Ensiklopedia PemimpinHeadlineKesulitan dalam Merancang Tujuan? Coba Metode SMART!

Pemimpin.IDFebruary 18, 2021105
pexels-anna-shvets-5324975

Oleh: Nurul Aulia (Volunteer di Research and Development Team Pemimpin.id)

 

Apa Itu SMART Goals?

SMART adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk memandu kita dalam menyusun dan menentukan tujuan dalam suatu proyek. Istilah SMART pertama kali dikenalkan melalui Management Review terbitan November 1981 oleh George T. Doran. Kemudian tak lama setelahnya, Profesor Robert S. Rubin (Universitas Saint Louis) menulis tentang SMART dalam sebuah artikel untuk The Society for Industrial and Organizational Psychology.

 

Apa Saja Poin dalam SMART Goals?

SMART pada dasarnya merupakan akronim. Oleh karenanya, terdapat 5 poin yang menjadi isi dan penjelasan dari metode ini, yakni

 

  • S – Specific (Spesifik)

Spesifik berarti kita dapat menentukan apa yang ingin kita capai, dan mampu secara rinci menentukan 5W + 1H (what, where, when, why, who, dan how) dari proyek yang sedang kita kerjakan.

 

Contohnya, dalam membuat sebuah social project berbasis online, kita secara spesifik harus mampu menjawab beberapa pertanyaan ini:

  • Mengapa social project ini harus dilaksanakan?
  • Siapa yang bertanggung jawab atas berjalannya program?
  • Kapan kita akan memulai project ini?

 

1. M – Measurable (Terukur)

Dalam membuat sebuah proyek, kita harus memiliki standar pengukuran dan target yang jelas agar mampu mengukur kemajuan sekaligus performa yang ada.

 

Contohnya adalah, kita menargetkan bahwa terdapat 500 orang yang mengikuti akun media sosial dari social project tersebut pada periode bulan tertentu.

 

  • A- Achievable (Dapat Dicapai)

Poin ini adalah tentang betapa pentingnya tujuan ini dan apa yang dapat kita lakukan untuk membuatnya dapat dicapai meskipun mungkin memerlukan pengembangan keterampilan baru. 

Contohnya adalah perluasan media sosial social project ini dapat dilakukan dengan cara rutin membagikan konten dan membuat iklan digital di berbagai platform.

2. R – Relevant (Relevan)

Relevan di sini dimaksudkan pada kesesuaian dengan kondisi yang terjadi sehingga realistis dan masuk akal untuk diwujudkan. Relevansi ini dapat mengacu pada tren, kondisi sasaran, dan keadaan yang sedang dihadapi.

 

Contohnya adalah ketika memilih media sosial yang tepat dalam menyosialisasikan program social project tersebut. Pilihan ini perlu disesuaikan dengan target pasar, dampak yang ingin dihasilkan, dan tujuan social project itu sendiri.

 

  • T – Time bound (Tepat Waktu)

Poin paling penting dalam setiap perencanaan adalah berhasil mengelola waktu. Dalam hal ini adalah menentukan tenggat waktu tujuan dan apa saja yang dapat dicapai dalam jangka waktu tersebut. 

 

Contohnya adalah menentukan periode tertentu untuk meninjau keberhasilan social project tersebut.

 

Keuntungan menggunakan SMART Goals

  • Segala perencanaan dan penetapan tujuan menjadi lebih terarah
  • Mampu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan
  • Mampu memaksimalkan segala sumber daya yang dimiliki

 

Kekurangan menggunakan SMART Goals

  • Membatasi kreativitas 
  • Tidak memiliki antisipasi strategi lain
  • Pendekatan yang terlalu ambisius dan sulit diterapkan di hal lain

 

Referensi:

Boogaard, K. (2019, January 25). Write achievable goals with the SMART goals framework. Work Life by Atlassian; Atlassian. Diperoleh dari https://www.atlassian.com/blog/productivity/how-to-write-smart-goals 

Corporate finance institute. (2018). SMART goal – definition, guide, and importance of goal setting. Corporate Finance Institute. Diperoleh dari https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/smart-goal/

Haughey, D. (2010). SMART goals. Project Smart. Diperoleh dari https://www.projectsmart.co.uk/smart-goals.php

Lawlor, K. B. (2012). Smart goals: How the application of smart goals can contribute to achievement of student learning outcomes. Developments in Business Simulation and Experiential Learning: Proceedings of the Annual ABSEL Conference, 39(0). Diperoleh dari https://journals.tdl.org/absel/index.php/absel/article/view/90/86 

 

Photo by: Anna Shvet

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.