hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Mudah Lelah Saat Mengerjakan Tugas? Begini 5 Cara Mengatasinya

Bagikan ke

Oleh Fatah Akbar (Website Content Writer Volunteer)

ABSTRAK | Mudah lelah ketika mengerjakan tugas disebabkan oleh beberapa faktor. Mungkin bisa disebabkan karena stres atau menganggap tugas tersebut sulit saat mengerjakannya, jadinya tugas yang kamu kerjakan tidak bisa selesai tepat waktu.

Banyak yang menganggap tugas sebagai hal yang membosankan, padahal sebagai pelajar, mengerjakan tugas adalah keharusan untuk proses pembelajaran. Karena dengan adanya tugas, akan melatih kemampuan berpikir kita dalam memecahkan masalah. Itulah mengapa tugas juga diperlukan saat kamu masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa.

Mengerjakan Tugas – Selama menempuh masa pendidikan, kamu sebagai pelajar selalu mendapatkan berbagai macam tugas dari guru maupun dosen. Setiap individu memiliki mindset yang berbeda dalam menangkap instruksi tugas tersebut. Pengerjaannya pun bisa secara individu atau kelompok.

Terutama pada tugas kelompok, walaupun hanya diberikan satu tugas, namun setiap individu mempunyai tanggung jawab untuk mengambil peranan tersendiri. Tapi pernahkah kamu merasakan lelah ketika sedang mengerjakan tugas tersebut?

Lelah yang dimaksud adalah kejenuhan, stres akibat kesulitan, dan banyaknya porsi tugas ketika baru melihatnya. Pengaruh dari mood bisa membuat kita merasakan lelah saat mengerjakan tugas meski baru menyelesaikan beberapa saja.

Adakah cara supaya kamu tetap semangat dalam mengerjakan tugas? Tentu ada dalam versi yang beragam, namun balik lagi kepada diri sendiri, apakah kamu mampu untuk berusaha menyelesaikannya atau tidak.

Yuk balikin lagi rasa semangat dengan 5 cara berikut ini untuk mengatasi rasa lelah ketika memperoleh tugas yang ingin dikerjakan.

1. Berbagi Peran Sesuai Kemampuan

Saat pembagian tugas dilakukan, pastinya kamu tidak tahu akan memperoleh bagian yang mana. Ada kalanya kamu mendapatkan tugas yang tingkatannya sulit, tetapi tidak sesuai dengan kemampuan kamu.

Kamu bisa menanyakan atau mengganti tugas yang cocok dengan kemampuan kamu. Bukan berarti kamu berharap bisa mengerjakan tugas dengan tingkat yang mudah. Karena pembagian tugas harus secara adil dan merata.

Nyatanya, tugas bisa diselesaikan dengan cepat dan efektif jika dikerjakan bersama dan memperoleh pembagian yang proporsional satu sama lain.

Misalnya terdapat lima soal dengan tiga soal studi kasus dan dua sisanya dalam bentuk hitungan. Sedangkan Kamu kebagian tugas dengan persoalan untuk menghitung, padahal kamu lebih cenderung menganalisis soal studi kasus. Maka cobalah minta untuk ganti sesuai kemampuan kamu.

2. Diskusikan dengan Jelas Apabila Masih Ada yang Belum Dipahami

Pernah mengalami stuck ketika sedang mengerjakan tugas? Atau mengalami kesulitan dengan satu soal yang kamu hadapi? Ingat dalam kelompok, kamu tidak sendirian. Ajaklah diskusi ketua kelompok atau rekan lainnya. Dengan berdiskusi, kamu akan menemukan kemudahan dari rumitnya tugas yang kamu kerjakan.

Justru melalui diskusi, kamu bisa mengembangkan insight dan ilmu baru dari penjelasan rekan yang berbeda. Kemampuan seperti ide dan kreativitas memang perlu dikembangkan, diskusi adalah langkah yang tepat untuk mempercepat penyelesaian tugas.

3. Organisir Secara Satu per Satu

Apakah kamu memiliki tugas lebih dari satu dengan deadline yang berbeda? Pernah mengalami kebingungan ingin mengerjakan yang mana dulu? Mengapa kamu tidak mengorganisir secara satu per satu?

Mengorganisir atau menyusun tugas yang mau dikerjakan akan membuat kamu rapi dalam menyelesaikannya. Perhatikan juga waktu, tentukan berapa lama kamu bisa mengerjakan tugas tersebut. Hal ini penting guna meminimalisir kebingungan atau burnout yang membuat kamu kurang produktif.

4. Tentukan Deadline dan Buatlah Konsekuensi Jika Melewatinya

Deadline adalah batas waktu yang bisa membuat kamu tidak lupa untuk segera mengerjakan tugas. Melalui batas waktu, kamu akan belajar mengelola waktu dengan baik untuk dimanfaatkan. Kamu bisa tahu bagaimana kinerja dengan menggunakan waktu secara efisien sebelum batas yang ditentukan.

Buatlah konsekuensi agar diri kamu semakin tegas bahwa tugas merupakan sesuatu yang harus dikerjakan. Apabila tidak sesuai deadline, maka ada konsekuensi seperti misalnya memajukan deadline yang semula dalam 4 hari menjadi 2 hari. Konsekuensi apapun bisa kamu terapkan entah itu tidak bermain media sosial selama tiga hari atau skip self reward.

5. Ketika Sudah Mulai Stres, Rehat Sejenak

Setiap orang punya tingkatan stres yang berbeda ketika dihadapkan dengan banyak tugas. Stres inilah yang menyebabkan mood kamu jadi berubah, alhasil kamu jadi malas mengerjakan tugas.

Ketika stres yang kamu alami sudah mencapai batasnya, mulailah rehat selama beberapa menit supaya stres itu bisa berkurang. Lalu lanjutkan kembali tugas yang harus kamu selesaikan. sembari rehat, kamu dapat melakukan meditasi atau mendengarkan musik yang menenangkan pikiranmu.

Begitulah penjelasan mengenai 5 cara mengatasi lelah dikala mengerjakan tugas. Balik lagi kepada diri sendiri, apakah kamu masih ingin tetap menunda tugas tersebut dengan alasan melelahkan atau menyelesaikan agar bisa bersantai. Tugas merupakan kewajiban kita sebagai pelajar dan mahasiswa untuk diselesaikan.

 

Referensi:

Loop Team. 2020. 7 Advantages of teamwork. Intheloop.io

https://www.intheloop.io/blog/advantages-of-teamwork/

Pemimpin.id
Author: Pemimpin.id

Follow us