HeadlineLeadership ReviewMindfulness, Cara Efektif Atasi Stres!

Avatar Pemimpin.IDMay 21, 2021735
pexels-karolina-grabowska-5908779

Oleh Raditia Yoke Pratama

 

ABSTRAK | Siapa yang tidak pernah mengalami stres? Semua orang pasti pernah merasakannya, baik secara sadar maupun tidak sadar. Bagi pemimpin, efek stres bukan hanya memengaruhi performa dirinya saja, namun berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa efek stresnya dapat memengaruhi performa tim secara keseluruhan. Oleh karena itu, mindfulness adalah salah satu cara efektif yang dapat dilakukan oleh pemimpin untuk mengatasi stresnya. Dengan mindfulness, pemimpin akan mampu memiliki emosi yang lebih stabil, performa otak yang lebih baik, dan pikiran yang lebih jernih. 

Terdapat sebuah studi yang menarik dari Harvard tentang mindfulness dan kepemimpinan yang mana di dalam studi tersebut telah dilakukan survei kepada lebih dari 1.000 pekerja lulusan sarjana di US dengan rentan umur 18 hingga 70 tahun. Studi tersebut mengungkapkan bahwa kecemasan dan rasa stres yang dirasakan pemimpin dapat memengaruhi performa kinerja seluruh organisasi. Lebih jauh lagi bahkan bisa mengakibatkan anggota yang handal di organisasi tersebut keluar demi menyelamatkan kesehatan mentalnya. 

Studi tersebut juga menunjukkan jika 93% pekerja percaya pemimpin yang mampu mengelola stresnya akan mampu menjadi pemimpin yang efektif bagi timnya. Artinya, penting sekali bagi pemimpin mampu mengelola stresnya. Oleh karena itu, salah satu cara paling efektif untuk mengelola stres bagi pemimpin adalah dengan mindfulness. Sebelum membahas lebih jauh tentang mindfulness, mari kita pahami terlebih dahulu penjelasan seputar stres. 

Apa Itu Stres?

Stres adalah bentuk respon tubuh akibat tekanan tertentu. Tekanan tersebut bisa datang karena beberapa hal seperti saat Anda pertama kali merasakan sebuah pengalaman baru, tidak tercapainya ekspektasi, atau ketika Anda merasa tidak memiliki kontrol atas sebuah situasi. Dampaknya dapat berupa mudah marah, sulit tidur, depresi, pekerjaan tidak selesai-selesai,  dan sebagainya. 

Menurut Ibu Susi Boediman, Ketua Dewan Pembina Pemimpin Indonesia, saat Anda merasakan dampak-dampak tersebut maka pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah menyadari terlebih dahulu tentang kondisi Anda yang sedang mengalami stres, entah stres yang berdampak sulit untuk tidur, lebih mudah marah, atau yang lain. Setelah menyadarinya, Anda dapat langsung segera menerapkan mindfulness untuk meredakan stres tersebut. 

Mindfulness ini bisa membuat diri Anda menjadi lebih kuat, kemudian dengan itu Anda akan menjadi sumber yang dapat menyalurkan energi-energi positif ke orang lain. Hal ini menjadi sangat penting apalagi bagi pemimpin yang mana emosinya dapat berpengaruh langsung terhadap performa tim secara keseluruhan. 

Sumber gambar: Pemimpin.id

Penerapan mindfulness ini bisa membuat diri Anda menjadi lebih kuat, kemudian dengan itu Anda akan dapat menjadi sumber yang mampu menyalurkan energi-energi positif ke orang lain. – Susi Boediman Soemardi- 

Apa Itu Mindfulness?

Sumber gambar: unsplash.com

Mindfulness adalah teknik meditasi yang melatih seseorang untuk memusatkan pikiran dan perasaannya terhadap apa yang terjadi secara sadar sehingga merasa menjadi lebih tenang. Mindfulness memiliki empat elemen di dalamnya yaitu: 

  1. Awareness: Menyadari apa yang saat ini sedang terjadi seperti merasakan suara, bau, tanda, atau rasa tertentu yang sering kita tidak pedulikan. 
  2. Focus: Memberikan perhatian lebih terhadap kondisi saat ini, lalu sejenak melupakan memori yang pernah terjadi dan kemungkinan yang akan terjadi.
  3. Acceptance: Menerima dengan sepenuh hati apapun yang sedang Anda rasakan. 
  4. Observation: Terus mencari, melihat, dan merasakan sensasi-sensasi yang membuat Anda tidak nyaman. 

Untuk melatih Anda agar dapat memenuhi keempat elemen tersebut, Anda dapat learning by doing atau belajar sambil melakukan teknik-teknik mindfulness berikut ini: 

Teknik-teknik Mindfulness

  1. Mindful breathing: Cara paling mudah adalah dengan mengelola pernapasan. Lakukan cara ini dengan memejamkan mata beberapa menit sambil fokuskan ke pikiran dan rasakan aliran udara yang keluar-masuk tubuh.
    Dalam hal ini, Ibu Susi memberikan gambaran lebih lanjut, misalnya ketika pikiran sedang pening maka sebenarnya yang terjadi adalah terdapat penyumbatan atau aliran darah yang tidak lancar. Penyumbatan tersebut dapat diatasi dengan minum air putih dan mengelola pernapasan. Mengelola napas sambil memberikan perhatian ke pikiran yang pening tersebut akan membantu pikiran Anda menjadi lebih positif.
  2. Body scan: Atur posisi duduk atau berbaring yang paling nyaman, kemudian pejamkan mata sambil merasakan dengan pelan sensasi fisik di tiap titik-titik tubuh, bisa dimulai dari kaki, lutut, pinggul, perut, dada, tangan, hingga kepala. 
  3. Mindful eating: Seberapa sering Anda makan namun tidak benar-benar menikmatinya? Cara ini melatih Anda untuk menikmati makanan dengan cara makan yang sangat pelan sambil fokus kepada sensasi di tiap rasa, bau, sentuhan tangan dan makanan, dan sensasi saat mengunyah dan menelannya. 
  4. Loving kindness meditation: Sebuah teknik yang akan melatih Anda dengan cara menyebarkan pikiran positif melalui doa dan harapan. Berikan doa dan harapan pertama ke diri Anda, lalu keluarga dan teman dekat, kemudian teman jauh, hingga seluruh manusia. Ini akan membantu meningkatkan energi positif di pikiran Anda. 
  5. Mindful movement: Bergeraklah dengan cara berjalan santai di ruang terbuka hijau kemudian pusatkan perhatian ke pernapasan, pergerakan tubuh, dan kondisi di sekeliling Anda.
Contoh Praktik Mindfulness Sederhana 

 

Sumber gambar: unsplash.com

Ibu Susi memberikan contoh sederhana yang dapat Anda praktikkan sendiri dalam situasi yang kondusif. Coba pejamkan mata Anda, atur napas hingga cukup tenang, fokuskan kedua mata ke titik di antara dua mata, bayangkan ada satu cahaya muncul di antara mata tersebut, setelah itu perlahan coba alihkan ke titik otak yang terasa pening, kemudian bermohon ke Tuhan dengan doa dan harapan yang positif. Lakukan hal tersebut selama beberapa menit sampai Anda merasa benar-benar tenang dan nyaman. 

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang dapat Anda rasakan jika terus menerapkan beberapa teknik mindfulness termasuk teknik yang sederhana di atas:

Apa Saja Manfaat dari Mindfulness?

  1. Meningkatkan mood: Berlatih mindfulness bisa mengurangi rasa cemas dan depresi sehingga suasana hati menjadi lebih positif.
  2. Meningkatkan fungsi otak: Menerapkan secara berkala praktik mindfulness ini dapat membuat kita menjadi lebih fokus dan perhatian terhadap sesuatu. Artinya, suatu saat hal tersebut dapat menajamkan dan meningkatkan performa memori Anda.
  3. Pikiran lebih jernih: Ketika stres sudah stabil maka pikiran akan menjadi lebih jernih untuk memutuskan sebuah keputusan. Hal itu juga yang dirasakan oleh Ibu Susi bahwa ketika sudah melakukan teknik mindfulness seperti berkonsentrasi, fokus, kemudian tenang maka berikutnya tubuh akan mampu menuju performa terbaiknya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. 

Ibu Susi telah menerapkan gaya hidup mindfulness sejak 2003 hingga saat ini, salah satu manfaat yang dicapainya adalah pikiran dan energi positif di dalam tubuh menjadi lebih kuat sehingga dapat beliau gunakan untuk menularkannya kepada orang lain. Sebagai kesimpulan, Ibu Susi memberikan saran kepada pemula yang baru ingin mengubah gaya hidupnya dengan mindfulness yaitu berlatih pernapasan terlebih dahulu karena mengelola napas adalah teknik paling sederhana yang praktis dapat dilakukan langsung oleh siapapun.  Ibu Susi sudah merasakan manfaatnya nih, sekarang waktunya kamu Pemimpin Muda untuk menerapkan teknik ini!

 

 

Referensi

University of Washington. (2017). How to Reduce Stress Through Mindfulness [Factsheet]. Aging Well with a Physical Disability Factsheet Series. Healthy Aging & Physical Disability RRTC, http://agerrtc.washington.edu

Lazarczyk, L. (2017). Life Meets Work Survey Finds Stressed Out Leaders Harm Employees’ Job Performance. Cision PR Newswire. https://www.prnewswire.com/news-releases/life-meets-work-survey-finds-stressed-out-leaders-harm-employees-job-performance-300429678.html

Mental Health Foundation. (2021). Stress. https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/s/stress#:~:text=Stress%20is%20our%20body’s%20response,little%20control%20over%20a%20situation.

 

Photo by: Karolina

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.