GagasanHeadlinePemimpin Inovatif Kunci Keberhasilan Organisasi

Avatar Pemimpin.IDAugust 10, 2021376
pexels-vanessa-garcia-6325984

Oleh: Amalia Salsabila/10 Besar Artikel Pemenang Pemimpin.id Content Creator Contest

Abstrak | Agar terus relevan dengan dunia luar, organisasi perlu berinovasi. Penting untuk sebuah organisasi menyesuaikan diri dengan dunia luar agar tujuan organisasi tercapai dan dapat terus hidup. Berbagai strategi dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Salah satu faktor penting dalam menentukan strategi adalah keputusan pemimpin karena peran pemimpin adalah membentuk pemikiran dan karakter pengikutnya. Oleh karena itu, dibutuhkan pemimpin yang inovatif untuk membawa organisasi mencapai tujuannya.

Belajar dari pemimpin-pemimpin hebat di dunia seperti Steve Jobs, Bill Gates, dan Chris Kempczinski, ternyata mereka memiliki satu sifat yang sama: inovatif. Di balik perusahaan sukses seperti Apple, Microsoft, dan McDonald’s, innovation leader berperan penting membawa perusahaan tersebut mendunia. Tidak mengherankan perusahaan-perusahaan tersebut bisa terus eksis meski dunia tidak pernah statis.

Contoh nyata yang terjadi saat ini adalah popularitas McDonald’s yang melejit ketika berkolaborasi dengan BTS. Padahal faktanya, dikutip dari Reuters (2021), bisnis perusahaan cepat saji tersebut mengalami penurunan dalam 10 tahun terakhir. Hal ini disebabkan McDonald’s tidak mengikuti perubahan selera masyarakat. Namun kemudian McDonald’s melihat peluang dari kepopuleran BTS di kancah internasional. Meski sebelumnya McDonald’s belum pernah bekerja sama dengan grup idola Korea, mereka berinovasi untuk melakukan kolaborasi bersama BTS dengan mengeluarkan menu BTS Meal. Ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi bisa mendatangkan peluang.

 

Apa Itu Innovation Leader?

Innovation leader adalah seorang pemimpin yang mampu menginspirasi dalam memberikan gagasan sehingga organisasi dapat beradaptasi dengan kondisi eksternal dan mencapai tujuannya. Karena peran pemimpin sangat kuat dalam sebuah organisasi, innovation leader mampu menggerakan anggota-anggota lainnya untuk berpikir kreatif. Jadi, bukan hanya dirinya (pemimpin) saja yang bisa menemukan gagasan baru, namun juga anggotanya.

Innovation leader memiliki kemampuan yang hebat dalam melihat peluang dan mengembangkannya. Dia juga dapat memengaruhi orang sekitarnya untuk berpikir inovatif, kreatif, dan solutif. Dengan gaya kepemimpinan yang inovatif, organisasi bisa mencapai banyak peluang.

Bagaimana Sifat Innovation Leader?

Pemimpin yang berhasil membawa kelompoknya mencapai tujuan dengan berbagai inovasi setidaknya memiliki 6 sifat ini:

  1. Bisa mengombinasikan antara perasaan dan kenyataan
    Inovasi berarti menemukan atau melakukan hal-hal baru, namun bukan berarti perasaan dan kenyataan yang ada dapat diabaikan begitu saja. Pemimpin yang baik tidak hanya inovatif, tetapi juga realistis. Mereka harus bisa mengombinasikan antara perasaan dan kenyataan. Mereka kreatif, namun dalam porsi yang seimbang. Karena bagaimanapun juga ketika ide kreatif muncul, hal yang harus dihadapi selanjutnya adalah implementasi dan kedisiplinan.
  2. Menerima ketidakpastian, kegagalan, dan risiko
    Sudah merupakan hukum alam bahwa inovasi berarti juga mengandung risiko dan ketidakpastian. Seorang innovation leader yang baik tidak hanya ahli dalam membuat prestasi, namun juga tahu bagaimana mengatasi masalah. Ketika inovasi ternyata tidak sesuai harapan, innovation leader mampu membuat kegagalan tersebut menjadi suatu kelebihan dan pembelajaran. 
  3. Memiliki passion yang tinggi
    Menyuarakan gagasan baru perlu menarik keyakinan dan perhatian orang- orang di sekitar. Maka, akan jauh lebih baik ketika pemimpin memiliki minat yang tinggi terhadap bidang yang ditekuninya. Inovasi yang dikeluarkan pemimpin akan mudah diterima apabila ia mengeluarkan pendapatnya dengan penuh keyakinan dan percaya diri.
  4. Berkemauan untuk mencari ide dan teknologi lainnya
    Innovation leader memiliki kemauan yang tinggi untuk mencari peluang seluas-luasnya, termasuk dengan memanfaatkan teknologi. Keingintahuan yang tinggi akan hal-hal yang ada akan berujung pada penemuan baru yang belum ada sebelumnya. Dengan memanfaatkan teknologi, sebuah organisasi mampu berjalan beriringan dengan dunia luar.
  5. Berani untuk memulai dan memberhentikan projek
    Tidak hanya memiliki rasa semangat untuk memulai sesuatu, innovation leader juga tidak akan ragu untuk memberhentikan kegiatan yang dimulainya apabila dirasa perlu. Karena inovasi penuh dengan ketidakpastian, maka peran tegas dari innovation leader diperlukan apabila hasil tidak sesuai ekspektasi. Memberhentikan project atau inovasi yang sedang dijalani adalah contoh tindakan yang dapat diambil oleh innovation leader
  6. Kemampuan untuk membentuk dan mengarahkan tim menjadi inovatif Innovation leader paham bahwa inovasi adalah usaha kelompok karena memerlukan berbagai macam kemampuan untuk merealisasikan inovasi tersebut. Innovation leader yang baik tidak hanya mampu memberikan gagasan, namun juga membuat anggotanya mampu mengutarakan pendapat mereka.

Perubahan akan terus ada di dunia ini. Dari waktu ke waktu, segala hal akan berubah, cepat atau lambat. Penting untuk terus berinovasi agar tidak tertinggal. Sebagai seorang pemimpin, innovation leader bisa menjadi pilihan gaya kepemimpinan karena dapat membuat organisasi tetap relevan dengan dunia luar. Berinovasi sekarang, atau tertinggal? Pilihan ada di tangan pemimpin.

Innovation leader adalah seorang pemimpin yang tidak hanya mampu memberikan gagasan kreatif, namun juga mendorong anggotanya untuk melakukan hal yang sama. Apalagi di era baru sekarang ini, seorang innovation leader dibutuhkan agar organisasi bisa mengikuti perkembangan dunia luar dan menjadi lebih maju. Pemimpin-pemimpin hebat dunia telah membuktikan kekuatan dari sebuah inovasi. Tidak menutup kemungkinan kita sebagai Pemimpin Muda juga mampu berinovasi dan membawa perubahan yang baik.

Referensi:

Bel, R. (2010). Leadership and innovation: Learning from the best. Global Business and Organizational Excellence. https://doi.org/10.1002/joe.20308

Carmeli, A., Gelbard, R., & Gefen, D. (2010). The importance of innovation leadership in cultivating strategic fit and enhancing firm performance. The Leadership Quarterly, 21(3), 339–349. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2010.03.001

Narasi Newsroom. (2021, June 21). BTS Meal: Jurus McDonald’s Gandeng K-Pop Biar Terus Relevan | Narasi Newsroom [Video file]. YouTube.

Photo by: Vanessa G

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.