Pemimpin.id bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia Adakan Diskusi tentang Peran Generasi Muda bagi Masa Depan melalui Webinar Teras Belajar

Bagikan ke

Jakarta, 22 Mei 2023 – Generasi muda, generasi yang di pundaknya diletakkan berbagai harapan. Menjadi agent of change, menjadi generasi emas, menjadi pemimpin masa depan, dan banyak harapan lainnya yang disematkan di pundak kita, generasi muda Indonesia. Namun, bagaimana cara generasi muda kita mewujudkan impian-impian besar tersebut? Masalah ini menggerakan Pemimpin.id bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia untuk mengadakan acara Teras Belajar, talkshow online interaktif yang membahas mengenai “Youth of Today, Leaders of Tomorrow”.

Teras Belajar kali ini mengundang empat teman bicara / narasumber, yaitu La Ode Mutakhir Bolu (Caretaker Alumni PPI Dunia), Teuku Reiza Yuanda (Head of Operation Jaringan Alumni Luar Negeri), Muhammad Dhafi Iskandar (Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Prancis Indonesia), dan Febry H. J. Dien, Ph.D (Presidium Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia). Acara ini dilaksanakan secara daring pada Kamis, 18 Mei 2023 dan dipandu oleh Astri Noviani selaku Strategic Partnerships Pemimpin.id.

Dalam kesempatan tersebut, La Ode Mutakhir Bolu menyampaikan pentingnya untuk memulai kolaborasi sedari dini. Hal ini mungkin terdengar mudah untuk diucapkan, tetapi pada implementasinya masih sering kurang maksimal. Maka daripada itu, generasi muda harus mulai membiasakan diri untuk bekerja sama di lingkungan yang divergen agar bisa saling melengkapi.

Hal yang sama disampaikan pula oleh Dhafi Iskandar yang menekankan pentingnya untuk generasi muda agar bisa terbuka untuk belajar dari mana saja dan belajar apa saja agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Teuku Reiza Yuanda juga menyambung hal yang disampaikan Dhafi, menurutnya hal-hal yang bisa generasi muda lakukan sejak saat ini adalah membangun tujuan hidup yang jelas, bukan hanya sekadar tujuan jangka pendek, tetapi tujuan jangka panjang yang tinggi dan jelas. Dalam mencapai tujuan tersebut, kita juga harus bisa belajar dari kegagalan agar terus bisa bertumbuh dan jadi lebih maju.

Terakhir, Febry Dien menitipkan pesan pada generasi muda yang akan menjadi pemimpin bahwa anak muda perlu belajar untuk berorganisasi yang baik karena banyak pengalaman di organisasi yang bisa kita gunakan saat di dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari.

Acara Teras Belajar bersama PPI Dunia ini sukses berjalan dengan meriah, terlihat dari antusiasme pertanyaan peserta yang bergantian bertanya kepada para teman bicara. Pemimpin.id bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia berharap acara ini bisa menginspirasi generasi muda baik yang ada di dalam dan di luar negeri untuk terus berusaha menjadi pemimpin yang baik yang bisa memberi dampak positif bagi bangsa dan negara.

Tentang Pemimpin.id

Pemimpin.id adalah social startup yang percaya bahwa semua orang adalah pemimpin, dan kepemimpinan bisa dipelajari semua orang. Pemimpin.id hadir dalam 3 lini, yakni media, training, dan community. Dengan berbagai kegiatan baik offline maupun online, Pemimpin.id berharap dapat menciptakan ekosistem kepemimpinan yang inklusif, efektif, dan memberdayakan.  Teras Belajar adalah program bulanan Pemimpin.id dalam bentuk online talkshow untuk belajar, berbagi, dan berdiskusi mengenai topik-topik pemuda dan kepemimpinan.

Narahubung:
Astri (Strategic Partnership Pemimpin.id)
astri@pemimpin.id
+62813-8629-5330 

Pemimpin.id
Author: Pemimpin.id

Follow us