Artikel5 Tipe Anggota yang Harus Ada di Organisasimu

Avatar Pemimpin IndonesiaApril 4, 2022783
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2022/04/group-people-working-out-business-plan-office-1280x853.jpg

Sumber: Freepik
Oleh: Yodha Ardell Ahmad, Volunteer Content Writer Pemimpin.id

ABSTRAK — Sebagai sebuah organisasi yang terstruktur dan mempunyai tujuan, maka perlu orang-orang yang relevan dalam organisasi. Ini diperlukan sebagai penyangga beberapa aspek dalam organisasi untuk memenuhi struktural dan fungsional pada posisi krusial. Pemimpin tidak bisa mengambil semua posisi sendirian, maka perlu bantuan dari anggota untuk mengisi dan bertanggung jawab pada beberapa posisi dan tugas yang ada. Ada beberapa tipe khusus yang perlu ada di organisasi sebagai bagian dari penjaga kestabilan internal untuk meraih tujuan.

Anggota Tidak Sekadar Nama

Dalam memilih anggota, diperlukan sebuah seleksi khusus untuk mencari tipe anggota secara khusus yang akan ditempatkan dalam beberapa posisi. Jadi anggota memiliki peran sebagai bagian dari posisi itu dan bertanggung jawab pada tugas dan pekerjaan yang ada. Pemimpin harus pandai dalam memilih dan menempatkan seseorang pada posisi yang strategis agar bisa berjalan maksimal. Nah, di sini akan disebutkan beberapa tipe anggota yang perlu ada di organisasimu. Yuk simak terus!

Tipe Anggota yang Diperlukan dalam Organisasi

Ada beberapa tipe anggota yang perlu ada di dalam organisasi mu, karena akan menjadi poin sangat penting dalam berjalannya internal organisasi. Berikut beberapa tipe orang yang perlu ada di organisasimu:

  1. Tipe Perencana

    Tipe ini diperlukan untuk membantu pemimpin dalam membuat tujuan dan target untuk organisasi. Sebagai sebuah organisasi tentu diperlukan tujuan dan tenggat waktu dalam mencapainya, dan ini memerlukan riset kebutuhan dan faktor pendukung untuk mengetahui apakah tujuan organisasi sudah cocok untuk kebutuhan anggota dan masyarakat kedepannya. Maka tipe ini cocok dan diperlukan pada posisi tersebut.

  2. Tipe Organizer

    Tipe ini biasanya pandai dalam mengelola kegiatan dan tugas-tugas dalam organisasi secara internal maupun eksternal. Sebagai sebuah organisasi yang memiliki tujuan, maka perlu ada tipe organizer ini untuk menata tugas, tanggung jawab dan urutan pekerjaan yang perlu dilakukan demi mencapai tujuan organisasi.

  3. Tipe Strategis


    Nah berkaitan sama tipe
    organizer, tipe strategis ini adalah rekannya. Setelah tipe organizer membuat pembagian tugas, target dan lainnya, tipe strategis lah yang akan melanjutkan. Tipe ini berguna sebagai penyusun cara, strategi dan langkah untuk menerapkan kegiatan dan tugas agar lebih efektif dalam organisasi. Ini diperlukan untuk menghemat waktu, biaya dan tenaga dari tiap anggota agar lebih mudah dalam melaksanakan proporsi tugas masing-masing.

  4. Tipe Komunikator
    Kalau udah ada rencana dan strategi, maka yang diperlukan adalah bagaimana tugas dan cara-cara tersebut bisa sampai pada anggota yang lain tanpa ada miscommunication yang menghambat jalannya tugas. Tipe ini juga diperlukan sebagai jembatan antara anggota dengan pemimpin dalam menyampaikan aspirasi, saran dan keluhan dari tiap anggota kepada pemimpin, agar lebih memudahkan dalam menata informasi dan lebih ringkas dalam penyampaian.
  5. Tipe Manajer
    Tipe ini suka sekali mengawasi perkembangan dan pencapaian dari tiap anggota, mengawasi peran setiap anggota dalam semua kegiatan organisasi. Tipe ini penting sebagai pengawas, karena dalam berjalannya organisasi, perlu pengawas untuk tiap anggota dalam melaksanakan tugasnya agar sesuai dengan target yang ditentukan oleh organizer dan memastikan tidak ada kesulitan yang dialami / kendala dalam melaksanakan tugas.

    Referensi:
    Redaksi Indeed. (March, 13, 2021). 5 Peran dan Tanggung Jawab Seorang Pemimpin Tim.
    https://www.indeed.com/career-advice/career-development/responsibilities-of-a-team-leader