Acara PemimpinHeadlineLead The Fest 2021 Hadirkan Perempuan-Perempuan Tangguh di Indonesia

Avatar Pemimpin.IDAugust 14, 2021157
Screen Shot 2021-08-13 at 18.57.47

Press Release | Rangkaian acara Lead The Fest yang diadakan oleh Pemimpin.id sudah memasuki hari kedua. Kegiatan hari kedua ini menyoroti peran perempuan sebagai seorang pengusaha dan seorang ibu rumah tangga. Saat ini perempuan di Indonesia masih banyak yang merasa tidak percaya diri untuk bersaing dengan laki-laki dalam bidang karier karena stigma masyarakat.

 

Dalam acara webinar series yang berlangsung pukul 16.00-17.00 WIB tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Nurhayati Subakat Founder PT. Paragon Technology and Innovation, Shinta W. Kamdani CEO Sintesa Group, dan Shinta W. Dhanuwardoyo, CEO Bubu.com. Adapun tema yang diangkat yaitu “Leading Through Passion and Balance”.

 

Dalam sesinya, Shinta menjelaskan mengenai passion. Ia mengatakan Passion merupakan sesuatu yang disukai dan disenangi. Cara sederhana untuk mengetahui Passion yaitu ketika kita bangun tidur, langsung bersemangat untuk mengerjakan sesuatu dan hal itu berdampak baik bagi kita dan sekitarnya.

 

Pernyataan tersebut juga sejalan dengan apa yang sudah Nurhayati lakukan. “Jika kita sudah mempunyai value kuat untuk melakukan sesuatu maka kita pasti sudah mempunyai dasar yang kokoh untuk memperjuangkannya tanpa harus bingung apa yang kita perjuangkan,” Tutur Nurhayati.

 

Kemudian Shinta W. Kamdani menambahkan cara bagaimana untuk dapat menemukan passion. Untuk menemukan passion, harus mengetahui purpose atau tujuan hidup terlebih dahulu. Tujuan hidup ini akan menjadi dasar penyemangat untuk terus berjuang.

 

“Passion itu suatu hal yang kita sukai namun juga perlu perjuangan lebih untuk melakukannya, perlu adanya purpose yang besar supaya kita tetap struggle memperjuangkannya “ Tambah Shinta.

 

Berbincang mengenai perempuan, tidak jauh-jauh dari bagaimana cara menyeimbangkan antara urusan pekerjaan dengan rumah tangga. Masalah ini sering terjadi di masyarakat sehingga banyak terjadi miskomunikasi dalam keluarga.

 

Menanggapi hal itu, Nurhayati menyampaikan bahwa ketika menjadi seorang perempuan yang bekerja atau menjadi pimpinan di suatu perusahaan maka mereka harus bisa membagi jadwal dan menempatkan waktu yang sesuai, kapan waktunya bekerja dan kapan menjadi seorang ibu di dalam keluarga.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Shinta, yang mengatakan bahwa pemimpin perempuan juga harus tetap menjalankan kewajiban di rumah. “Pemimpin itu bukan cuma di perusahaan saja, apalagi perempuan. Kita harus memimpin kegiatan perusahaan dan juga tidak boleh melewatkan kewajiban kita di rumah,” tutur CEO Sintesa Group itu.

 

Menjadi seorang perempuan bukan merupakan sebuah halangan untuk mengejar mimpi meskipun stigma masyarakat yang selalu menganggap bahwa pemimpin itu harus laki-laki. Perempuan bisa menjadi melebihi kemampuan laki-laki jika dia mampu mempunyai passion kuat dan bisa menyeimbangkan antara kewajiban perusahaan dan kewajiban di rumah.

 

Lead The Fest 2021 digelar dengan kemasan menarik, berbagai kegiatan Lead The Fest digelar melalui platform Pemimpin.id University. Virtual space ini memberi ruang kepada peserta untuk berkeliling dan mencari tau lebih jauh mengenai rangkaian Lead The Fest ke depannya. Selain itu, pada platform tersebut peserta juga dapat melihat dan mengakses mengenai program-program yang diadakan oleh Pemimpin.id.

 

Terima kasih

Tim Media Lead The Fest 2021

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.