Pak Yudo Anggoro #BerbagiPeran Pendidikan : Mengupayakan Manusia Indonesia yang Merdeka melalui Pendidikan

Bagikan ke

PRESS RELEASE | Jakarta, Indonesia – Berbagi Peran untuk Indonesia yang merupakan wajah baru dari Pemimpin Indonesia telah lancar diselenggarakan pada Sabtu, 29 Januari 2022 yang menghadirkan beberapa narasumber, salah satu narasumber dengan tema Pentahelix Akademisi adalah Pak Yudo Anggoro Selaku Director of SBM ITB Jakarta Campus membawakan tema Mengupayakan Manusia Indonesia yang Merdeka melalui Pendidikan.

 

Pak Yudo memulai dengan memberikan pendapat bahwa pendidikan itu dapat mencerdaskan kehidupan manusia, semua orang juga menyepakati akan hal itu. Namun ada 4 konsep dari pendidikan yang lebih jauh yaitu :

  1. Pendidikan adalah mendidik
  2. Pendidikan adalah membebaskan
  3. Pendidikan adalah mengembangkan
  4. Pendidikan adalah memerdekakan

 

Mendidik dengan benar dan sesuai adalah pendidikan, membebaskan dari kesempitan, membebaskan dari ketidaktahuan adalah pendidikan, mengembangkan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak pintar menjadi pintar, pendidikan mengembangkan potensi manusia adalah pendidikan, memerdekakan dari segala belenggu-belenggu yang ada dalam pikiran kita sehingga kita bisa memaksimalkan potensi adalah pendidikan.

 

Menurut Amartya Sen salah satu Profesor yang mendapat gelar nobel, beliau mengemukakan konsep kapabilitas yang artinya setiap orang itu unik, karena tidak semua orang harus menjadi profesor, insinyur, bahkan presiden. Konsep kapabilitas memandang bahwa semua orang memiliki perannya masing-masing dan berhak tumbuh dan berkembang di perannya tersebut.

 

Ada salah satu kutipan dari Nelson Mandela yang Pak Yudo pegang teguh dalam berperan di dunia pendidikan yaitu “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia”.

 

Adapun 6 fungsi dari pendidikan yang dapat menunjang manusia untuk mencapai kapabilitas dan dapat berbagi peran yaitu :

  1. Membuka aksesibilitas
  2. Implementasi praktis
  3. Pemecahan masalah
  4. Pola pikir mandiri
  5. Pengembangan kepemimpinan
  6. Kerja sama dan memegang peran penting. (FJR)
Pemimpin.ID
Author: Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Follow us