hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Belajar Tanggung Jawab, Mudah Atau Sulit?

Bagikan ke

Oleh Nida Zhafira P. (Volunteer Web Content Writer)

ABSTRAK | Belajar tanggung jawab, mudah atau sulit? Pemimpin muda, akhir-akhir ini portal berita dipenuhi dengan kasus menyayat hati, yaitu perbuatan keji yang dilakukan atas dasar tidak adanya perilaku tanggung jawab oleh sang pelaku. Sebenarnya, seberapa penting sih belajar bertanggung jawab dalam kehidupan kita? Apakah belajar tanggung jawab itu sulit? Atau mudah? Simak artikel Pemimpin.id tentang belajar tanggung jawab di sini.

Sejak kecil, nilai-nilai moral selalu ditanamkan oleh orang tua kita. Salah satunya adalah perilaku bertanggung jawab. Hal-hal sederhana seperti mengembalikan barang ke tempat semula, membuang sampah pada tempatnya, sampai menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh merupakan tanggung jawab kepada diri sendiri, loh! Namun seiring berjalannya waktu dan usia kita yang semakin bertambah, nilai-nilai dari sikap bertanggung jawab itu semakin hilang. Padahal jika kita terus menanamkan sifat tanggung jawab dalam hidup kita, banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Cara Bertanggung Jawab

Berikut ini adalah cara yang tepat bagi Pemimpin Muda untuk belajar bertanggung jawab. Jangan takut jika teman-teman baru ingin belajar sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk belajar, yang terpenting adalah niat dari teman-teman untuk memulai sesuatu yang baru!

1. Berhenti Menyalahi Orang

Nah, belajar bertanggung jawab dapat dimulai dengan tidak menyalahkan orang lain dulu. Terkadang jika ada kesalahan kecil, kita seringkali saling menuduh. Mungkin menyalahkan orang lain sedikit membuat hati kita lega karena sedikit mengurangi beban. Namun jika hal tersebut terus menerus dilakukan, akan timbul permasalahan seperti victim blaming.

2. Menerima Emosi Negatif

Emosi Negatif sering kali muncul ketika kita sedang berada di titik terendah dalam hidup. Hal yang harus kamu lakukan adalah menerima emosi negatif tersebut dan jangan pernah menolak ataupun tidak mengakui bahwa teman-teman sedang sedih atau stres. Dengan menerima emosi negatif dalam diri, itu tandanya Pemimpin Muda sudah jujur kepada diri sendiri dan menjadi langkah awal untuk bertanggung jawab dengan diri sendiri.

3. Membuat Tujuan dan Mewujudkannya

Pemimpin Muda tentunya punya cita-cita atau mimpi yang ingin sekali diwujudkan, bukan? Tahu nggak sih, dengan kita merencanakan tujuan kita, merupakan salah satu cara untuk belajar bertanggung jawab, loh! Jika kita membuat tujuan tersebut, dan memiliki usaha untuk mewujudkannya, itu tandanya kita sudah bertanggung jawab dengan setiap perbuatan yang kita lakukan. Serta dengan membuat tujuan, akan membuat hidup kita lebih terarah.

Berikut tadi adalah cara-cara yang paling mudah untuk kita belajar bertanggung jawab. Jadi, belajar bertanggung jawab itu mudah atau sulit, sih? Mudah atau sulitnya kembali ke diri masing-masing ya, teman-teman. Tergantung dari niat dan tujuan teman-teman untuk berubah ke arah yang lebih baik. Jika kita berpikir bahwa bertanggung jawab adalah hal yang mudah, maka segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Hal yang paling mudah untuk belajar bertanggung jawab adalah bertanggung jawab kepada diri sendiri. Yuk, kita belajar bertanggung jawab!

Referensi: https://themindfool.com/take-responsibility-for-your-actions/

(Dok. Unsplash)

Pemimpin.id
Author: Pemimpin.id

Follow us