Acara PemimpinHeadlineGelar Opening Ceremony Lead The Fest 2021, Pemimpin.id angkat topik “Why New Ways of Leadership Matters?”

Avatar Pemimpin.IDAugust 14, 2021102
Annotation 2021-08-13 235810

Press Release | Saat sesi Talkshow para Pembicara bersama Hendro Fujiono sebagai moderator, Kamis (12/08/2021). Sumber (Dokumen, Rosita Wulandari)

Pemimpin.id gelar Lead The Fest 2021 dengan mengangkat tema “Leading in The New Era”. Opening Ceremony ini dilaksanakan platform Pemimpin.id University dan aplikasi Video yang merupakan media streaming resmi dari Lead The Fest 2021. Lead The Fest 2021 digelar dengan kemasan menarik, dimana pada platform Pemimpin.id University peserta dapat berkeliling dan mencari tau lebih jauh mengenai rangkaian Lead The Fest ke depannya. Selain itu, pada platform tersebut peserta juga dapat melihat dan mengakses mengenai program-program yang diadakan oleh Pemimpin.id. 

Pada Rabu (12/08/2021) Pemimpin.id mengadakan Opening Ceremony Lead The Fest 2021 dengan membawakan topik “Why New Ways of Leadership Matters?”. Pada Opening Ceremony Lead The Fest ini menghadirkan pembicara yang sangat luar biasa yaitu Kuntoro Mangkusubroto selaku Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (2010 – 2014), Sarwono Kusumaatmadja selaku Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia 1999 – 2001) dan Seorang wanita hebat Butet Manurung selaku Direktur Sokola Institute. 

Acara talkshow ini dimulai dengan pembukaan oleh Hendro Fujiono selaku moderator, dimana disini Hendro Fujiono menyampaikan pesan luar biasa dari salah satu anaknya yang masih duduk kelas 3 Sekolah Dasar “Dad, bilang sama audience ya, leadership itu harus lebih banyak mendengar.” ujar Hendro Fujiono menyampaikan pesan dari anaknya. Salah satu bahasan yang dibahas yaitu mengenai pandangan dari para pembicara mengenai “Seberapa penting menghidupkan nilai kepemimpinan di masa pandemi ?”. Semua pembicara mengemukakan pandanganya masing-masing yang begitu relevan dengan masa sekarang, salah pembicara mengatakan, “Betul tadi pemimpin itu harus pandai mendengar, tapi dia juga harus pandai menempatkan dirinya sehingga dia punya penglihatan yang menyeluruh terhadap apa yang terjadi.” pandangan Sarwono Kusumaatmadja mengenai pemimpin masa pandemi. Rasa empati, belajar dari orang-orang adat merupakan salah satu cara pemimpin yang baik dalam memperlakukan anggotanya. 

Sesi diakhiri dengan pesan semangat dari para pembicara untuk para Pemimpin Muda “Ini adalah waktunya untuk bisa memahami bagaimana sebetulnya pemandangan yang akan dihadapi sebagai pemimpin atau untuk menjadi pemimpin. Perbaiki semuanya buatlah yang terbaik di dalam kotak yang anda miliki sekarang yang anda kuasai sekarang. Andai kata anda bisa lakukan yang terbaik, maka pasti ada sesuatu diluar kekuasaan anda yang akan membuat anda memiliki tantangan yang besar lagi, tantangan yang besar dari waktu ke waktu ini adalah jalur menjadi pemimpin.” Ungkapan pesan Kuntoro Mangkusubroto di akhir sesi. 

 

Rosita Wulandari || Pondok Inpirasi

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.