ArtikelPemimpin.id dan Pemuda Indonesia yang Mendunia

Avatar Pemimpin IndonesiaApril 13, 2022631
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/04/Screenshot-2022-03-23-112836-1280x709.png

Bu Susi bersama mahasiswa Columbia University

Oleh: I Ketut Satya Wirayudhana, Content Manager Intern Pemimpin.id

ABSTRAK  Pemimpin.id berusaha untuk selalu dekat dengan pemuda Indonesia dimanapun mereka berada, termasuk dengan mereka yang sedang berkuliah di luar negeri. Di kesempatan kali ini,  Bu Susi Boediman-Soemardi, Ketua Dewan Pembina Pemimpin.id yang sedang berada di New York, Amerika Serikat, menyempatkan diri bertemu dengan mahasiswa Indonesia di dua sekolah ternama di Timur Amerika, Columbia University, New York dan  University of Pennsylvania, Philadelphia. Mereka makan bersama dengan mengangkat topik pembicaraan “Menuju Indonesia 2045”. Topik yang terasa berat, tetapi dengan berbungkus obrolan santai sambil makan siang, diskusi tersebut berlangsung hangat dan menyenangkan.  

Pertemuan itu dimulai dengan Bu Susi memperkenalkan diri dan juga memperkenalkan Pemimpin.id. Nama Pemimpin.id ternyata bukan nama yang asing bagi beberapa mahasiswa Indonesia di Columbia University. Ini karena ada beberapa mahasiswa yang pernah berkolaborasi dengan Pemimpin.id.  Ada Hendri P. Martasari, lulusan program ASN Academy batch 1, ada Rendy Padmanaba yang merekomendasikan pemimpin.id sebagai salah satu referensi belajar mengenai kepemimpinan di bukunya Raih Beasiswa S2 Luar Negeri, dan ada Benarivo yang merupakan Chief Operating Officer Pemimpin.id sebelum berangkat melanjutkan pendidikan di sekolah terkemuka ini.

Dibantu oleh Benarivo, Bu Susi mengajak 5 mahasiswa Indonesia lainnya untuk ikut makan bareng siang itu di rumah makan Asia dekat kampus. Mereka adalah : Rendy, Hanna, Hilya, Lili, dan Vincent. Setelah setiap orang memperkenalkan latar belakang pendidikan mereka, kemudian Bu Susi minta untuk masing-masing menyampaikan pandangan mereka akan kesiapan Indonesia meraih Indonesia Emas di 2045 nanti. Memang, ngobrolin masa depan suatu bangsa tidak sederhana.  Namun, dengan topik yang berat itulah kita bisa melihat masa depan Indonesia. Dengan cara ini, akan terbuka pemikiran dan gagasan untuk kita semua bisa bekerja sama dan berkolaborasi membangun Indonesia yang lebih kuat.

Enam mahasiswa Indonesia di Columbia University yang ikut bergabung pada hari itu adalah:

  1. Vincent Loka :  Obama Scholar 2021/2022, Obama Foundation & Columbia Worlds Projects
  2. Hanna Raisya: Master of Arts in Curriculum & Teaching, S1 Psikologi UI, 
  3. Lili N. Indah Sari : Master of Social Work in Social Enterprise Administration,  S1 FISIP UI ; Co-President Columbia Indonesian Society
  4. S. Hilya Nabila :  Master of Arts in Global Thought, S1 FISIP UI 
  5. Rendy Padmanaba : Master of Public Administration in Technology, Media, and Communications, ASN Bea Cukai, Kemenkeu.
  6. Benarivo: Master of Science in Management Science and Engineering.

Ada hal-hal menarik yang terjadi setelah makan siang ini, misalnya Hanna dan Hilya yang sebelumnya sudah saling kenal, tetapi tidak menyadari bahwa riset mereka saling berhubungan dan sangat berpotensi saling memperkaya satu sama lain, setelah makan siang ini mereka langsung sepakat untuk kerja bareng.

Lain lagi dengan Vincent, anak Medan lulusan NUS – Singapore yang telah lama tinggal dan membangun bisnisnya di Singapura. Setelah nongkrong bareng dan mendapat insight dari percakapan di siang hari ini,  ia jadi lebih semangat  untuk mempertimbangkan serius agar bisnisnya bisa memberi dampak bagi Indonesia. Terakhir adalah Lili,  yang menyampaikan cita-citanya ingin membangun organisasi pendidikan kepemimpinan seperti Rumah Wijaya di kotanya dekat Malang, Jawa Timur.

Demikian juga dengan pertemuan bersama mahasiswa Indonesia dari University of Pennsylvania (UPENN) di kota Philadelphia, Amerika Serikat. Pertemuan ini berlangsung di apartemen yang dihuni beberapa mahasiswa Indonesia. Apartemen ini tampaknya memang khusus untuk mahasiswa, dimana tersedia ruang-ruang belajar, termasuk ruang meeting cukup besar yg bisa digunakan untuk berkumpul bersama.

Bu Susi dan para mahasiswa berkumpul sambil makan siang menu masakan dari restoran Indonesia – ada nasi kuning, Soto Betawi, lengkap dengan kerupuk dan Teh Kotak. Cukup istimewa untuk menu makan siang di negeri orang. 

Mahasiswa Indonesia di University of Pennsylvania, Philadelphia yang turut bergabung dalam obrolan ini antara lain:

  1. Jovita Tedja , Bachelor of Science in Mechanical Engineering ; President Penncasila – Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di UPENN
  2. Muh. Nuzul , Master of Science in International Educational Development
  3. Dania Rari Pratiwi , Master of Science in Non-Profit Leadership
  4. Jessie J.Thenarianto , Master of Behavioral and Decision Sciences
  5. Yusup Jamaludin , Master of Science in Education in TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages)
  6. Putri Agustinos , Master of Science in Education in TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages)

Foto bersama mahasiswa Indonesia di University of Pennsylvania, Philadelphia

Tak hanya memperkenalkan diri, mereka juga memberikan pandangan tentang Indonesia di tahun 2045. Dari hasil diskusi, tidak ada yang menyangkal bahwa Indonesia sedang berada di waktu yang sangat menarik, dan bahwa pendidikan adalah kunci untuk Indonesia menjadi lebih kuat ke depannya. 

Sungguh menarik dapat mengobrol tentang masa depan Indonesia bersama para mahasiswa di luar negeri, baik dari mahasiswa Columbia University maupun University of Pennsylvania. Di akhir obrolan, Bu Susi menawarkan kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk memanfaatkan Pemimpin.id untuk mewujudkan kontribusi mereka bagi bangsa. Ada 3 cara yang ditawarkan, yaitu:

  1. Manfaatkan Pemimpin.id untuk menyebar ilmu dan passion yang kamu  miliki agar lebih banyak orang yang mendapatkan ilmu baru
  2. Manfaatkan sumber daya Pemimpin.id untuk memperkuat risetmu, terutama yang berkaitan dengan Indonesia. Followers dan jejaring Pemimpin.id yang luas bisa menjadi basis responden yang baik untuk riset
  3. Manfaatkan organisasimu untuk berkolaborasi dengan Pemimpin.id untuk memberikan dampak yang lebih luas

Pemimpin.id percaya bahwa dimanapun, dari belahan dunia mana saja, Pemimpin Muda bisa tetap berkontribusi untuk indonesia!

Besok, enaknya Bu Susi dan Pemimpin.id jalan-jalan kemana lagi ya? 

List of Columbia Student Linkedin: 

List of University of Penn