GagasanHeadlineMindful Leadership, Kunci Kesuksesan Seorang Pemimpin

Redaksi Pemimpin.IDMarch 23, 202180
pexels-christina-morillo-1181487

Oleh Ane Hukrisna

 

Mindful leadership adalah melaksanakan kepemimpinan dengan penuh kesadaran. Tujuan utama menjalankan mindful leadership yaitu untuk berhati-hati dalam bertindak. Dengan menerapkan mindful leadership seorang pemimpin dapat mengontrol respon terhadap suatu input sehingga nantinya output yang dihasilkan akan lebih tepat. Kontrol tersebut berguna agar seorang pemimpin memiliki waktu untuk menganalisa suatu masalah dan mencari jalan terbaik untuk menghadapi situasi yang terjadi.

 

Harus mampu mengelola emosi

 

Dalam konteks luas seseorang yang sanggup mengelola emosi dengan baik adalah orang yang arif dan bijak. Idealnya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan ini agar dapat menjalankan tanggung jawabnya lebih mudah. Pada dasarnya emosi berkaitan erat dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran.

 

Jika seorang pemimpin tidak dapat mengelola emosi dengan baik dan mengekspresikannya dengan cara-cara yang negatif, tentu saja akan ada banyak dampak buruk yang terjadi dalam kepemimpinannya. Salah satu yang paling buruk adalah perubahan vibes lingkungan kerja menjadi negatif. Hal ini akan mengakibatkan kemunduran produktivitas dalam berbagai bidang pekerjaan.

 

Biasanya orang yang tidak mampu mengelola emosi adalah orang dengan sikap egois yang sukar dibendung. Sedangkan sikap seperti ini wajib untuk dihindari oleh seorang pemimpin. Karena pada hakikatnya pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga situasi dan kondisi lingkungan kepemimpinan tetap stabil, salah satunya adalah dengan cara mengelola emosi diri sendiri dan keseluruhan kelompok agar tetap positif.

 

Tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan

 

Salah satu manfaat seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengelola emosi adalah untuk menghindari tindakan mengambil keputusan yang gegabah. Jika seorang pemimpin memutuskan sesuatu hanya berdasarkan dorongan emosional tentu akan mengarah pada berbagai macam risiko yang sifatnya merugikan. Jadi hendaklah seorang pemimpin tetap bersikap tenang dan mengandalkan akal sehat dalam setiap pengambilan keputusan.

 

Sikap ini harus diberlakukan pada berbagai situasi, baik regular issues dan extraordinary issues atau yang dikenal sebagai situasi krisis. Jika seorang pemimpin melakukan tindakan gegabah hanya karena dorongan emosional belaka, tentu saja cepat atau lambat akan ada banyak risiko yang menghampiri dan masalah baru yang berdatangan silih berganti. Maka kunci utama dari kesuksesan seorang pemimpin dalam menghadapi permasalahan atau krisis adalah menjalankan mindful leadership.

 

Photo by: Christina

Redaksi Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.