hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

5 Hal dari Lionel Messi yang Bisa Bikin Habit Sebagai Pemimpin yang Baik

Bagikan ke

Pemimpin-yang-baik

Siapa sih yang tidak tahu dengan Lionel Messi? Nah pasti sudah pada tahu kan. Lionel Messi atau yang dikenal sebagai Leo Messi merupakan kapten Timnas Argentina yang berhasil memimpin timnya dan baru saja meraih trofi Ballon d`Or yang keenam kalinya. Lionel Messi dikenal sebagai individu yang memiliki sifat pendiam dan pemalu tetapi dia adalah pemimpin yang baik untuk Timnya. Saat ini Lionel Messi sangat vocal dan menyuarakan sikap dan karakter kepemimpinannya. Sebagai seorang kapten yang telah mencetak segudang prestasi dan menyubangkan banyak gol. Untuk menjadi pemimpin yang baik. Yuk simak habit agar bisa menjadi pemimpin yang baik.

1. Keberanian

pemimpin-yang-baik
Sumber: Pinterest

Dalam kepemimpinan keberanian adalah salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, namun keberanian harus diseimbangkan dengan keseimbangan dengan karakter yang kuat. Menjadi berani dan bertanggung jawab  Keberanian merupakan sesuatu yang perlu dikerjakan oleh seorang pemimpin yang baik tanpa adanya rasa takut dan khawatir.

Namun keberanian seorang pemimpin pun perlu adanya pengawasan karena harus mempertimbangkan risiko-risiko yang akan dihadapi nantinya. Tidak mudah untuk dapat mempertanggungjawabkan hal-hal yang akan timbul karena keberanian yang tak dapat dikendalikan.

Maka dari itu, seorang pemimpin yang berani harus memiliki kemampuan untuk dapat mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi kedepannya. Rasa ingin tahu yang kuat mampu memberikan kesiapan untuk menghadapi setiap situasi.

2. Mendengarkan Opini Anggotanya

pemimpin-yang-baik
Sumber: Pinterest

Sebagai seorang pemimpin yang baik harus bisa menampung atau mendengarkan berbagai opini dari anggotanya. Biasanya hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa keputusan yang akan diambil merupakan pilihan terbaik.

3. Komunikasi yang Efektif

pemimpin-yang-baik
Sumber: Pinterest

Komunikasi merupakan elemen dasar seorang pemimpin untuk mencapai tujuannya. Menjadi pemimpin yang baik bilamana dapat berkomunikasi yang baik dengan anggotanya. Messi sebelum melakukan pertandingan, dia selalu berbicara ataupun berbincang terlebih dahulu dengan rekan satu timnya.

4. Percaya bahwa anggotanya dapat berkembang

pemimpin-yang-baik
Sumber: Pinterest

Tidak hanya mengutamakan perkembangan dirinya sendiri, pemimpin juga harus memperhatikan perkembangan anggotanya. Seperti memberikan kesempatan dalam melakukan sesuatu, delegasi tugas hingga membatu anggotanya agar dapat berkembang.

Meski memiliki posisi sebagai pemimpin, bukan berarti harus memimpin anggotanya terus menerus. Bukan berarti melepas tanggung jawab ya, tetapi ini dilakukan agar lebih mudah mencapai goal karena setiap orang didalamnya bisa berdaya.

Baca juga : 5 Tipe Anggota yang Harus Ada di Organisasimu

5. Memberikan kebanggaan

pemimpin-yang-baik
Sumber: Pinterest

Seorang pemimpin yang luar biasa sanggup untuk memberikan para anggotanya kebanggaan bahwa mereka bagian dari tujuan yang besar yang lebih besar dari diri mereka sendiri.

Nah, untuk dapat berhasil menjadi pemimpin yang luar biasa, lima habit ini tidak berarti harus langsung ada semuanya, lakukan satu per satu hingga seluruh kebiasaan menjadi perilaku sehari-hari dan agar kalian bisa menjadi pemimpin yang baik. Follow instagram Pemimpin.id untuk tau tips tentang kepemimpinan lainnya.

Sumber:

  1. Website BLJ 
  2. Website Id Berita
aulia
Author: aulia

Follow us