Acara PemimpinHeadlineLead The Fest 2021 hadirkan Penulis dan Sejarawan Ahli

Avatar Pemimpin.IDAugust 15, 2021146
Screen Shot 2021-08-15 at 13.36.20

Press Release | Jangan sekali-sekali melupakan sejarah atau biasa kita sering dengar dengan istilah jas merah merupakan sedikit kutipan Bung Karno dalam pidatonya di abad 19 silam. Bagi sebagian kaum muda, sejarah adalah hal yang cukup sering dilupakan atau diabaikan. Padahal, banyak pembelajaran yang bisa kita dapatkan dan evaluasi agar menjadi pola baru yang lebih efektif dan efisien.

Termasuk dari kedua pembicara Lead The Fest 2021, Zainal C. Airlangga (Penulis Buku HOS Tjokroaminoto Raja Tanpa Mahkota) dan Asep Kambali (Sejarawan dan Founder Komunitas Historia Indonesia).  Mengangkat judul webinar True Leadership from The Story of Indonesia’s National Heroes, keduanya sepakat bercerita bahwa sejarah adalah hal besar yang tidak boleh ditinggalkan dari sejarah kita bisa berada di titik kita saat ini. 

Salah satu pemaparan yang menarik dari Zainal ketika ia bercerita bagaimana perjuangan anak muda di zaman dahulu hingga di usia 20-an sudah mampu memiliki karya yang luar biasa hingga sekarang? Jawabannya karena mereka semua memiliki kekuatan untuk membangkitkan massa dan mampu membangun kesadaran secara kolektif. Dengan segala kecakapan yang dimiliki masing-masing mereka saling bergotong royong untuk duudk bersama menyatukan pemikiran dan pandangan agar mampu memikirkan strategi yang tepat untuk lepas dari penjajahan.

Hal tersebut didukung oleh Asep yang menyatakan kunci keberhasilan menang bersama yaitu anak muda zaman dulu, mampu memberikan kontribusi yang besar melalui pola pikir, perilaku, dan sikap mereka, yang bahkan terlihat lebih dewasa dari usianya. Sehingga perlu adanya penekanan dalam membangun tiga hal tersebut kepada anak muda saat ini termasuk salah satunya membangun budaya literasi bukan hanya bermain sosial media. 

Asep menambahkan untuk membangun ketiganya perlu adanya rumah atau wadah yang mampu menampung aspirasi, ide atau gagasan para pemuda di Indonesia. Jika dulu rumah HOS Cokroaminoto adalah salah satunya, maka saat ini Pemimpin.id bisa menjadi salah satu media tersebut, pun tak memungkiri organisasi atau komunitas lain ikut mejadi sarana tersebut.

Tidak mudah memang meneruskan perjuangan para pahlawan di zaman dahulu, namun bukan berarti tidak ada pahlawan masa kini. Mari kita ciptakan pahlawan yang relevan dengan zaman modern ini dengan cara memberikan kontribusi yang besar bagi Bangsa Indonesia. Pemimpin yang besar tidak akan lahir dari mulut dan kepala yang besar melainkan lahir dari karya dan kontribusi yang besar, tambah Zainal dalam closing statement-nya.

Asep juga menambahkan anak muda saat ini harusnya mampu untuk berdaya, berkarya, dan bermakna. Bahkan banyak anak muda yg saat ini tidak mengetahui visi-misi Bangsa Indonesia. Lantas pertanyaannya bagaimana ingin berkontribusi jika tujuannya saja tidak tahu? Kemerdekaan dan persatuan adalah sebuah proses bukan hasil akhir jadi harus diperjuangkan terus-menerus dengan menjaga sumpah persatuan diatas perbedaan.

Lead The Fest 2021 akan berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 18 Agustus 2021 mendatang dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pendaftaran dapat dilakukan secara gratis melalui situs https://leadthefest.id.

Harapan besar dari acara Lead The Fest 2021 adalah calon-calon pemimpin masa depan Indonesia akan mampu menghadapi segala tantangan dengan lebih baik lagi. Terinspirasi oleh seluruh rangkaian kegiatan serta pembicara-pembicara ahli dan tokoh masyarakat yang ikut berbagi ilmu dan semangat juang besar untuk Indonesia bangkit dan #MenangBersama.

Tentang Pemimpin.id :

Pemimpin.id merupakan sebuah yayasan non-profit yang didirikan pada tahun 2019 yang memiliki tujuan utama membentuk ekosistem bagi pemimpin yang inklusif, efektif, dan memberdayakan di Indonesia.

Terinspirasi dari cerita Rumah Peneleh milik HOS Tjokroaminoto, dimana pemimpin-pemimpin bangsa tinggal dan tumbuh, Pemimpin.id memiliki harapan untuk menjadi rumah belajar para pemimpin untuk membuat ekosistem kepemimpinan Indonesia lebih baik.

Untuk mendapatkan informasi lainnya, silahkan kunjungi official page kami di https://pemimpin.id/ dan bergabunglah dengan akun media sosial pemimpin.id lainnya.

Instagram : @pemimpin.indonesia

TikTok : @pemimpin.id

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.