JurnalEveryone is a Designer

M. Ainul F.July 8, 2020120
Sumber : Kelly Sikkema – unsplash.com

Ada sebuah kesalahan umum yang banyak terjadi, tidak semua tapi banyak orang tidak sadar dengan semakin berkembangnya kebutuhan bidang pekerjaan, designer dan graphic, architetutral, airplan, ui/ux designer adalah hal yang berbeda dan kenapa sebetulnya kita semua itu adalah seorang designer. Benarkah?

Emang apa bedanya? bukannya designer itu singkatan dari nama-nama pekerjaan itu?

Ada sedikit perbedaan antara dua kata itu? ada yang sudah tau ada sudah tau. Design itu sebetulnya punya arti untuk merencanakan atau untuk mengambil sebuah keputusan dari suatu hal, baik untuk sehari-hari atau untuk membuat suatu hal, jadi sebetulnya mendesign itu untuk menunjukan gimana proses suatu hal itu bisa sampai diujungnya
sedangkan graphic, architectural, ui/ux, motion designer adalah process pemecahan masalah sebuah masalah komunikasi secara visual bisa berupa dengan menggunakan font font yang sesuai untuk kegunaan poster, bisa berupa hasil photography, bisa pakai iconography atau juga pakai illustration. Jadi sebenarnya semua orang adalah seorang designer, karena apa yang biasa kita lakukan setiap hari itu adalah proses. Okeey? sudah merasa memiliki rasa rasa jiwa artisticnya muncul?

Jadi secara tidak sadar, Desain sebetulnya ada di sekililing kita, contohnya gini, kita biasa buat kekantor itu melalui banyak tahapan, bener tidak? Dari bangun tidur mulai duduk dulu, ngumpulin nyawa, kemudian beranjak ke kamar mandi, kemudian bersiap pakai baju, menyisir rambut, nyisir dari kanan dulu kemudian sisi kiri, selama proses itu kita sedang mendesain gimana hari kita hari ini.
Desain sebetulnya merupakan cara atau proses memecahkan sebuah masalah, sadar gak kenapa pintu pintu mal itu yang tangga tangga emergency pintunya dibukanya dari dalam keluar diakhir dan disetiap lain dibuka dari luar kedalam, bukan kebalikannya?
Jadi ada proses berpikir disitu gimana kita situasi dalam emergency terjadi, gimana cara tercepatnya ketika seseorang sedang dalam kondisi emergency dan beramaian pergerakan pintu ini ngikutin reaksi orang jadi ada desain keputusan dalam penentuan pembuatan pintu mall itu. Tidakgimana buat pintunya indah, gimana buat gangang pintunya terlihat cantik, tapi sampai ini gagang pintu nanti ditekan atau diputar atau didorong kebawah?

Desain sebetulnya adalah bercerita, karena setiap hal yang kita lakukan pasti ada proses dari permulaan proses mungkin sesederhana seperti tadi kita bangun pagi, kemudian bersiap kekantor untuk pergi berkendara atau pakai kendaraan umum, dan penutup dimana kita balik dari kantor mau makan dulu atau langsung pulang, karena semuanya sebetulnya adalah sebuah proses

Dalam menyusun sebuah strategi seperti misalnya kak ara mengenai marketing, ada namanya design thinking, padahal cuma mikir ini, kenapa harus di design dulu, apakah otak kita harus diwarnain atau otak kita harus dikasih bunga bungan biar indah, padahal yang dimaksud desain disini adalah proses berpikir kita dari awal menentukan siapa aja client dan apa tujuannya, sampai jadi sebuah desain visual yang sesuai dengan audience audience

Jadi semuanya yang kita lakukan sebetulnya adalah mendesain, steve job juga ngejelasin

Kebanyakan orang itu salah mengartikan desain itu gimana, kebanyakan orang berpikir desain itu cuma bungkus doang, gimana misalnya seseorang ketemu desainer, dia cuma mukir ini ada kotak parcel misalnya, tolong dibikinkan jadi bagus. padahal desain bukan itu, tapi gimana prosessnya ketika seseorang ngebuat dan mikirin kotaknya berguna.

M. Ainul F.

Pemimpin.ID 2019 - 2020