ArtikelOrganisasi dan Kepanitiaan Masa Pandemi: Masihkah Antusias?

Avatar Pemimpin.IDJune 14, 2021495
pexels-fox-1595385

Oleh Noviana Janet

 

ABSTRAKSudah setahun kegiatan organisasi dan kepanitiaan yang bertujuan untuk mengumpulkan massa, terpaksa dihentikan atau ditunda akibat pandemi COVID-19. Kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan pun dilakukan dengan sistem daring. Hal ini mengakibatkan kegiatan mengalami kemunduran hingga perubahan sistem pelaksanaan. Perubahan sistem pelaksanaan ternyata berdampak pada antusiasme anggota organisasi dan kepanitiaan. 

 

Pada saat seperti ini, management crisis masing-masing organisasi dan kepanitiaan sedang diuji. Bagaimana para pemimpin melakukan penyesuaian kebijakan dan program kerja agar dapat dilakukan secara daring, tetapi tetap maksimal. Penyesuaian agenda, media kegiatan, timeline kegiatan, hingga fokus kegiatan organisasi mahasiswa adalah sebagian kebijakan penyesuaian yang dilakukan organisasi dan kepanitiaan agar program kerjanya dapat berjalan di masa pandemi. Selama berjalan setahun, pasti ada beberapa kebijakan maupun program yang kurang berjalan maksimal yang salah satu penyebabnya adalah kurang antusiasnya anggota. 

 

Selama pandemi, kegiatan organisasi dan kepanitiaan  dilakukan secara daring yang mengakibatkan kemunduran hingga perubahan sistem pelaksanaan. Perubahan ini ternyata berdampak pada antusiasme anggota. 

 

Apa penyebab Hilangnya Antusias Anggota?

Pemimpin.id telah melakukan survei dengan anggota organisasi dan kepanitiaan, bagaimana antusiasme mereka selama menjalani organisasi dan kepanitiaan semasa pandemi. Dari hasil yang didapatkan, 3 dari 5 responden merasakan menurunnya antusiasme mereka pada saat pelaksanaan organisasi dan kepanitiaan di masa pandemi. Menurunnya antusiasme ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya hilangnya motivasi, jenuh dengan keadaan daring, kurangnya komitmen dari anggota lain, rekan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, bonding dengan anggota yang kurang baik, banyak anggota yang ghosting, tugas yang menumpuk, dan lain-lain. 

Apa yang seharusnya dilakukan untuk meminimalisir kurangnya antusiasme anggota?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kurangnya antusiasme anggota organisasi selama pandemi COVID-19:

  • Perencanaan dan Evaluasi.
    Perencanaan adalah hal yang paling penting dalam kebijakan organisasi terutama pada masa pandemi. Untuk itu perlu adanya perencanaan maksimal agar anggota organisasi dan kepanitiaan tidak kehilangan antusiasnya selama masa pandemi. Setelah berjalan setahun, apakah kebijakan tersebut telah memberikan dampak positif yang maksimal? Maka dari itu, perlu adanya evaluasi dan peninjauan ulang. Dengan begitu, dapat diketahui kekurangan dan kelebihan dari kebijakan yang telah berjalan dan seberapa efektifnya. Dari hasil evaluasi, akan didapatkan kebijakan dan program kerja yang dapat dilanjutkan dan yang harus mendapat perbaikan kembali.
  • Menjaga Komunikasi.
    Berdasarkan hasil survei yang pemimpin.id lakukan beberapa penyebab kurang antusiasnya anggota organisasi solusinya dapat dilakukan dengan komunikasi. Misalnya, keadaan kuliah daring membuat mahasiswa jenuh dan mendapatkan banyak tugas, organisasi dan kepanitiaan jangan sampai semakin memberatkan anggotanya. Untuk itu penting untuk dilakukan komunikasi yang intim, agar tugas organisasi dan kepanitiaan tidak akan memberatkan anggota. Selain itu, anggota yang ghosting juga harus diberikan komunikasi yang lebih intim karena akan berdampak pada antusiasme anggota lainnya.

  • Proaktif dalam Pengembangan Diri Anggota.
    Pada masa pandemi, banyak anggota yang kehilangan motivasinya dalam menjalankan organisasi dan kepanitiaan. Untuk meminimalisir hal itu, dapat dilakukan dengan memfasilitasi kegiatan pengembangan diri anggota. Kegiatan ini akan mengembangkan kemampuan diri anggota, bonding antar anggota organisasi, dan refreshing bagi anggota.

  • Libatkan Anggota dalam Pembaruan Konstan.
    Pembaruan konstan dan cepat sangat diperlukan semasa pandemi. Pemimpin harus terus memperbarui pemahaman mereka tentang kemungkinan dan fenomena yang akan terjadi, pembaruan ini sering kali membuat anggota kurang nyaman dan menghilangkan antusiasme mereka. Dalam hal ini, agar anggota tidak merasakan bahwa kehadiran tidak diperhitungkan, pemimpin organisasi harus serta merta melibatkan anggota dalam setiap pembaruannya.

Sudah setahun pandemi COVID-19 kita alami dan memaksa kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan dilaksanakan dengan sistem daring. Begitu juga dengan kegiatan organisasi dan kepanitiaan, hal ini mengakibatkan kegiatan mengalami kemunduran hingga perubahan sistem pelaksanaan. Perubahan sistem pelaksanaan ternyata berdampak pada antusiasme anggota organisasi dan kepanitiaan.  Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kurangnya antusiasme anggota organisasi selama pandemi COVID-19, seperti seperti perencanaan dan evaluasi, menjaga komunikasi, proaktif dalam pengembangan diri anggota, dan libatkan anggota dalam pembaruan konstan. Setelah mengetahui penyebab dan tips untuk meminimalisirnya, ada baiknya pemimpin menerapkannya agar anggota organisasi dan kepanitiaan tidak semakin lama kehilangan antusiasme.

 

 

Referensi: 

Harvard Business Review. (2020). What Good Leadership Looks Like During This Pandemic. [online] Available at: https://hbr.org/2020/04/what-good-leadership-looks-like-during-this-pandemic [Accessed 4 May 2021].

 

Kirby, S. (2018). Common Causes Of Lack Of Motivation And How To Overcome Them | Betterhelp. [online] Betterhelp.com. Available at: https://www.betterhelp.com/advice/motivation/common-causes-of-lack-of-motivation-and-how-to-overcome-them/ [Accessed 3 May 2021].

 

Myassignmenthelp.com. (2014). Organisational Problems for Lack of Motivation- MyAssignmenthelp. [online] Available at: https://myassignmenthelp.com/free-samples/organisational-problems-lack-of-employee-motivation [Accessed 3 May 2021].

 

Sakitri, G. (2020, August). WFH dan Dua Mata Pedangnya. In Forum Manajemen (Vol. 34, No. 1, pp. 1-6). [online] Available at: http://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/FM/article/view/46 [Accessed 3 May 2021].

 

Photo by: Fox

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Dapatkan E-Book Memimpin oleh Pempimpin Indonesia GRATIS!