GagasanHeadlineMembangun Komposisi Tepat Untuk Organisasi yang Hebat dengan Metode Kerucut Hierarki

Avatar Pemimpin.IDJuly 24, 2021232
pexels-pixabay-262524

Oleh: I Kadek Yudi Suarbawa / 10 Besar Artikel Pemimpin.id Content Creator Contest

 

ABSTRAK | Pemimpin adalah seseorang yang berpengaruh besar dalam organisasi. Salah satu tantangan yang akan dihadapi oleh Pemimpin adalah mengatur organisasi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Hal ini bisa dipermudah dengan menggunakan metode kerucut hierarki untuk menentukan komposisi yang tepat dalam sebuah organisasi.

Setiap Pemimpin atau pelaku organisasi tentu sangat menginginkan tujuan yang telah ditetapkan bersama sebelumnya dapat dicapai. Untuk itu, tugas krusial dari seorang Pemimpin adalah merekrut anggota dengan komposisi yang tepat untuk mengisi setiap posisi dalam organisasi.

Tentu Kamu tidak dapat memasukan sembarang orang begitu saja dengan alasan sederhana seperti teman dekat, kerabat, atau titipan atasan. Harus ada kriteria tertentu yang bisa dipenuhi oleh setiap Individu.

Untuk itu, penggunaan Kerucut Hierarki akan sangat membantu dalam hal menentukan komposisi yang tepat dalam mengisi organisasi.

 

Apa Itu Kerucut Hierarki?

Kerucut hierarki adalah bentuk 3 dimensi dari Lingkaran Emas, sebuah teori yang dicetuskan oleh Simon Sinek. Secara garis besar bentuk dari kerucut ini dapat dilihat sebagai berikut.

Sumber : Ilustrasi Pribadi

 

Terdapat tiga bagian penyusun didalam kerucut yakni Why, How, dan What. Ketiga bagian ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu Kamu dalam mengembangkan organisasi.

Pertama ialah penentuan arah. Sebagai Pemimpin, Kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas pencapaian organisasi. Kerucut ini bisa menjadi visualisasi dari penerapannya. 

  1. Why adalah Visi yang ingin dicapai. 
  2. How adalah Misi yang ditetapkan untuk mencapai visi
  3. What adalah program kerja yang akan disusun.

Kedua, meningkatkan efektifitas dalam menyampaikan pesan atau perintah. Sebuah pesan yang disampaikan haruslah dimulai dari Why, atau alasan mengapa kita harus melakukan itu. Dilanjutkan dengan How, atau bagaimana cara kita melakukan itu. Diakhiri dengan What, yakni aksi nyata dari rumusan sebelumnya

Ketiga, menyusun komposisi yang tepat dalam sebuah organisasi. Ini bertujuan agar organisasi dapat berjalan secara sistematis dan berada dalam kondisi sustainability.

 

Bagaimana Komposisi Tepat untuk Organisasi?

Seperti ilustrasi dari Kerucut hierarki, terdapat 3 bagian penyusun didalamnya. Yakni bagian Why, How, dan What. Ketiga bagian ini mewakili jenis orang yang perlu mengisi setiap posisi dalam organisasi, dan besaran irisannya menggambarkan kuantitas yang diperlukan untuk setiap jenisnya.

Nah, sekarang mari kita bahas setiap irisan yang terdapat dalam Kerucut hierarki lebih dalam lagi.

  • Why: Pertama ada orang dengan jenis Why. Seorang Pemimpin adalah contoh dari orang jenis Why. Seseorang yang mampu menginspirasi lingkungan sekitar sehingga mereka mau melakukan apa yang mereka ingin lakukan.
    Orang jenis Why akan memberikan alasan, yang sering kita sebut sebagai visi untuk diperjuangkan. Tanpa sebuah alasan yang jelas, maka sebuah organisasi tidak akan berada dalam kondisi sustainability, mereka akan selalu berganti jati diri setiap berganti Pemimpin.

Sumber : Ilustrasi Pribadi

 

  • How: How adalah orang yang mengerti sistem, birokrasi, dan cenderung lebih cerdas daripada seorang Pemimpin. Orang jenis How tahu bagaimana cara untuk mewujudkan visi yang telah disepakati untuk diraih bersama.
    Orang jenis How akan selalu berada disisi Why, memberikan nasihat dan saran bagaimana sesuatu seharusnya dilakukan. Mengingat orang jenis Why biasanya cenderung ambisius dalam mencapai tujuan.
    Tidak jarang orang jenis How adalah saudara atau sahabat dari Why. Seperti halnya Steve Jobs(Why) dan Steve Wozniak(How), atau Walt dan Roy Disney.

Sumber : Ilustrasi Pribadi

  • What: Orang dengan talenta atau kemampuan yang spesifik adalah orang jenis What. Mereka ahli bahkan spesialis dalam melakukan suatu tugas. Tak jarang mereka menyelesaikan tugas lebih baik dari yang diharapkan.
    Keberadaannya sangatlah krusial dan riskan. Disatu sisi mereka bisa menjadi sangat berguna, tapi juga sebaliknya apabila tidak ditempatkan pada posisi yang semestinya, mereka bisa jadi orang paling tidak terarah. Kemampuan menginspirasi dari orang jenis Why akan sangat berpengaruh dalam hal ini

Sumber : Ilustrasi Pribadi

 

 

Yuk Mulai Ambil Peran dalam Organisasi!

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berada dalam sebuah organisasi. Pertama yang perlu Kamu ketahui adalah role yang akan Kamu ambil dalam organisasi.

Percayalah bahwa tidak ada orang yang tidak berdaya, mereka hanya tidak diberdayakan dengan tepat. Untuk itu sangat penting mengenali diri sendiri terlebih dahulu, karena tidak ada yang lebih kenal dirimu dibandingkan diri Kamu sendiri.

 

 

Referensi

Sinek.S,2021. Start With Why. 7th ed.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

 

Photo by: Pixabay

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.