InspirasiMahasiswa Ini Siapkan Diri Jadi Pemimpin Lewat Pionir Muda

Redaksi Pemimpin.IDNovember 20, 2019108
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2019/11/Pemimpin-Indonesia-1280x719.jpg

PemimpinId kembali menginisiasi program akselerasi kepemimpinan bagi anak muda, setelah sebelumnya membuat program ISUNITE yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK se -Indonesia. Berbeda dengan ISUNITE, program yang bernama Pionir Muda ini membidik mahasiswa semester 1 di kampus negeri se-Jabodetabek sebagai targetnya.

Tia Muhammad Reza, Chief of Product PemimpinId mengatakan, sejak dibentuk pertama kalinya pada tahun 2016 , Pionir Muda fokus untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan jejaring mahasiswa baru di lingkungan kampus. Program ini juga bertujuan untuk membantu peserta dalam beradaptasi dengan dunia kampus dan mengakselerasi baik dari sisi networking maupun kapasitas kepemimpinan.

“Kami percaya kualitas kepemimpinan di kampus dapat meningkat jika mahasiswanya mendapatkan intervensi kepemimpinan sejak awal,” ungkap Tia.

Tia Muhammad Reza, Chief of Product PemimpinId

Adapun beberapa program yang dimiliki oleh Pionir Muda, yakni Campus Course, Studium General, dan Leadership Camp. Pada minggu ke-3 bulan November lalu, Pioner Muda baru saja menyelenggarakan Studium General – salah satu program dari rangkaian kegiatan Pionir Muda. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Coachnesia dengan PT. Paragon Technology Indonesia.

Tia menjelaskan, program Studium General ingin mempertemukan para Pionir Muda yang berasal dari dua kampus yang berbeda, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sjarif Hidayatullah Jakarta dengan total 65 mahasiswa.

“Ini adalah kegiatan di tengah rangkaian program Pionir Muda yang meliputi Campus Course, Studium General, dan Leadership Camp. Jadi ini pertama kalinya kami mempertemukan Pionir Muda dari dua kampus tersebut,” ungkapnya.

Melalui pertemuan itu, para mahasiswa diajak untuk berbagi dan saling memperkuat ikatan (bonding). Harapannya, lanjut Tia, peserta dapat saling mengenal sehingga membuka peluang untuk saling berkolaborasi.

Tindak lanjut dari kegiatan Studium General akan dilaksanakan pada bulan depan, tepatnya pada tanggal 14 sampai 15 Desember 2019. Peserta yang terpilih akan mengikuti puncak dari rangkaian kegiatan Pionir Muda, yakni Leadership Camp di mana mereka akan mendapat pelatihan tentang Self Awareness dan Self Management.

Redaksi Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Deep Space | Jl. Melawai X No.9 Melawai, Kec. Kby. Baru, DKI Jakarta 12160

info@pemimpin.id

Pemimpin.ID 2019