HeadlineLeadership ReviewMeningkatkan Kemungkinan Lolos Seleksi Wawancara

Avatar Pemimpin.IDJuly 6, 2021221
pexels-sora-shimazaki-5668863-01

Oleh: Fauziah SPR

 

ABSTRAK. Ada berbagai cara dalam meningkatkan kemungkinan lolos seleksi wawancara, salah satunya adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri dapat memengaruhi keputusan recruiter dalam menerima para pelamar. Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri sendiri adalah dengan menenangkan diri, coba membayangkan keberhasilan, dan banyak berlatih mempersiapkan jawaban.

 

Ketika mendaftar suatu pekerjaan, beasiswa, organisasi, atau bahkan kepanitiaan, kita sering berhadapan dengan seleksi wawancara. Seleksi ini biasa dilakukan agar recruiter mendapat lebih banyak gambaran mengenai seseorang. Dari wawancara, recruiter juga berkesempatan untuk menggali hal-hal yang tidak dicantumkan di CV.

Jika mencari tips wawancara di internet, kita akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa kepercayaan diri adalah sesuatu yang harus dimiliki. Tapi apakah kepercayaan diri memang berpengaruh terhadap peluang lolos seleksi wawancara?

Menurut suatu studi yang dilakukan di tahun 2020, jawabannya adalah ya. Kepercayaan diri seorang pelamar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan yang diambil oleh recruiter. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

 

Bagaimana Kepercayaan Diri Pelamar Dapat Memengaruhi Keputusan Recruiter?

Dalam studi yang sama, dijelaskan bahwa salah satu kemungkinan yang terjadi adalah karena kepercayaan diri sebagai suatu karakteristik, dikaitkan dengan beberapa kualitas lainnya, seperti:

  1. Inisiatif
  2. Membimbing orang lain
  3. Motivasi
  4. Administrasi
  5. Persuasi
  6. Orientasi dalam mencapai tujuan

Kualitas-kualitas ini bukan sembarang kualitas. Keenam kualitas ini akan sering kita temui ada pada para pemimpin hebat. Hal ini tentu menjadi masuk akal bila recruiter lebih mau untuk menerima pelamar yang memiliki kepercayaan diri dibandingkan dengan yang tidak.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri?

Setelah mengetahui bagaimana kepercayaan diri dapat memengaruhi keputusan recruiter, maka kita bisa ambil kesimpulan bahwa untuk meningkatkan peluang lolos, kita juga perlu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Berikut beberapa cara dalam meningkatkan kepercayaan diri:

  1. Tenangkan Diri
    Proses wawancara dapat menjadi sesuatu yang membuat kita gugup. Maka dari itu, coba tenangkan diri sebelum masuk ke ruangan. Tarik dan buang napas secara perlahan, fokuskan diri pada proses pernapasan agar perasaan gugup dapat berkurang.
  2. Bayangkan Keberhasilan
    Coba bayangkan keberhasilan yang akan kita raih dalam proses wawancara. Bayangkan bagaimana kita memasuki ruangan, bersalaman, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik. Bayangan akan keberhasilan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kita.
  3. Latihan
    Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu latihan. Persiapkan diri dengan melatih hal-hal apa saja yang akan disampaikan berkaitan dengan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan yang dimiliki.

Proses wawancara bisa menjadi sesuatu yang menakutkan bagi beberapa orang. Maka dari itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan dalam menghadapinya agar peluang lolos yang kita punya menjadi semakin terbuka lebar. 

 

Referensi

Dimopoulos, A. (2020). Applicant’s Self Confidence Influence in Employment Interview Process According to Recruiters Perceptions. An Exploratory Study in Greece. International Journal of Human Resource Studies, 10(2), 82101-82101.

Seager, C. (2015). Seven ways to boost confidence at a job interview. The Guardian. https://www.theguardian.com/careers/2015/aug/19/seven-ways-to-boost-confidence-at-a-job-interview

 

Photo by: Sora Shima

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.