GagasanHeadlineKarakter Wajib Pemimpin Ideal di Masa VUCA

Avatar Pemimpin.IDSeptember 6, 202196
tomasz-frankowski-kBUfvkbFIoE-unsplash

Oleh: Jihan Anggie Noviary / 10 Besar Artikel Pemenang Pemimpin.id Content Creator Contest

ABSTRAK | Ketika memilih pemimpin, orang seperti apa yang ada di benak Anda? Apakah suka membantu dan ramah? Atau mungkin, tegas dan disiplin? Jawabanmu menggambarkan pemahaman dan pengalaman kamu akan kepemimpinan. Melalui jawaban tersebut, Kamu juga akan mengetahui karakter apa yang sesungguhnya Anda inginkan dan harapkan, atau pemimpin ideal versi Anda. Di era baru yang sangat dinamis, tentu saja versi ideal ini juga ‘bergerak’ sesuai kebutuhan. Dengan perubahan dan pergerakan informasi yang terjadi secara sangat cepat, karakter wajib yang dibutuhkan dan dicari di masa kini adalah agile atau ketangkasan yang mengimbangi arus tersebut.

Dalam berorganisasi, pemimpin bukan ‘hanya’ seseorang yang bertanggung jawab atas kelangsungan tujuan, visi, dan misi yang telah ditentukan, tapi pemimpin juga harus mampu melibatkan diri dan merangkul dengan baik dalam tim. Sama seperti eksternal, aspek internal tentu tersusun akan individu yang variatif dan unik dengan karakter masing-masing. Dengan demikian, sebagai seorang pemimpin, mampu bekerja sama memang penting, namun tidaklah cukup untuk menjadi indikator pemimpin yang ideal. Khususnya dengan pandemi COVID-19 yang sukses mengubah kebiasaan sehari-hari, hal ini jelas berdampak pada aspek kepemimpinan sekarang. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang karakter ideal, terlebih dulu yang harus dipahami adalah penjelasan tentang ciri kehidupan di masa kini.

Apakah Nama dan Kondisi Era di Masa Kini?

Menurut Jimmy Sudirgo, seorang leadership coach, kita sekarang hidup di era VUCA. VUCA merupakan fenomena yang menggambarkan situasi dunia sedang mengalami perubahan sangat cepat dan cenderung tidak bisa ditebak. Lebih dalam, VUCA terdiri dari empat aspek, yakni:

  1. Volatility: Perubahan yang sangat cepat terjadi.Jika Kamu melihat sosial media Kamu sekarang, kamu akan mengetahui bahwa selalu ada berita baru yang terjadi. Arus informasi berjalan dengan begitu cepat.
  2. Uncertainty: Ketidakpastian. Kurangnya kecepatan kita untuk memprediksi segala peristiwa yang akan terjadi. Di era ini, ada banyak sekali kasus dimana kita kekurangan waktu yang dibutuhkan untuk mencari solusi. Kita menjadi ragu karena belum mengenal secara mendalam masalah yang terjadi.
  3. Complexity: Kompleksnya situasi dan masalah yang dihadapi. Masalah baru yang kompleks, jelas membutuhkan kita untuk memutar otak untuk mencari solusi. Kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah terus menerus harus digunakan untuk membuat strategi.
  4. Ambiguity: Semua serba tidak jelas alias bias. Dengan informasi yang mengalir deras, dampak buruk yang ditimbulkan adalah informasi yang tidak lagi jelas. Headline yang menyesatkan dan pembahasan yang tidak akurat, membuat informasi semakin rancu. Hal ini akan diperburuk dengan kemampuan literasi digital yang rendah.

Bagaimana Karakter Pemimpin Ideal di Era VUCA?

Dengan banyaknya tantangan, pemimpin yang baik juga harus beradaptasi dalam menghadapi tantangan tersebut. Sebuah studi menyatakan bahwa karakteristik pemimpin yang dibutuhkan adalah agile leadership. Hal ini juga ditegaskan dalam survei yang dilakukan, dimana sembilan puluh enam persen individu berusia 18-28 setuju bahwa karakteristik agile adalah karakter yang ideal untuk era VUCA. Secara singkat, agile leadership berasal dari agile thinking, yang bisa diartikan sebagai kemampuan untuk tetap berkembang dalam lingkungan yang mengancam. Oleh karena itu, agile leader bermakna pemimpin yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungannya.


Ciri-Ciri
Agile Leadership
  1. Adaptable, yaitu dapat bertahan dalam situasi lingkungan kompleks yang berubah-ubah. Dalam organisasi berarti siap untuk berinovasi dan menghadapi peluang maupun ancaman yang muncul. Dalam level individu, adaptable berarti terbuka pada ide baru untuk berubah ketika perubahan itu diperlukan dan berhasil untuk mengkomunikasikan ide baru tersebut pada orang di sekitar.
  2. Humble, yaitu mampu menerima feedback dan pengetahuan baru dari orang lain. Tidak membatasi diri untuk belajar sesuatu yang baru dan tetap terbuka terhadap setiap informasi baru merupakan perilaku dari humble. Menjadi humble berarti belajar untuk menerima, menyambut, dan membangkitkan pengetahuan tim untuk keuntungan organisasi
  3. Visionary, yaitu mampu untuk memilih dan meraih tujuan jangka panjang meskipun dalam jangka pendek ada kejadian yang tidak pasti. Dalam level organisasi, visionary sangat dibutuhkan untuk menentukan tujuan dari organisasi tersebut.
  4. Engaged, yaitu memiliki komunikasi yang baik dengan tim. Selalu berusaha mengerti setiap hal yang terjadi melalui komunikasi merupakan salah satu perilaku yang muncul pada aspek engaged.

Setelah membaca dan memahami karakter ideal di masa kini, bukankah sayang jika tidak kita lakukan? Tantangan akan selalu ada dan beragam, tapi menjadi pemimpin akan memberikan banyak manfaat, bagi dirimu sendiri, maupun orang lain. Satu orang saja tidak cukup, yuk, kita bersama menjadi pemimpin ideal yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan di masa kini!

Memang, tantangan di era kini sangatlah banyak. Era ini memiliki aspek volatility (volatilitas), uncertainty (ketidakpastian), complexity (kompleksitas), dan ambiguity (ambiguitas), yang tentu berpotensi menghambat pemimpin dalam keberlangsungannya. Perubahan yang cepat, kompleks, dan terus berevolusi memang mewajibkan kita untuk terus beradaptasi. Karena itu, kita harus memiliki karakteristik seperti singa yang tangkas dan lihai, atau bisa disebut agile leadership. Bukan singa yang ganas, melainkan adaptable (mudah beradaptasi), humble (rendah hati), visionary (visioner), dan juga engaged (berhubungan). Dengan begitu, pemimpin dapat melewati dan menghadapi era VUCA dengan gemilang!

 

Referensi:

Harvard Business Review. (2020). What Good Leadership Looks Like During This Pandemic. [online] Available at: https://hbr.org/2020/04/what-good-leadership-looks-like-during-this-pandemic [Accessed 16 June 2021].

Team, M.T., 2021. Pendidikan Teknologi untuk Si kecil dalam Era VUCA. Pendidikan Teknologi untuk Si kecil dalam Era VUCA | Morinaga Platinum. Available at: https://morinagaplatinum.com/id/milestone/pendidikan-teknologi-untuk-anak-era-vuc a [Accessed June 24, 2021].

Sudirgo, J., 2020. Pemimpin yang Super Agile di Tengah VUCA. [online] Available  at: <https://www.jimmysudirgo.com/post/pemimpin-yang-super-agile-di-tengah-vuca> [Accessed 15 June 2021].

WIDHIANINGTANTI, L. T. (2018). Pelatihan Agile Leadership untuk Remaja Panti Asuhan. Unika’s Psychology Journal. [Online] (Accessed 16 June 2021)

Photo by: Tomasz

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.