ArtikelPra Acara Youth Innovation Festival (YIF) 2022 di Bogor – Points of You: Momen Reflektif Bagi Pemimpin Muda

Avatar Pemimpin IndonesiaMay 24, 2022151
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/05/DSC01883-1280x853.jpg

Di antara serangkaian kegiatan Youth Innovation Festival (YIF) 2022 terdapat pra acara yang dilaksanakan di 3 wilayah berbeda, salah satunya Kota Bogor atau tepatnya di Bogor Creative Center pada Minggu, 15 Mei lalu. Bagi Pemimpin Muda yang turut serta, pra acara ini menjadi momen bagi mereka untuk menengok ke dalam diri sendiri sebelum membawa dampak untuk dunia.

Tepat di pukul 10.30 WIB, setelah sekitar 50 orang dari 25 komunitas berkegiatan sejak acara dibuka di paginya dengan sambutan dari CPO Pemimpin.id sekaligus ketua Youth Innovation Festival, Zensa Rahman; mereka diminta untuk berkumpul dan membentuk kelompok.

Mereka diajak untuk memahami potensi diri dan kontribusi yang dilakukan untuk lingkungan dengan cara yang menarik. Kemudian sesi tersebut mereka tutup dengan menulis surat yang berisi refleksi peran beserta harapan-harapan tentang kontribusi yang sudah, sedang, dan akan mereka lakukan.

Ke depannya, para peserta akan melihat surat-surat tersebut di dalam sebuah antologi buku dengan judul “Semua Ambil Peran”. Buku ini akan terbit pada acara utama YIF di 10 Juli 2022 mendatang.

Dengan begitu, Peserta yang hadir dan turut berproses dalam pra acara YIF 2022 yang dilaksanakan di Bogor tersebut diharapkan dapat menyebar semangat #SemuaAmbilPeran, terutama kepada komunitas-komunitas di sekitar mereka.

Youth Innovation Festival sendiri merupakan rangkaian kegiatan anak muda nasional untuk menunjukkan inovasi, pemikiran, serta karya mereka dengan mengusung 4 area prioritas dari Youth 20 (Y20) berikut ini:

  1. Planet yang Layak Huni dan Berkelanjutan
  2. Transformasi Digital
  3. Ketenagakerjaan Pemuda
  4. Keberagaman dan Inklusi

Tujuan dari Youth Innovation Festival (YIF) 2022 yang dilaksanakan di Bogor Creative Center ini guna mendukung pergerakan anak muda dengan sudut pandang dan inspirasi yang baru. Sedangkan pra acara YIF 2022 yang telah dilaksanakan di Bogor bersama Point’s of You Indonesia ditujukan untuk memeriahkan Y20 di Jawa Barat. Pun tak lupa turut hadir Drs. Herry Karnadi, M.Si., Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor; RPM. Ageng Isman, S.E, M.M., Analis Kebijakan Muda Dispora Kota Bogor; I Ketut Wiriada. S.Sos., M.S., Kepala Bidang Layanan Kepemudaan; Drs. Embun Pragnyamartha, M.M., Kepala Bidang Sarana dan Prasarana; serta Riza Rahman, S.STP, Kepala Seksi Kepeloporan Pemuda.

Dengan berakhirnya salah satu dari rangkaian acara YIF 2022 yang terlaksana di Bogor ini, Pemimpin.id berharap, setelah menjalani momen reflektif, Pemimpin Muda bisa menularkan semangat diri ke dunia melalui kontribusi yang akan dan telah diberikan ke depannya, baik di acara ini atau di manapun Pemimpin Muda berada. Semangat, ya!