Acara PemimpinHeadlineLead The Fest 2021 Bahas Pentingnya UMKM Untuk punya Good Mindset di Masa Pandemi

Avatar Pemimpin.IDAugust 14, 2021150
Screen Shot 2021-08-13 at 19.04.23

Lead The Fest hari kedua menghadirkan Muhammad Ajie selaku Moderator, Putri Tanjung CEO dan CXO CT Corp, serta Aldi Haryo Pratomo Komisaris Halodoc. webinar series ke-4 ini mengusung tema “Creative Economy Revival Strategy Towards The New Normal Era”. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau disingkat dengan UMKM adalah kegiatan usaha atau kelompok usaha yang produktif dan dimiliki oleh individu maupun suatu kelompok.

 

Pada masa pandemi ini, tidak bisa dipungkiri sektor UMKM mendapat pukulan paling keras. Banyak pelaku UMKM mengalami masa-masa sulit karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan situasi pandemi. Tren pasar pun mengalami pergeseran. Salah satu penyebabnya adalah perubahan perilaku konsumen. Hal itu menyebabkan UMKM yang memiliki target pasar kecil kesulitan untuk bisa bertahan pada masa pandemi.

 

“Saya saja, sebagai pelaku industri ekonomi kreatif yang selalu berkutat dengan masalah dan dituntut untuk bisa mencari jawabannya mengalami 80% job yang batal,” ungkap Putri Tanjung selaku CEO & CXO CT Corp sekaligus narasumber di acara Lead The Fest Hari Kedua yang diselenggarakan oleh Pemimpin.id.

 

Meski begitu, pandemi tidak melulu membawa kabar buruk bagi semua pelaku UMKM. Mereka yang memiliki produk barang dan jasa yang mengarah ke sektor konsumsi justru lebih diuntungkan di tengah masa-masa sulit seperti ini. Para pelaku UMKM ditantang untuk melihat peluang, tetap optimis, dan menerapkan good mindset untuk agar mampu membuat kita maju di tengah gempuran masalah pada masa pandemi ini.

 

“Memang tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa pelaku UMKM di sektor perikanan dan pertanian mengalami kemunduran dan bisa dibilang sulit untuk maju. Tapi mereka yang change behaviour melihat tren dan beralih ke online justru bisa diuntungkan sampai 95%.” Imbuh Aldi Haryopratomo selaku Komisaris Halodoc.

 

Dengan melihat tren yang terjadi, para UMKM bisa memetik beberapa pelajaran berharga. Bahwa penting bagi UMKM untuk membuka diri dan mengetahui kelemahan diri sendiri sehingga bisa belajar dan mengatasi kelemahan masing-masing. Mengajak pemerintah dan pemuda untuk menyelaraskan kolaborasi agar bisa melangkah maju.

 

Selain melihat tren, UMKM juga perlu dibantu oleh pemerintah yang memiliki peranan menciptakan rambu-rambu yang bisa mendorong kegiatan UMKM dan pelatihan-pelatihan yang bisa memberikan insight maupun berita-berita terkini. Jadi bukan sekadar permodalan yang tanpa diiringi dengan aksi pengawalan atau terkesan dibiarkan saja. Pemuda juga memiliki peran besar dalam memajukan UMKM di Indonesia. Kita memerlukan narator-narator yang bisa menyebarluaskan inspirasi-inspirasi maupun insight kepada UMKM dan secara aktif terlibat di dalamnya. Karena saat ini, pemuda cenderung pilih-pilih ketika hendak terjun ke dunia pekerjaan dan terlalu berekspektasi untuk menjadi bagian dari Perusahaan yang besar, seperti Unicorn. Sehingga sangat sedikit yang mau terjun langsung dan ambil bagian di UMKM.

 

Pemimpin.id gelar Lead The Fest 2021 dengan mengangkat tema “Leading in The New Era”. Lead The Fest 2021 digelar dengan kemasan menarik, dimana pada platform Pemimpin.id University peserta dapat berkeliling dan mencari tau lebih jauh mengenai rangkaian Lead The Fest ke depannya. Selain itu, pada platform tersebut peserta juga dapat melihat dan mengakses mengenai program-program yang diadakan oleh Pemimpin.id. 

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.