kamu, yaitu Pemimpin.id! Pemimpin.id adalah sebuah social startup dengan semangat utama menjadi tempat belajar para pemimpin muda Indonesia, sebagai usaha untuk menciptakan ekosistem para pemimpin di Indonesia.

Pemimpin.id percaya semua orang adalah pemimpin dan kepemimpinan adalah sesuatu yang bisa dipelajari semua orang. Terinspirasi dari Rumah Peneleh milik HOS Tjokroaminoto, tempat pemimpin-pemimpin bangsa tinggal dan tumbuh, Pemimpin.id bertujuan untuk membangun ekosistem kepemimpinan Indonesia yang lebih baik melalui berbagai kegiatan, pendidikan, dan penyebaran informasi.

Tentunya, bersama Pemimpin.id pun kamu bisa belajar dan mengasah leadership skill kamu lebih jauh lagi. Penasaran? Kamu bisa langsung cari tahu info lebih lanjutnya dengan mengunjungi Instagram-nya di sini.

Yuk, mulai persiapkan dirimu sebagai seorang pemimpin andal dari sekarang!