ArtikelHadir dalam Focus Group Discussion V20, Pemimpin.id Yakin Nilai-Nilai Baik Sangat Penting bagi Kebangkitan Nasional

Avatar Pemimpin IndonesiaMay 20, 2022278
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/05/WhatsApp-Image-2022-05-20-at-13.41.42.jpeg

Memperingati momentum kebangkitan nasional, Values20 dalam Forum Diskusi Denpasar 12 (Edisi ke-101), bersama Nenilai, mengangkat topik Nilai-nilai Baik Untuk Indonesia Bangkit: Sebuah Renungan Kebangkitan Nasional”. FGD (Focus Group Discussion) ini menjadi webinar seri pertama dari empat webinar dalam CARNIVAL V20 2022 menekankan pentingnya berpegang kepada nilai-nilai baik, karena nilai-nilai tersebut akan memotivasi kita maju dan bergerak bersama, membangun Indonesia yang lebih baik. Diskusi ini berlangsung pada Rabu, 18 Mei 2022, pukul 14.00 WIB – 17.00 WIB

Bertindak sebagai Moderator, Dharmaji Suradika, CEO Pemimpin.id membuka kegiatan yang bertempat di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Gedung MPR RI.

Diskusi ini diawali oleh penyampaian dari Dr. Richard Barrett, Pendiri dan Direktur Barrett Academy for the Advancement of Human Values sekaligus Penggagas model Tujuh Jenjang Pendewasaan (Seven-Level of Consciousness), bahwa nilai modal sosial Indonesia berada di peringkat pertama di antara negara-negara anggota G20. Kekuatannya terletak pada penerapan nilai-nilai gotong royong. 

Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M sebagai pembicara kunci kemudian menyampaikan bahwa, fenomena runtuhnya nilai-nilai kebangsaan, mempertentangkan nilai yang tidak pernah ada sebelumnya yakni perbedaan pandangan sehingga memecah belah masyarakat. Menurutnya, perayaan Kebangkitan Nasional pada 20 Mei mendatang bisa menjadi salah satu momentum bagi kita untuk memupuk nilai-nilai bangsa mengingat, selain fenomena yang dikhawatirkannya tersebut, tantangan yang dihadapi Indonesia semakin terpampang jelas: infiltrasi budaya serta masyarakat yang terpecah belah akibat perbedaan pandangan dengan nilai yang tidak pernah ada sebelumnya.

Lestari Moerdijat juga menjelaskan dalam forum tersebut, bahwa V20 atau Values 20 merupakan komunitas global penyokong G20 dalam inisiasi, pembangunan, penguatan kembali nilai-nilai individu, komunitas, bangsa, serta komunitas universal. Pada tahun 2021; Nenilai yang merupakan inisiatif bersama dalam membangun Indonesia melalui survei identifikasi dan dialog bermakna tentang nilai-nilai penting bagi individu, komunitas, dan bangsa; ditunjuk V20 Global untuk menyelenggarakan V20 2022 untuk menyokong G20 (Group of Twenty) Presidensi Indonesia.

Selain itu, diskusi ini turut dihadiri oleh 3 pembicara dan 8 penanggap lain, diantaranya adalah:

  1. Pembicara Pertama – Dr. Richard Barrett,  Penulis, Peneliti, Penggagas Program National Values Assessment (NVA) : “Our Values and The Worldviews of Nations”
  2. Pembicara Kedua – Yudi Latif MA, Ph.D, Pakar Aliansi Kebangsaan “Perwujudan Pancasila dan Gotong Royong di Indonesia Kini”
  3. Pembicara Ketiga – Ibu Hadriani Uli Silalahi, Women20 2022 Chair: “Peran Wanita dalam Menciptakan Masyarakat Berbasis Nilai”
  4. Penanggap – Yulius S. Bulo (Direktur Operasional Pertamina Foundation)
  5. Penanggap – Najeela Shihab, (Pendiri, Sekolah Cikal dan sekolah.mu) 
  6. Penanggap – Tita Djumaryo. (Pendiri Yayasan Ganara Mari Berbagi Seni)
  7. Penanggap – Maria Kresentia, (Direktur, SPAK Indonesia – Saya Perempuan Anti Korupsi) : ‘Mari Bicara Integritas’
  8. Penanggap – Endang Suraningsih, (Ketua Bidang II Bagian Pendidikan dan Pengembangan SRIKANDI BUMN) ‘Peran Himpunan Pemimpin Perempuan dalam Memberdayakan Perempuan Indonesia’
  9. Penanggap – Niko Chandra, (Kepala Divisi Institutional Relations, Mind ID) : ‘Bisnis Berbasis Nilai untuk Kesejahteraan Semua’
  10. Penanggap – Prof. Bachtiar Ali (Anggota DPR 2014-2019, Intelektual Senior)
  11. Penanggap – Dr. M. Rahmat Yunanda, (Ketua ILUNI UI): ‘Peran Alumni Perguruan Tinggi dalam menjaga Nilai Kebhinekaan’

Forum diskusi berjalan interaktif dan menarik, karena selain berjalan secara offline untuk pada undangan, diskusi ini juga dapat diakses oleh seluruh Pemimpin Muda secara terbuka secara online. Forum diskusi ditutup oleh Saur Hutabarat yang berpandangan bahwa, gotong royong adalah korupsi secara kolektif dengan alasan berterimakasih sebagai tindakan yang telah dinormalisasikan sehingga dibutuhkan untuk memperluas keteladanan yang kolektif.

Pemimpin.id sebagai bagian dari Values20, sangat mengapresiasi diskusi Nilai-nilai Baik Untuk Indonesia Bangkit: Sebuah Renungan Kebangkitan Nasional” (Forum Diskusi Denpasar 12 (Edisi ke-101), bersama Nenilai), dan berharap segala ide baik yang baik ada dalam diskusi ini, dapat direalisasikan dan membawa Indonesia Bangkit kedepannya.