Ensiklopedia PemimpinHeadlineMetode ALPEN: Cara Pemimpin Agar Bisa Bekerja Secara Efektif

Redaksi Pemimpin.IDMarch 7, 202185
pexels-fauxels-3184418

Oleh: Nurul Aulia (Volunteer Research and Development Pemimpin.id)

 

Waktu yang terbatas, istirahat yang kurang, tuntutan pekerjaan yang banyak sering kali membuat kita kacau dan tidak teratur dalam menjalani hari-hari. Namun, dalam situasi ini sebenarnya kita dapat memanajemen waktu yang ada agar tetap rapi dan terstruktur, yakni dengan menggunakan Metode ALPEN.

Apa Itu Metode ALPEN?

Metode ALPEN adalah metode yang dikenalkan oleh pakar manajemen waktu dan ekonom Jerman, Professor Lothar J. Seiwert. Metode ini dilaksanakan melalui daftar tugas berjangka waktu, sekaligus mengurutkan tugas sesuai prioritas yang akan membuat kita untuk bekerja selama blok waktu yang dijadwalkan dan mengambil istirahat yang telah dijadwalkan sebelumnya sehingga kita benar-benar dapat melakukan tugas-tugas selama jam kerja tersebut.

Cara Kerja Metode ALPEN

ALPEN merupakan singkatan dalam bahasa Jerman, yang terdiri dari:

A : (Aufgaben)

Menuliskan tugas, janji, dan seluruh kegiatan yang telah direncanakan

L : (Länge schätzen)

Memperkirakan waktu. Pada fase ini, kita akan memperkirakan durasi untuk semua tugas yang akan datang. Dengan cara ini, kita dapat menggunakan waktu secara efisien dan produktivitas meningkat secara nyata.

P : (Pufferzeiten einplanen)

Perencanaan waktu penyangga atau waktu untuk mengantisipasi sesuatu. Kita akan mengalokasikan 20% dari total waktu untuk mengantisipasi gangguan, serta melakukan rehat sejenak beristirahat

E : (Entscheidungen treffen)

Membuat keputusan dengan cara mengurutkan kegiatan berdasarkan prioritas. Melihat lagi mana urusan yang bisa didelegasikan, dan mana yang harus dengan segera dikerjakan.

N : (Nachkontrolle)

Tindak lanjut. Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, kita dituntut untuk melaksanakan refleksi dan evaluasi sehingga dapat memperbaiki rencana esok hari dengan lebih baik lagi.

Keunggulan Metode ALPEN
  • Daftar tugas akan menjadi alat bantu yang dapat menggambarkan produktivitas 
  • Batasan dan tenggat waktu akan cenderung meningkatkan motivasi untuk membuang lebih sedikit waktu dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan
  • Waktu penyangga untuk antisipasi sangat membantu, terutama pada saat beradaptasi dengan situasi tertentu agar tetap fleksibel
  • Kita bisa mencapai apa yang kita rencanakan secara realistis, dan berarti kita akan memiliki pengalaman yang lebih sukses, lebih sedikit stres dan pekerjaan yang lebih santai
Referensi

ALPEN method: Manage the work day more efficiently. (2019, September 27). Job Wizards. https://job-wizards.com/en/the-alpen-method-organise-working-time-better/

Memon, M. (2020). Better organize your day with this time management technique. Blog.trello.com. https://blog.trello.com/aplen-time-management-technique#:~:text=What%20Is%20The%20ALPEN%20Method%3F&text=The%20idea%20is%20to%20prepare

Panayotova, S., Vasic, Z., & Yordanova, M. (2015). Time management -models and techniques for application. 14, 393. https://infoteh.etf.ues.rs.ba/zbornik/2015/radovi/PRS/PRS-2.pdf

Redaksi Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.