JurnalMari Belajar untuk Menjadi Kreatif!

https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2020/08/pexels-una-laurencic-20967-1280x853.jpg

 

Apakah kamu memandang diri sendiri sebagai orang yang kreatif? Kreativitas itu tidak harus melibatkan bakat-bakat artistik atau menuntut penghasilan karya-karya seni. Kreativitas merupakan alat yang penting dimiliki semua individu. Tetapi tidak semua orang percaya bahwa diri mereka memiliki potensi kreatif. Jangan khawatir, karena kreativitas dapat dilatih dan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melatihnya.

Salah satu tindakan yang memiliki peran besar dalam kreativitas adalah belajar. Belajar bukan berarti mempelajari teori kreativitas. Maksud dari belajar adalah menambah wawasan pengetahuan yang dapat menstimulasi kreativitasmu itu. Julie Burstein, produser dan pemenang Peabody Award, menjuarakan belajar sebagai alat untuk memperkaya kreativitas individu. Ia menceritakan pentingnya bagi kita untuk belajar dari lingkungan sekitar, dan dari pengalaman diri. Bahkan emosi negatif yang kita alami maupun kesulitan yang pernah kita hadapi juga dapat berkontribusi dalam pengembangan kreativitas kita.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa kreativitas bukanlah proses yang pasif. Ide-ide yang inovatif tidak akan datang kepada kamu secara otomatis. Kerja keras merupakan faktor yang tidak boleh dihindari dalam berpikir kreatif. 

Maka, ketika Burstein mengatakan bahwa kita harus mempelajari lingkungan di sekitar kita, ia tidak memerintahkan kita untuk duduk diam dan menunggu sampai ide kreatif muncul di kepala. Ia meminta kita untuk melakukan evaluasi terhadap segala hal yang datang kepada diri kita, dan bahkan sebaliknya, mendorong kita sendiri untuk datang kepada— atau mempelajari — segala hal yang bisa kita pelajari. 

Ahli ekonomi Tim Harford menyebutkan bahwa kreativitas sering datang ketika individu mengambil ide dari konteks aslinya dan memindahkan ide tersebut ke dalam konteks lain. Apabila kamu tidak memiliki ilmu mengenai konteks awalnya, bagaimana caranya kamu bisa mengubah ide tersebut ke dalam bentuk yang lebih inovatif?

Belajar juga tidak harus terbatas pada bidang kerja kamu atau mata pelajaran yang kamu tekuni. Riset membuktikan bahwa memperluas pengetahuan dalam topik-topik yang tidak dikenal dapat menumbuhkan ide-ide baru dan mendorong pemikiran yang berbeda dan variatif. Yang bisa diambil dari pembahasan ini adalah bahwa kreativitas bersifat multidisiplin. Inovasi-inovasi yang terbaik biasanya menggabungkan ilmu dan orang-orang dari berbagai disiplin. 

Dalam membicarakan tentang kreativitas, Harford mengutip koreografer Twyla Tharp: “You have to be all things. Why exclude? You have to be everything.” Kreativitas merupakan proses aktif, yaitu individu secara sengaja mengumpulkan ilmu yang penting bagi mereka. Menurut Tharp, segala hal itu penting.

Salah satu hambatan yang akan dipikirkan oleh individu adalah kesulitan untuk melihat manfaat dari pengetahuan seni terhadap pemikiran ilmiah, misalnya, secara langsung. Namun, Dr Robert Epstein, psikolog riset senior di American Institute for Behavioral Research and Technology, mengatakan kalau ide-ide baru datang dari koneksi antara ide-ide lama. Bahkan, semakin menarik dan beragam ilmu-ilmu yang dimiliki, koneksi antaranya pun semakin menarik.

Harford mengatakan bahwa para atlet sering melakukan cross-training, atau melakukan pelatihan yang melibatkan lebih dari satu jenis olahraga atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam satu olahraga keahliannya. Ia mengatakan bahwa kita juga bisa melakukan cross-training bagi otak kita. Mengapa tidak?

Referensi

Field, H. (2019, July 18). 5 Science-Backed Ways to Boost Your Creativity. Entrepreneur. https://www.entrepreneur.com/article/311870

TED (2012, November 12). 4 Lessons in Creativity | Julie Burstein | TED Talks [Video file]. https://www.youtube.com/watch?v=sY0Pf_pfqCI&t=14s

TED (2019, February 7). A powerful way to unleash your natural creativity | Tim Harford [Video file]. https://www.youtube.com/watch?v=yjYrxcGSWX4

Redaksi Pemimpin.ID

Lokasi

Deep Space

Jl. Melawai X No.9 Melawai, Kec. Kby. Baru, DKI Jakarta 12160

Rumah Wijaya

Jl. Wijaya V, No. 6, Melawai, Kby. Baru, DKI Jakarta 12160

Pemimpin.ID 2019 - 2020