ArtikelApa itu Pemimpin?

Avatar Ridwan Ardian WijayaOctober 27, 2021873
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2021/10/apa-itu-pemimpin-1280x858.png

Oleh : Fithriyah Saiidah

ABSTRAK | Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar kata “pemimpin”? Apakah seseorang yang bisa memimpin, seseorang dengan jabatan tertinggi, atau orang dalam kelompok yang mengarahkan agar terciptanya keteraturan? Bisa jadi benar, karena kita sebagai manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, maka dari itu manusia hidup berkelompok. Contohnya seperti di lingkup Rukun Tetangga, Rukun Warga, bahkan kelompok kerja dalam bentuk tim. Untuk menciptakan kerukunan dan harmonisasi antar kelompok, perlu adanya ketua yang berperan mengarahkan.

Sama halnya dalam tim. Suatu tim tidak akan lengkap jika tidak ada ketua. Ketua merupakan seorang yang menjadi pionir pergerakan dan yang mengarahkan anggota timnya, maka ketua tersebut dapat disebut pemimpin dalam tim. Tidak hanya ketua, jabatan seperti direktur dan kepala bagian juga merupakan pemimpin dalam timnya masing-masing. Namun apakah pemimpin selalu berkaitan dengan jabatan? Tentunya tidak ya karena semua orang adalah pemimpin dan pemimpin lahir dari tergeraknya hati untuk membawa perubahan melalui proses panjang. Untuk lebih jelasnya, cari tahu Apa itu Pemimpin sampai akhir yuk!

Pengertian Pemimpin

Awal kata pemimpin menurut KBBI daring adalah pimpin, artinya orang yang memimpin. Pemimpin dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, mempengaruhi orang lain dan kelompoknya. Menurut Modern Dictionary of Sociology, pemimpin adalah seseorang yang memiliki peranan atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompoknya. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Lalu bagaimana dengan jabatan seperti ketua atau kepala dalam struktur kepengurusan? Begini, ketua atau kepala adalah jabatannya; dia seorang pimpinan dalam struktur kepengurusan. Namun, belum tentu seorang ketua memiliki sifat pemimpin dalam dirinya. Jika seorang ketua atau kepala memiliki kemampuan memimpin dan mempengaruhi kelompoknya, dia dapat disebut pemimpin.

Apa bedanya pemimpin dan kepemimpinan?

Selain pemimpin, ada juga kepemimpinan. Kalau pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan memimpin, kepemimpinan adalah gaya dan karakter seorang pemimpin. Secara garis besar, peran seorang pemimpin adalah bertanggung jawab penuh dalam menggerakkan dan memotivasi anggota kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu pemimpin juga berperan sebagai pencetus ide, penyemangat kelompok, pengarah anggota, mengaktifkan anggota, mengawasi kegiatan, dan mengayomi anggotanya.

Menurut Stephen R. Covey dalam bukunya The 8th Habits, ada empat peran kepemimpinan diantaranya:

  • Modelling

Modelling adalah peran pemimpin dalam memberikan contoh yang baik kepada anggota kelompoknya. Modelling merupakan cara yang efektif untuk membentuk anggota tim hebat seperti yang seorang pemimpin inginkan karena anggota kelompoknya melihat sifat dan perbuatan baik dari pemimpinnya, sehingga mereka akan menirunya dan terciptanya budaya yang baik dalam tim.

  • Pathfinding

Peran kedua seorang pemimpin adalah penentu arah. Ia yang berperan menentukan visi, misi, dan strategi yang kemudian dibagikan kepada anggota timnya. Sangat penting seorang pemimpin menjalankan peran kepemimpinannya memastikan anggota mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai bersama.

  • Aligning

Aligning merupakan proses terus menerus bagi peran pemimpin. Dalam peran aligning, seorang pemimpin bertugas menjaga tim agar tetap sejalur dengan visi yang ingin diraih bersama. Tentunya dalam peran ini pemimpin juga melakukan pengaturan dan penyesuaian, maka perlu fleksibilitas sistem agar dapat menyesuaikan perubahan yang datang.

  • Empowering

Empowering artinya memberdayakan. Pada peran empowering, peran pemimpin fokus pada pengembangan bakat anggota, memberikan kepercayaan serta tanggung jawab, dan membantu anggota jika diperlukan.

Setelah membaca artikel di atas, kamu jadi paham apa itu pemimpin serta perannya dan bedanya pemimpin dengan kepemimpinan. Jadi pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan merupakan gaya dan karakter seorang pemimpin dalam memimpin.

Pemimpin bukan hanya tentang jabatan, pemimpin adalah tentang kemampuan seseorang dalam memimpin dan mempengaruhi. Yakinlah kita semua adalah pemimpin, kita semua diberi kemampuan untuk dapat memimpin. Jika belum berkesempatan memimpin tim, minimal memimpin untuk dirinya sendiri ke arah yang lebih baik. Semangat terus ya, Pemimpin Muda!

 

Referensi:

Ward, Susan (2020, Sept 17). What Is Leadership? Definition & Examples of Leadership. https://www.thebalancesmb.com/leadership-definition.

Theodorson, George A. (1969, Mar 1). Modern Dictionary of Sociology.

Covey, Stephen, R. (2004). The 8th Habits.

Tammara, Angga (2021, Jan 18). Apa Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan? Ternyata Ini Jawabannya!. https://www.finansialku.com/perbedaan-pemimpin-dan-kepemimpinan/

Educate Wecan (2014, Nov 16). PERAN DAN TUGAS SEORANG PEMIMPIN. https://educatewecan.wordpress.com/2014/11/16/peran-dan-tugas-seorang-pemimpin/

Dapatkan E-Book Memimpin oleh Pempimpin Indonesia GRATIS!