ArtikelThe 5 AM Club: Keuntungan Bangun Pagi Bagi Pemimpin Muda

Avatar Pemimpin IndonesiaApril 26, 2022719
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/04/lazy-man-waking-up-his-bedroom-1280x854.jpg

Sumber: Freepik
Oleh: Khurotu Dini – Content Writer Volunteer

ABSTRAK ― Orang sukses itu bangun tidur jam berapa sih? Terus, apa yang mereka lakukan setelah bangun tidur? Robin Sharma dalam bukunya 5 AM Club menjelaskan teknik rahasia bernama 20/20/20 untuk mengelola hidup kamu secara keseluruhan, termasuk produktivitas, serta cara meraih kesuksesan.

Bangun Pagi Itu Wajib

Milyuner top dunia dalam buku ini mengatakan bahwa kamu harus bangun jam 5 pagi. Bangun di jam tersebut hanya dilakukan oleh 5% dari 95% orang, yang berarti posisi kamu berada di top 5%. Pada jam tersebut, otak akan lebih fokus untuk mengembangkan diri, sehingga cocok untuk menyiapkan hari kamu dengan optimal dan produktif.

4 Langkah Penting untuk Menjadi yang Terbaik

Pertama, manfaatkan bakat kamu dengan disiplin. Memiliki bakat yang hebat memang tidak menjamin kesuksesan, namun, dengan mengembangkan bakat sekecil apapun itu dengan ketekunan dan disiplin, kamu akan dapat memanfaatkannya dan mendapat keuntungan darinya. Oleh karena itu, jangan sepelekan bakatmu, ya!

Kedua, singkirkan gangguan yang biasa mendistraksi. Hal ini dapat membuat kamu lebih fokus dan berkonsentrasi. Kamu juga bisa membuat daftar kegiatan berdasarkan skala prioritas untuk mengurangi kegiatan yang kurang penting dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Ketiga, investasikan waktu untuk mengembangkan diri dengan mempelajari skill yang kamu tekuni. Caranya, luangkan 1 jam pertama setelah bangun di pagi hari untuk proses pengembangkan diri tersebut. Pada waktu ini, kamu dapat mengembangkan aspek-aspek internal dengan efektif (mindset, hearset, healthset, soulset).

Keempat, peningkatan yang konsisten setiap harinya akan membawa perubahan besar di masa depan. Ibaratnya, kamu meningkat 1% per hari, maka dalam setahun kamu akan lebih baik 365% dalam setahun.

Formula 20/20/20

Formula 20/20/20 merupakan rutinitas pagi bagi para milyuner yang ada dalam buku The 5 AM ini. Caranya, gunakan waktu 1 jam untuk mengembangkan diri di jam 5 pagi yang dibagi menjadi 3 kelompok waktu, yaitu gunakan 20 menit pertama untuk olahraga, 20 menit kedua untuk refleksi, 20 menit ketiga untuk bertumbuh.

  • 05.00 – 05.20 : olahraga untuk mengeluarkan keringat. Keringat akan membuang hormon kortisol yang berfungsi meningkatkan kemampuan sel otak.
  • 05.20 – 05.40 : refleksi, meditasi, mengisi jurnal, berdoa, dan perbaikan diri. Gunakan waktu ini untuk perenungan dan penciptaan.
  • 05.40 – 06.00 : baca buku-buku bermanfaat, dengarkan audiobook / podcast, dan tinjau kembali goal/tujuan kamu. Gunakan waktu ini untuk mengembangkan mindset dan skill.

Itulah hal-hal yang dapat kamu contoh dari buku The 5 AM Club dari Robin Sharma. Selain tips di atas, masih banyak lagi prinsip yang dapat kita tiru dari orang-orang sukses yang bangun jam 5 pagi. Kalau jam 5 pagi versi Pemimpin Muda ngapain aja nih?