hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Pemimpin Muda, Waktunya Berbagi Peran!

Bagikan ke

Oleh Fatah Akbar (Website Content Writer Volunteer)

ABSTRAK | Banyak orang menganggap jika seorang pemimpin memiliki peran untuk mengatur dan menyuruh anggotanya saja. Tapi kenyataannya tidak demikian. seorang pemimpin yang baik selalu bekerja bersama dengan tim.

Pemimpin bukan hanya sekadar orang yang bisa selalu bersantai. Ada berbagai macam peranan yang dimiliki oleh seorang pemimpin dalam mencapai tujuan organisasi bersama rekan-rekannya.

Sadar akan tanggung jawab yang begitu besar, pemimpin sekalipun tidak sanggup mengerjakan seorang diri, ia butuh tim untuk bisa meringankan beban pekerjaan. Tapi apakah setelah itu ia bisa tenang sejenak?

Belum, pemimpin perlu meninjau dan harus siap multitasking dalam menerima, memberikan instruksi, mengawasi, menyemangati, membimbing, kerja bersama, dan masih banyak lagi. Karena berorientasi pada tujuan, ada tujuh peranan dasar bagi seorang pemimpin.

Peranan Pemimpin Lebih dari Sekadar Mengarahkan

Pemimpin Muda – Ketika kamu mendengar kata “organisasi”, apa yang terbayang di benak pikiranmu? Sekumpulan orang yang selalu rapat? Aktivis non-akademik? Atau orang-orang terkenal?

Semua itu benar, kalau kita melihat dari segi fakta menarik. Tapi tahukah kamu jika kita membahas berdasarkan perspektif kerjasama, mulai dari pimpinan sampai anggota, semua harus terlibat dalam menyelesaikan persoalan tertentu.

Sebagai orang yang menjadi “kepala” anggota, seorang pemimpin tentu tidak dapat bekerja sendirian. Ia harus tahu bagaimana caranya mengarahkan tim untuk bisa bekerja sama. Memang tidak mudah, karena setiap individu mempunyai karakteristik berbeda-beda.

Pemimpin mesti memahami apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing anggota supaya tidak salah dalam memberikan tugas. Apakah peran pemimpin hanya sekadar mengarahkan saja?

Ada banyak tugas seorang pemimpin untuk membimbing dan menginstruksikan tim, tetapi terdapat peranan dasar seperti berikut ini:

  • Sebagai Supervisor: memiliki tanggung jawab dalam mengawasi jalannya pekerjaan tim.
  • Strategic specialist: seseorang yang mempunyai pemecahan masalah dan mengembangkan rencana untuk menyelesaikan berbagai macam tugas.
  • Komunikator kelompok: memberikan informasi secara jelas baik itu dua orang atau lebih.
  • Organizer: bertanggung jawab untuk menyusun, memberikan, dan menyimpan setiap tugas anggota yang selesai dikerjakan.
  • Pendorong tim guna mencapai tujuan: memberikan motivasi dan semangat bagi setiap individu agar bisa berjalan selaras dalam menyesuaikan visi misi organisasi.

Agar tidak tumpang tindih, pemimpin menginginkan semua anggota untuk bisa terlibat. Ada kalanya seorang pemimpin mendapati tugas ganda, di situlah ia membutuhkan bantuan dari timnya.

Peranan pemimpin mempunyai pengaruh besar bagi organisasi. Supaya kamu semakin paham akan dunia kepemimpinan khususnya diusia muda, Pemimpin.id mengajak kamu para pemimpin muda untuk mengikuti event #BerbagiPeran yang dapat diikuti oleh Pemimpin Muda seluruh Indonesia. Yuk daftarkan diri kamu melalui link berikut ini http://pemimpin.id/berbagi-peran. Jangan ketinggalan, karena akan ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan.  Info selengkapnya dapat kamu lihat di instagram @pemimpin.indonesia!

Referensi:

Indeed. 2021. 5 Roles and Responsibilities of a team leader. indeed.com

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/responsibilities-of-a-team-leader

Pemimpin.id
Author: Pemimpin.id

Follow us