Ensiklopedia PemimpinApa Perilaku Utama yang Mendefinisikan Pemimpin? (Leadership Participation Inventory)

Avatar Pemimpin.IDFebruary 14, 2021300
pexels-ketut-subiyanto-4474048

Oleh: Nurul Aulia (Volunteer Research and Development Team Pemimpin ID)

 

Apa itu Leadership Participation Inventory?

Leadership participation inventory (LPI) adalah alat ukur kepemimpinan yang mendefinisikan karakteristik penting bagi sebuah kepemimpinan yang sukses ke dalam lima perilaku utama.

 

Sejarah

Model teori ini berasal dari survei yang dikembangkan dan diterbitkan oleh James Kouzes dan Barry Posner dalam buku mereka, The Leadership Challenge (Jossey Bass Publishers, 2002).  Mereka menanyakan kepada orang-orang karakteristik pemimpin apa yang mereka kagumi dan menyebabkan mereka mengikuti. Selamat 20 tahun, mereka berhasil menanyakan hal tersebut kepada 75.000 orang. Model teori ini diasumsikan pada akhirnya dapat meningkatkan aksesibilitas dan menunjukkan nilai-nilai seorang pemimpin yang diinginkan publik. Informasi lebih lanjut untuk mengakses alat ukur kepemimpinan LPI ini dapat diakses secara daring melalui tautan ini.

 

Lima Perilaku Utama Seorang Pemimpin dalam Leadership Participation Inventory

  • Menghadapi proses dengan semangat

Pemimpin mampu melalui semua tantangan, dan mampu bereksperimen dalam menghadapi hal-hal baru. Pemimpin mampu keluar dari zona nyaman dan tidak mudah menyerah.

  • Menyampaikan visi bersama secara inspiratif

Karena visi merupakan tujuan yang harus diinternalisasi kepada anggota kelompok, pemimpin yang baik akan berusaha menyampaikan visi secara inspiratif, sehingga anggota kelompok percaya pada tujuan tersebut, dan mampu berkomitmen bersama dalam mencapainya.

  • Mempersilakan orang lain berpendapat

Poin penting dalam kepemimpinan ini adalah pemimpin yang memberi kesempatan kepada anggota kelompok untuk ambil peran dan mengemukakan pendapat, sehingga potensi dari anggota kelompok dapat lebih berdampak maksimal.

  • Menjadi panutan

Seorang pemimpin yang disukai adalah dia yang mampu langsung memberikan contoh konkret dan menjadi teladan dalam bertindak bagi anggota kelompok. 

  • Memotivasi anggota

Kelompok yang termotivasi akan memberikan hasil lebih baik. Untuk itu, pemimpin harus mampu memberi penghargaan atas kinerja dan juga memberi semangat kepada anggota kelompok agar selalu berprogress kedepannya.

 

Pro Kontra 

Pro

  • Faktor-faktor khusus yang ditanyakan dalam survei dapat digunakan untuk menilai simpati anggota grup kepada seorang pemimpin
  • Membantu dalam fokus pada masalah organisasi.
  • Dapat digunakan untuk membangun program pengembangan kepemimpinan
  • Model dapat diadaptasi, dan tidak semua faktor diperlukan untuk membangun seorang pemimpin.

Kontra

  • Dinilai terlalu subjektif karena berasal dari masing-masing individu.
  • Sulit untuk menguji model ini di berbagai situasi.
  • Masih rancu batasan antara kepemimpinan dan manajemen

Pada akhirnya, dengan segala pro kontra diatas, kelima praktik yang menjadi ciri khas leadership participation inventory ini tetap dapat direalisasikan oleh para pemimpin dan menjadi salah satu cara yang dapat digunakan apabila ingin menciptakan perubahan positif dalam kelompoknya.

Referensi

Goewey, D. F. (2012). Examining the Kouze and Posner leadership practices. Diakses pada 8 Januari 2021, melalui https://fisherpub.sjfc.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1010&context=education_etd

Kouzes, J. M., & Posner, B. (2009). To lead, create a shared vision. Harvard Business Review. Diakses pada 8 Januari 2021, melalui https://hbr.org/2009/01/to-lead-create-a-shared-vision

Leadership Participation Inventory – James Kouze and Barry Posner. (n.d.). www.Leadership-Central.com. Diakses pada 8 Januari 2021, melalui https://www.leadership-central.com/leadership-participation-inventory.html

Posner, B. (2016). Investigating the reliability and validity of the leadership practices inventory®. Administrative Sciences, 6(4), 17. Diakses pada 8 Januari 2021, melalui https://doi.org/10.3390/admsci6040017

Photo by: Ketut S

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.