GagasanPemimpin di Kehidupan Sehari-hari

Avatar Ridwan Ardian WijayaNovember 10, 2021134
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2021/11/Pemimpin-di-Kehiduoan-Sehari-hari-1-1280x854.png

Oleh : Fithriyah Saiidah

ABSTRAK | Bicara soal pemimpin tentunya kita akan membahas hal besar. Namun hal besar akan menjadi besar jika kita memulainya dari hal kecil, seperti menjadi pemimpin di kehidupan sehari-hari. Menjadi pemimpin bisa dimulai dari kamu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, memimpin sebagai kakak di rumah, memimpin suatu organisasi, hingga kamu memimpin kelompok besar dan memberdayakan orang sekitar.

Pemimpin juga selalu dikaitkan dengan kepemimpinan, yaitu kemampuan seseorang dalam mengatur tim atau kelompok. Namun perlu diingat, Kepemimpinan bukan hanya tentang kemampuan memimpin suatu kelompok. Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dapat kamu terapkan dalam seluruh aktivitasmu. Kepemimpinan juga dapat kamu temukan di kehidupan sehari-hari.

Layaknya seorang pemimpin besar yang selalu membawa perubahan hebat bagi sekitarnya, pemimpin di kehidupan sehari-hari juga dapat membawa perubahan sama hebatnya. Dalam artikel ini kita akan membahas bagian terbaik dari sisi pribadi kita agar dapat meningkatkan diri untuk bisa memimpin lingkup kecil seperti diri sendiri hingga pantas memimpin lingkup yang lebih besar dalam membawa perubahan hebat.

 

Apa itu Pemimpin di kehidupan sehari-hari?

Pemimpin di kehidupan sehari-hari dapat diartikan adalah kita. Kenapa kita? Karena pada kenyataannya setiap hari kita selalu dihadapkan dengan banyaknya pilihan untuk menentukan keputusan baik atau buruk yang mengantarkan kita pada pengalaman baru. Sadarkah kita, dari pengalaman baru kita belajar berpikir dan bersikap yang terbaik untuk mengambil keputusan. Dari sana pun kita merasa terpanggil, bahwa kita adalah pemimpin di kehidupan sehari-hari bagi diri sendiri.

 

Kamu sudah siap jadi pemimpin di kehidupan sehari-hari? Berikut 10 langkah yang dapat kamu naiki untuk menjadi pemimpin yang seutuhnya bagi diri sendiri.

1.Tingkatkan self awareness

Self awareness adalah kesadaran diri yang terbagi menjadi dua tipe, internal dan eksternal. Self awareness internal merupakan keadaanmu dalam proses fokus pada diri sendiri. SEdangkan self awarenes eksternal adalah keadaan kamu berusaha memperhatikan pikiran, tindakan, dan sikap terhadap orang lain. Dengan memiliki self awareness, membuat kamu jadi tahu hal apa yang kamu butuhkan dan yang perlu kamu tinggalkan. Selain itu, kamu dapat mengontrol kegelisahan dan mengasah empati untuk diri sendiri dan orang lain.

2. Renungkan sesuatu yang berarti

Saat kamu kehilangan makna kehidupan, cobalah renungkan sesuatu yang berarti dalam hidupmu. Sesuatu yang berarti datangnya bisa dari dalam dirimu dan sekitarmu. Kamu hanya perlu memikirkan kembali dampak baik apa yang mengubah hidupmu, itu bisa menjadi suatu hal yang berarti dalam hidupmu.

3. Buat tujuan hidupmu

Hal terpenting dalam melakukan pencapaian yang sukses adalah dengan membuat tujuan serta langkah yang jelas. Begitu juga dengan hidupmu, hari-harimu akan lebih bermakna dan hidup ketika kamu mengetahui tujuan apa yang ingin kamu capai. Dengan adanya tujuan hidup, walaupun kamu dalam kondisi sangat lelah, kamu tidak akan mudah menyerah dan memilih untuk terus berusaha.

4. Cari tahu apa yang menginspirasimu

Setelah mengetahui tujuan hidup, alangkah baiknya kamu mencari tahu hal apa yang menginspirasimu. Inspirasi dalam kehidupan merupakan sumber semangatmu untuk menjalani hari. Banyak hal yang dapat kamu jadikan inspirasi, untuk mendapatkannya kamu harus lebih sering mendengar dan melihat sekitar, buka hati dan buka pikiranmu.

5. Perjelas apa yang kamu perjuangkan

Supaya kamu dapat menikmati setiap proses yang sedang kamu usahakan, cobalah perjelas hal apa yang sedang kamu perjuangkan. Evaluasi dan nilai kembali, apakah sudah efektif dan benarkah sesuatu yang kamu perjuangkan saat ini? Memperjelas hal yang sedang kamu perjuangkan membuatmu lebih mudah menemukan langkah untuk mencapai tujuan.

6. Apresiasi kemajuanmu berproses

Yang sering kamu lupakan saat terus menerus berusaha dan berproses adalah mengapresiasi diri bukan? Untuk sekarang mulailah hargai dan apresiasi setiap kemajuan dalam dirimu. Besar atau kecil pencapaianmu saat ini, yakinlah akan tetap jadi pelajaran besar di kemudian hari.

7. Tingkatkan skill mendengar

Mendengar merupakan hal yang sulit bagi orang yang tak peduli. Tentunya kamu tidak termasuk kan? Bagi pemimpin sepertimu, mendengarkan adalah kemampuan hebat yang sering dilupakan. Walaupun mendengarkan merupakan hal yang sering diremehkan, ternyata dapat berdampak besar bagi orang yang merasa butuh didengar. Selain itu, mendengar juga menjadi salah satu kamu menghargai dan menunjukan rasa peduli pada orang lain.

8. Tumbuhkan kesopanan

Apa jadinya jika kamu memiliki segudang keahlian dan kemampuan, tapi tidak memiliki kesopanan? Pastinya kamu tidak akan dianggap oleh lingkunganmu. Mulai saat ini, kamu dapat menjadi pemimpin di kehidupan sehari-hari dengan menumbuhkan kesopanan kepada setiap orang. Sopan bisa menjadi cara agar kamu disenangi oleh lingkungan sekitarmu.

9. Kenali kelebihanmu

Jika kamu ingin mengembangkan potensimu, kenali dulu kelebihanmu. Karena dengan mengenali kelebihan dalam dirimu, kamu akan tahu hal apa saja yang harus menjadi fokus mu untuk dikembangkan.

10. Berdamai dengan kekurangan dirimu

Memang tak mudah berdamai dengan kekurangan diri, tapi kamu bisa mencobanya dengan menerima dirimu lebih dulu. Terima semua hal yang Tuhan titipkan kepadamu. Lalu tentang kekurangan dalam diri, agar kamu tidak merasa insecure, yakinin setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurang dalam diri. Jika kamu merasa kurang dalam beberapa hal dan bisa kamu ubah, ubahlah. Jika tidak bisa juga tidak apa karena kunci kebahagiaan dan ketenangan diri letaknya dengan fokus pada hal yang dapat kamu ubah.

Itu tadi merupakan 10 langkah menjadi pemimpin di kehidupan sehari-hari, kamu bisa memulainya dengan membuat perubahan kecil dalam dirimu yang dapat mengantarkanmu pada perubahan besar pada sekitar. Selalu ingat kamu adalah tokoh utama dalam kehidupanmu, jadi coba buat perubahan hebat dalam diri yuk! Semoga artikel ini dapat membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Referensi:

Briers, Francis (2014, Oct 19). 10 Ways to be leaders in daily life. http://www.francisbriers.com/blog/2014/1/19/10-ways-to-be-a-leader-in-daily-life.html

Elford, Susan (2017, Feb 21). 10 Characteristics of the Everyday Leader That Are Found In All of Us. https://susanelford.com/how-to-be-an-every-day-leader-in-your-everyday-life/

Dapatkan E-Book Memimpin oleh Pempimpin Indonesia GRATIS!