ArtikelFeedback Sandwich: Cara Memberi Feedback yang Baik untuk Anggota

Avatar Pemimpin IndonesiaMay 3, 2022898
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/04/3497822-1280x1280.jpg

Sumber: Freepik

Oleh: Khurotu Dini – Content Writer Volunteer

ABSTRAK ― Bagi Pemimpin, memberikan feedback, penilaian, dan segala interaksi antara atasan dan bawahan tentu sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Untuk itu banyak metode yang mengajarkan cara memberi feedback yang baik agar pesannya juga tersampaikan dengan baik kepada anggota. Salah satu metode yang terkenal adalah Feedback Sandwich. Kamu sudah pernah dengar, belum? Bagi yang belum tahu, metode ini bukan berarti memberi sandwich setiap menyampaikan feedback ya, sandwich disini adalah bentuk analogi dalam pemberian feedback. Yuk, simak penjelasannya!

Apa sih Feedback Sandwich itu?

“Feedback Sandwich adalah feedback atau umpan balik yang diawali dengan komentar positif, diikuti pesan utama, diakhiri dengan saran membangun serta komentar positif”. 

Jadi kamu tidak hanya menyampaikan pendapat secara to the point saja, namun diawali dan diakhiri dengan komentar positif untuk menunjukkan rasa empati sekaligus memberi impact yang baik bagi penerima feedback.

Contoh Metode Feedback Sandwich untuk Anggota

Awali dengan: “Presentasi kamu sudah bagus sekali hari ini! kamu yakin dengan materimu dan mampu memberi analisis disertai bukti yang valid”

Sisipkan “Namun, menurut saya, di slide kelima lebih baik datanya disajikan dalam bentuk grafik, dan coba pakai template perusahaan dari creative agar materimu lebih menarik dan mudah dipahami oleh klien.”

Simpulkan dengan “Sekali lagi, ini materi yang luar biasa dan sangat potensial. Setelah meningkatkan visualnya, saya yakin klien akan semakin tertarik dengan program kita. Terima kasih, good job, Tina”.

Kelebihan Metode Feedback Sandwich

  1. Mengurangi kesan “sedang” dikritik
  2. Menambah semangat anggota karena merasa diapresiasi
  3. Memungkinkan sesi pemberian feedback berakhir dengan baik
  4. Memungkinkan anggota lebih mudha mendengar pendapat kamu

Demikian adalah metode dalam memberikan feedback. Meskipun terkadang sulit menerapkannya, kamu perlu memulai untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan suportif di tempat kerjamu dimulai dari memberikan feedback yang membangun kepada para anggota.