hari
jam
menit

9 bulan menuju 

Lead The Fest 2023

Gema Pentahelix dalam Kolaborasi Organisasi #BerbagiPeran

Bagikan ke

Bergabung dalam organisasi ataupun kepanitiaan tentunya sangat mengasyikan dan menambah pengalaman bukan? Namun ada kalanya ketika kita sedang aktifnya berorganisasi, kita merasa lelah karena mendapat limpahan tugas dan tanggung jawab yang ditugaskan sendiri dalam waktu bersamaan.

Kamukah salah satu yang merasakannya? Hayo, kamu sudah coba delegasikan tugas dan #BerbagiPeran belum? Kalau belum, yuk coba mulai dari sekarang! Kamu akan merasakan kemudahan dan keringanan dalam berproses bersama timmu. Ingin tahu kenapa? Ini dia 3 alasannya!

1. Memaksimalkan potensi

Sebuah tim pastinya diisi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan potensi yang dimiliki. Untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab bersama, coba libatkan anggota tim yang memiliki potensi berbeda. Tentunya anggota tim akan merasa harus memberikan segala tenaga dari potensi yang dimilikinya.

2. Menyatukan ide dan solusi

Obat dari pusing memikirkan sendiri masalah organisasi, ya dengan kolaborasi. Kamu bisa melibatkan banyak anggota tim untuk meminta saran ide dan solusi. Dengan merasa dilibatkan, anggota tim akan memberikan ide dan solusi terbaiknya.

3. Merasa puas

Kalau kamu merasa puas setelah sukses menunaikan tanggung jawab dan tugas, kamu akan lebih puas dan bangga ketika menyelesaikannya dengan #BerbagiPeran bersama timmu. #BerbagiPeran dalam tim akan menghadirkan sadar peran untuk saling bekerja sama, membantu dan mendukung kebutuhan bersama. Kamu juga tentunya merasa ada yang membersamai dalam setiap tujuan bersama yang ingin dicapai.

Itu tadi alasan kenapa kamu harus mulai #BerbagiPeran dan contoh kecilnya dalam lingkup organisasi yang bisa kamu terapkan. Jika sudah masuk dalam lingkup yang lebih besar, ada yang dinamakan kolaborasi pentahelix, yaitu kolaborasi berbagai pihak dari lima bidang. Diantaranya akademisi, masyarakat, pemerintahan, korporat, dan media yang merupakan kunci dari keberhasilan dan kemajuan menuju kesejahteraan.

Ingin tahu seperti apa kolaborasi pentahelix yang sesungguhnya ada di dekat kita? Yuk hadir dalam acara #BerbagiPeran untuk berdiskusi bersama dengan pembicara hebat dari berbagai pentahelix pada Sabtu, 29 Januari 2022 hanya di pemimpin.id/berbagi-peran.

Pemimpin.id
Author: Pemimpin.id

Follow us