InspirasiIdris Ahmad, Legislator Muda DKI Jakarta Inginkan Semakin Banyak Anak Muda di Parlemen

Redaksi Pemimpin.IDNovember 8, 201959
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2019/11/Idris-Ahmad-1280x720.jpg

Memberanikan diri untuk ambil bagian di politik praktis nyatanya bukan hal yang mudah bagi Idris Ahmad. Kekuatan finansial saat itu bukan sesuatu yang bisa diandalkan, belum lagi restu dari orang tua. Meski berat, Idris tetap memberanikan diri memilih partai politik sebagai titian untuk memperjuangkan idealismenya.

Apa yang membuat mantan staff gubernur DKI Jakarta ini berani mengambil keputusan yang berisiko itu? Apa yang sebenarnya sedang dia perjuangkan?

Sejatinya, Idris memiliki latar belakang keilmuan Kesehatan Masyarakat dan lulus pada tahun 2013. Satu tahun menjalani profesi sesuai bidang keilmuannya, rupanya tak mampu memadamkan mimpi dan cita-citanya.

Di tahun 2016, Idris masuk ke salah satu partai politik dan menjadi tim profesional yang ditugaskan untuk mengembangkan organisasi kepartaian.

“Ini pilihan berat, karena yang pertama kali protes itu orang tua saya,” ungkap Idris dalam Public Seminar Ragam Asa Untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh PemimpinId bersama Forum Indonesia Muda belum lama ini.

Idris menyadari, pilihan tersebut adalah sebuah pilihan yang berisiko. Namun, pria yang pernah menjadi tim pemenangan salah satu pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berpandangan bahwa untuk membenahi bangsa, menjadi bagian dari partai politik adalah sebuah keharusan.

“Banyak orang yang mau membenahi bangsa ini, tapi pembenahan yang paling penting adalah pabrik yang memproduksi orang untuk bikin kebijakan,”tegas Idris.

Tentu saja, Alumni Universitas Indonesia itu tidak asal memilih dan memutuskan. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum akhirnya Idris bergabung dengan partai tempatnya bertugas saat ini. Salah satu nilai yang memikat hati Idris adalah tentang bagaimana partainya tersebut sangat terbuka dalam memilih anggota serta menjunjung tinggi toleransi.

Menurut Idris, partai tempatnya berkiprah saat ini selalu melihat orang bukan karena kedekatan emosional, melainkan karena orang tersebut memiliki kompetensi pada bidang yang diharapkan. Itulah yang membuat Idris merasa ada kesamaan nilai dengan wadah partisipasi politik masyarakat yang dipilihnya itu.

“Partai ini berhasil meyakinkan saya bahwa orang yang nyaleg tidak harus pakai uang dan memang terpilih seperti proses ketika kita melamar pekerjaan,” imbuhnya.

Beruntung, kesulitan finansial tidak menjadi penghalang bagi Idris untuk merealisasikan mimpinya itu. Selama proses kampanye, dia memperoleh dukungan dari gerakan akar rumput yang bernama Patungan Solidaritas Idris Ahmad.

Saat ini, Idris menjabat sebagai Ketua Fraksi DPRD DKI Jakarta setelah dilantik pada Agustus lalu. Setelah sekitar 2 bulan menjalani tugasnya sebagai politikus pengemban amanah rakyat, Idris mengakui betapa kehadiran orang muda di legislatif sangat dihargai.

Dia menyebut ada sekitar 60% anak muda di lingkungannya yang terlibat dalam membangun sistem. Itu artinya, anak muda yang punya idealisme untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, mempunyai kesempatan untuk membangun standar atau kebiasaan baru di lingkungan anggota dewan. Dia berupaya menunjukkan sikap benar yang harus diperjuangkannya dengan cara yang sederhana.

“Yang kami lakukan sebagai anak muda adalah kami datang tepat waktu. Itu hal sederhana. Harus semakin banyak anak muda yang mewarnai, jadi secara perlahan kita bisa mengubah kebiasaan terlambat menjadi tepat waktu,” ujar Idris optimistis.

Koordinator Kawal Jakarta ini mempunyai harapan agar semakin banyak anak muda yang punya kesempatan untuk berkiprah di bidang politik pada tahun 2024 nanti. Pasalnya, saat ini belum banyak tokoh politik yang mampu memberikan contoh – contoh baik, terlebih menyoal integritas. Semakin banyak orang baik di lingkungan politisi, harapan akan perubahan untuk menjadi yang lebih baik pun semakin dekat.

Bagaimana dengan kamu? Berani mencoba untuk ambil bagian di bidang ini?

Redaksi Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Deep Space | Jl. Melawai X No.9 Melawai, Kec. Kby. Baru, DKI Jakarta 12160

info@pemimpin.id

Pemimpin.ID 2019