HeadlineLeadership ReviewBelum Ada Pengalaman? Ini Tips Bergabung Volunteering

Avatar Pemimpin.IDMay 9, 2021741
anna-earl-QSkpdU1kArU-unsplash

Oleh: Noviana Janet

ABSTRAK Kegiatan volunteering saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh banyak mahasiswa dan anak muda lainnya. Volunteering ramai dibicarakan karena kegiatan ini dapat dijadikan ajang untuk meng-upgrade kualitas diri dan CV profesional mereka selama pandemi. Di antara banyaknya yang bergabung volunteering ada banyak pemula yang ingin bergabung, tetapi masih ragu karena belum memiliki pengalaman.

Pandemi membuat banyak mahasiswa dan anak muda lainnya mencoba meng-upgrade diri, salah satu caranya dengan mengikuti volunteering. Keadaan serba daring selama pandemi memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan anak muda lainnya untuk mengikuti banyak hal sembari melakukan kegiatan utamanya, seperti kuliah dan bekerja. Keadaan serba daring membuat kita dapat melakukan volunteering dari rumah tanpa harus bepergian. Dibandingkan dengan kegiatan magang atau internship, volunteering dinilai memiliki persaingan yang lebih longgar untuk bergabung di dalamnya. 

 

Apa itu Volunteering?

Volunteering atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti menjadi sukarelawan, yaitu kegiatan melakukan sesuatu dengan sukarela atau tanpa imbalan. Menjadi sukarelawan berarti memberikan waktu dan kemampuan yang kita miliki untuk membantu orang lain melalui organisasi non-profit, komunitas atau wadah lainnya tanpa mengharapkan imbalan keuangan. Secara sederhana, dengan menjadi sukarelawan Anda akan melakukan pelayanan untuk orang lain. Banyak organisasi, komunitas atau wadah relawan lainnya yang mengandalkan sukarelawan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan panjang mereka. Bagi diri  sendiri, volunteering dapat dijadikan ajang untuk memberikan waktu, keterampilan, dan sumber daya yang kita miliki untuk membuat orang lain terbantu. 

 

Menjadi sukarelawan berarti memberikan waktu dan kemampuan yang Anda miliki untuk membantu orang lain melalui organisasi non-profit atau nirlaba tanpa mengharapkan imbalan keuangan.

 

Manfaat Ikut Volunteering

Meskipun tidak akan mendapatkan imbalan materi dari kegiatan volunteering, ada banyak manfaat yang bisa dapatkan selama menjadi sukarelawan. Menurut Geani Budiningsih Istira, salah satu relawan yang sudah berkontribusi selama 6 bulan di Pemimpin.id, volunteering memberikan manfaat yang banyak bagi dirinya. Gea, sapaan Geani Budiningsih, menuturkan bahwa dengan mengikuti kegiatan volunteering dapat membantu di masa depan. Kegiatan volunteering akan membantu kita pada karier karena volunteering termasuk salah satu poin yang dapat ditambahkan untuk CV profesional. Selain itu, volunteering akan membuat kita paham bagaimana dunia professional berjalan, value yang berbeda di setiap organisasi atau komunitas, dan mengembangkan kemampuan yang dapat meningkatkan prospek kerja. 

Bergabung dengan kegiatan volunteering juga akan membuat kita menemui banyak teman baru dan relasi. Bertemu dengan orang-orang baru yang beragam pemikiran, tetapi memiliki tujuan bersama yaitu membantu orang lain. Mereka mungkin akan menjadi partner, relasi, atau teman di masa depan. 

Bergabung dengan volunteering akan membawa kita menemui komunitas yang belum pernah ditemui sebelumnya.  Kita akan mendapatkan kesempatan belajar tentang budaya, cara hidup, dan pengalaman yang berbeda dengan yang kita miliki. Hal ini akan meningkatkan keterampilan sosial dan meningkatkan kepekaan an isu-isu di luar kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana seorang pemula dapat memulai untuk bergabung volunteering?

 

Tips Pemula Bergabung Volunteering

Sebagai seorang pemula seringkali kita ragu untuk mulai mencoba bergabung volunteering. Perasaan ragu bahwa kita tidak memenuhi kualifikasi yang dicari, kebingungan dalam berinteraksi, dan bingung dalam menggunakan pengalaman yang dimiliki seringkali menjadi alasan kita belum juga memulai volunteering. Padahal, sebenarnya hal itu hanya asumsi kita belaka. Supaya tidak ragu lagi untuk mulai bergabung kegiatan volunteering, berikut adalah tips yang Gea berikan:

    1. Pertama, pilihlah divisi dan job desc yang memang sesuai dengan kemauan dan dengan kemampuan kita. Pilih open recruitment yang sesuai dengan apa yang membuat kita enjoy, apa yang ingin kita capai, dan apa yang sanggup kita berikan.
    2. Kedua, siapkan CV atau resume dan portofolio sebagai bentuk informasi pengalaman organisasi dan pengalaman pekerjaan kita. Sebelum memulai untuk mendaftar volunteering, siapkan CV dan portofolio agar pada saat memulai mencari open recruitment volunteer kita tidak keteteran.
    3. Ketiga, PD! Walaupun ragu, go for it! Cobalah untuk tidak memikirkan penolakan. Jangan takut dan berpikir kalau kita akan underqualified, tetapi jangan lupa untuk melakukan persiapan agar terlihat lebih siap. 
    4. Terakhir, jangan pikirkan soal imbalan materi. Karna volunteering itu panggilan hati dan sukarela, jadi jangan banyak berharap akan imbalan berupa keuangan. Sebaliknya, ambillah ilmu dan nilai sebanyak-banyaknya dari kegiatan volunteer tersebut yang di masa depan akan memberikan manfaat untuk kita. 

Volunteering berarti memberikan waktu dan kemampuan yang kita miliki untuk membantu orang lain melalui organisasi non-profit atau nirlaba tanpa mengharapkan imbalan keuangan. Volunteering memiliki banyak manfaat salah satunya adalah menambahkan point plus untuk CV profesional. Beberapa tips yang bisa kita terapkan sebelum memulai bergabung volunteering adalah pilihlah divisi dan job desc yang sesuai dengan kemauan dan dengan kemampuan, siapkan CV dan portofolio sebelum mendaftar volunteering, jangan takut dan berpikir kalau kita akan underqualified, dan jangan pikirkan soal imbalan materi. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk mencoba menjadi bagian volunteering ya!

 

Referensi:

Rominger, A. (2020). Why Volunteer? The 7 Benefits of Volunteering that Will Inspire You to Act. [online] Grow Ensemble. Available at: https://growensemble.com/why-volunteer/ [Accessed 26 Apr. 2021].

 

Photo by: Anna Earl

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.