HeadlineLeadership ReviewMenjadi Produktif dengan Membangun Habit Baru di Bulan Ramadan

Avatar Pemimpin.IDMay 7, 2021248
sigmund-TxsdTOAnBKE-unsplash

Oleh: Choirunisa Nur Azizah

 

ABSTRAK Habit adalah sebuah rutinitas atau kebiasaan perilaku yang berulang secara teratur dan cenderung terjadi tanpa disadari. Karena Ramadan sebagai bulan yang sangat istimewa, secara tidak langsung juga mengajarkan dan mendorong umat muslim untuk melakukan kebiasaan positif, dengan menahan hawa nafsu dan  berbuat kebaikan. Maka dari itu, Ramadan sangat cocok sebagai tempat latihan untuk membangun dan membentuk kebiasaan baru yang baik.

Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim. Karena dalam satu bulan lamanya, umat muslim memiliki banyak kesempatan untuk memaksimalkan beramal baik dengan meningkatkan ketakwaan dan berburu pahala yang berlimpah. 

Walaupun momen Ramadan tahun ini masih #dirumahsaja, momen tersebut sangat berpeluang bagi umat muslim untuk berlomba-lomba menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara mengambil kesempatan mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baru yang baik. Namun sayangnya, masih banyak yang kesulitan untuk membentuk kebiasaan baru karena berbagai ketakutan yang dihadapi.

Apa itu Habit?

Habit adalah sebuah rutinitas atau kebiasaan perilaku yang berulang secara teratur dan cenderung terjadi tanpa disadari. Sederhananya, habit atau kebiasaan itu akan terbentuk ketika Anda melakukan kegiatan yang terasa simpel dan sederhana, lalu dilakukan secara terus-menerus. Misalnya, habit untuk membaca 1 buku seminggu. Meskipun terlihat sederhana, tapi karena habit ini dilakukan secara berulang, dalam satu tahun, orang yang membaca buku itu sudah membaca sebanyak 52 buku. Cara kemampuan berbahasanya telah berbeda dibanding sebelum melakukan habit. Sebab, kebiasaan yang sudah terbentuk itulah dapat meningkatkan perilaku yang baik. 

 

Bagaimana Ramadan Dapat Membentuk Habit Baru?

Karena Ramadan sebagai bulan yang sangat istimewa, tentu ini akan mengajarkan dan mendorong umat muslim untuk melakukan kebiasaan positif, baik yang bersifat pasif (menahan diri) maupun aktif (berbuat kebaikan). Menurut Fadel Aulia, CEO Guebanget.id dalam wawancara bersama tim Pemimpin.id, Ramadan merupakan therapy yang sangat menyehatkan, momen yang banyak membantu untuk dapat mengontrol hawa nafsu, mental, dan psikis. Tanpa sadar, dalam bulan Ramadan juga dapat membentuk sebuah lingkungan yang di dalamnya secara tidak langsung membawa dampak positif dari bulan-bulan sebelumnya. Maka dari itu, Ramadan sangat cocok sebagai tempat latihan untuk membangun dan membentuk kebiasaan baru yang baik.

 

“Karena ketika Anda mendapatkan suasana yang positif dan mendukung, alangkah baiknya untuk membangun sebuah kebiasaan baru dengan sendiri atau bersama-sama.”

 

Cara Memulai Habit Baik yang Berkelanjutan
Identifikasi kebiasaan yang ingin Anda ubah

Dimulai dari hal terkecil yang menurut Anda remeh. Dengan begitu, tentu akan cepat memproses untuk membentuk kebiasaan baik secara perlahan yang nantinya akan mempunyai dampak besar bagi kehidupan Anda kedepannya.

Tetapkan motivasi untuk membantu jalannya habit

Memiliki motivasi yang tinggi, tentu akan sangat membantu dalam membangun sebuah habit yang baik untuk meraih achievement di masa depan. Contohnya, Anda ingin membaca Al-Qur’an karena nantinya bisa membantu Anda menjadi Hafiz atau Hafizah.

Memiliki respons yang mudah untuk membantu jalannya kebiasaan baru

Buatlah respons yang dapat memudahkan Anda untuk memulai sebuah habit baru. Misalnya, jika Anda ingin membaca Al-Qur’an, maka permudahkan itu dengan cara bentuk fisik Al-Qur’an tersebut selalu ada di dekat Anda.

Tetapkan imbalan yang Anda dapatkan dalam memulai kebiasaan 

Ketika sudah berhasil dalam membangun sebuah kebiasaan baru tersebut, berikan hadiah untuk diri Anda, agar nantinya Anda bisa melanjutkan new habit dikemudian hari dengan semangat dan tidak ada rasa takut.

Ramadan merupakan bulan suci yang sangat dinanti-nanti kehadirannya bagi umat muslim. Tentunya ketika lingkungan sekitar memiliki keadaan yang positif, habit atau kebiasaan baru akan lebih mudah dilakukan dengan sendiri atau bersama-sama. Maka dari itu, Ramadan merupakan bulan yang sangat cocok untuk memulai sebuah habit baru yang baik untuk Anda. Berikut cara untuk memulai kebiasaan baik yang berkelanjutan, yaitu identifikasi kebiasaan yang ingin diubah atau ditinggalkan dengan melihat sesuatu yang kecil namun berdampak besar, bentuk keinginan yang menarik yang bertujuan untuk masa depan Anda, memiliki respons yang mudah untuk membantu jalannya kebiasaan baru tersebut, dan berikan reward atas pencapaian Anda dalam membangun sebuah habit baik.

 

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana habit sangat cocok di bulan Ramadan, pembahasan ini tersedia juga di instagram kami @pemimpin.indonesia. 

 

Referensi:

Jane. (2012). What is a Habit, How do They Work and How Can I Change Them. [online] Habits For Wellbeing. Available at: https://habitsforwellbeing.com/what-is-a-habit-how-do-they-work-and-how-can-i-change-them/ [Accessed 2 May. 2021]

https://merriam-webster.com/dictionary/habit [Accessed 1 May. 2021]

 

Photo by: Sigmund

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.