InspirasiIni dia 7 Buku Kepemimpinan Terbaik Sepanjang Masa

Redaksi Pemimpin.IDSeptember 11, 201990
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2019/09/Buku-1280x853.jpg

Ada yang bilang, menjadi pemimpin itu adalah soal moral, bakat, dan bawaan yang ada dalam diri. Tidak semua orang bisa jadi pemimpin, karena kepemimpinan membutuhkan keahlian dan bakat tertentu. Apalagi, pemimpin erat kali dihubungkan dengan kharisma yang sudah ada sejak lahir. Tapi, jangan khawatir. Kepemimpinan itu dapat dipelajari dan dipraktikan. Kita bisa mempelajarinya dari berbagai sumber, salah satunya adalah buku-buku kepemimpinan terbaik sepanjang masa yang ada di dunia.

Bagi kalian yang sedang mempelajari tentang kepemimpinan atau sedang berusaha belajar menjadi pemimpin yang baik, yuk baca beberapa referensi buku berikut. 7 buku ini adalah pilihan yang berasal dari penulis luar negeri ataupun dalam negeri. Baca, pahami, dan coba praktikan ya!

1.   Leadership 101, Hal-Hal yang Harus Diketahui oleh Para Pemimpin oleh John C. Maxwell

Siapa yang tidak kenal dengan John C. Maxwell? Dia adalah salah satu penulis ternama di dunia yang banyak menulis buku-buku tentang leadership dan self development. Buku-buku kepemimpinan adalah salah satu tema yang juga sering dibuatnya.

Buku ini mengulas tentang hal-hal apa saja yang harus pemimpin siapkan dan bangun dalam dirinya, agar mampu memberikan pengaruh pada rekan kerja atau SDM yang dikelolanya. Misalnya saja seperti bagaimana mengajak rekan kerja agar mengikuti apa yang kita inginkan, membangun loyalitas pada pimpinan, membangun kedisiplinan, membangun karakter, hingga membangun personal identity seorang pemimpin dalam perusahaan atau organisasi.

2.   How to Win Friends and Influence People in the Digital Age oleh Dale Carnegie

Dale Carnegie adalah penulis terkenal di dunia. Buku-bukunya sudah sangat mendunia dan dijadikan banyak referensi bagi para pimpinan perusahaan atau organisasi internasional. Salah satu bukunya yang sangat fenomenal adalah How to Win Friend and Influence People di Digital Age. Sebelumnya, Dale Carnegie juga menulis tema yang sama sejak tahun 90-an. Namun kini tema ini berkembang dan menyesuaikan dengan konteks digital.

Tidak seperti zaman dulu, pemimpin berinteraksi dengan SDM atau karyawannya bukan saja di kantor, tapi di berbagai platform online atau social media. Dalam ruang interaksi tersebut, pemimpin juga harus mampu memberikan pengaruh dan menjadi orang yang dipercaya. Apalagi, di zaman yang disrupsi ini, perubahan sangat cepat terjadi, bahkan dalam hitungan hari. Untuk itu, pemimpin harus mampu menaklukkan tantangan dengan perkembangan dan teknologi informasi yang juga menyesuaikan perkembangan zaman.

3.   Smarter Faster Better: The Secrets of Being Productive in Life and Business Oleh Charles Duhigg

Sebenarnya, buku ini tidak spesifik dalam membahas teori atau praktik kepemimpinan. Namun, isi dalam buku ini adalah menggabungkan penelitian penulis dalam produktivitas dan efektivitas seseorang dalam bekerja. Sebagai pemimpin yang baik, tentunya kita harus mampu melakukan hal ini dan sebagai contoh bagi seluruh orang yang dalam rentang kendalinya.

Charles Duhigg menyajikan tulisannya mengenai produktifitas dan efektivitas bekerja dalam cerita yang menarik dan mudah untuk dipahami.

Dalam buku ini, kita juga belajar bagaimana pemimpin bisa mengelola hal kecil dan sepele namun jika dikelola dengan baik maka akan berdampak sangat signifikan bagi pekerjaan. Hal yang sering tidak terperhatikan juga adalah soal mindset. Pemimpin harus memiliki mindset yang benar terlebih dahulu sebelum dia melakukan pekerjaannya. Jika mindset nya saja sudah salah, apa yang akan terjadi selanjutnya?

4.   Originals: How Non-Conformists Move the World Oleh Adam Grant

Buku yang ditulis oleh seorang professor di Wharton School of Business ini menjawab berbagai pertanyaan tentang kepemimpinan yang perlu diketahui oleh pemimpin modern di masa kini. Beberapa pertanyaan tersebut, misalnya saja mengenai bagaimana cara bekerja secara original, kondisi apa yang membuat individu dan perusahaan untuk berinovasi, atau kondisi seperti apa yang harus dimunculkan agar ide-ide segar bisa muncul kepermukaan.

Pemimpin masa kini, bukan saja menjadi teladan atau memberikan kharismanya. Ia harus mampu memunculkan kondisi agar perusahaan terus berkembang dan terus berinovasi. Adam Grant, penulis buku, justru menuliskan hal-hal yang harus dilakukan pemimpin agar menjadi dirinya sendiri, namun tetap diterima oleh semua kalangan yang berbeda dalam perusahaannya.

5.   Change Leadership Non-Finito oleh Rhenald Kasali

Buku ini ditulis oleh akademisi dan praktisi asal Indonesia yang sudah banyak menelurkan buku-buku kepemimpinan dan self development. Dalam buku ini, profesor Rhenald menjelaskan bahwa dalam dunia sekarang ini perubahan terjadi sangat cepat dan kita berada dalam arus ketidakpastian perekonomian dunia. Tidak ada yang menjamin keamanan dan kenyamanan, namun perusahaan harus terus berubah. Namun perubahan tersebut, selalu ada resikonya.

Buku ini juga mengajarkan pemimpin untuk bisa berjuang bersama para bawahannya menggapai tujuan dan menghadapi berbagai resiko yang ada. Menjadi kekhasan tulisan yang dibuat oleh Professor Rhenald, buku ini memuat berbagai teori, penjelasan yang mendalam, memberikan mindset baru, dan berbagai cerita nyata sebagai inspirasi pembacanya.

6.   Steve Jobs oleh Walter Isaacson

Buku ini bukan ditulis oleh Steve Jobs sendiri, melainkan oleh Walter Isaacson yang telah mewawancara dan melakukan pengamatan pribadi selama tiga tahun pada Steve Jobs. Penulis berusaha mengungkap berbagai rahasia Steve Jobs dalam memimpin perusahaannya yang sangat dinamis, dimana inovasi dan ide menjadi andalannya.

Bagi para pemimpin perusahaan start up atua bisnis yang baru bermula, buku ini sangat cocok untuk dibaca. Kita bisa belajar banyak dari sosok CEO Apple untuk memulai bisnis, mengembangkan bisnis, dan bertahan di pasar yang serba dinamis. Walaupun sosoknya kini telah tiada, namun inspirasi Steve dapat kita ambil dari buku biografi satu ini.

7.   When: The Scientific Secrets of Perfect Timing oleh Daniel H. Pink

Daniel H. Pink menuliskan tentang hal-hal apa yang membuat orang bisa sukses dalam pekerjaannya dan bagaimana mereka bisa melakukan pekerjaan tersebut. Selain itu, justru yang lebih penting lagi adalah penulis mengungkapkan kapan kesuksesan tersebut bisa dicapai.

Pink, melakukan riset tentang waktu yang paling produktid selama satu hari untuk melakukan pekerjaan yang paling sulit. Ia juga mencari tahu waktu yang paling tepat untuk memulai proyek baru, dan hal-hal lainnya mengenai penentuan waktu yang berhubungan dengan kesuksesan. Buku ini juga ditulis dengan pendekatan sains untuk melihat waktu-waktu efektif kita dan bagaimana seharusnya kita mempersiapkan rutinitas sehari-hari.

Sebenarnya, masih banyak lagi buku-buku kepemimpinan yang ditulis oleh penulis dunia yang memberikan inspirasi baru bagi para pemimpin. Namun, untuk memulai dan terus meningkatkan skill kepemimpinan kita, 7 buku ini bisa kalian mulai baca satu persatu ya.

Yang lebih penting dari kepemimpinan adalah kita harus mengenal diri kita sendiri, berikut berbagai kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu praktikan dan melakukan evaluasi. Karena sungguh percuma jika kita hanya membaca dan mengetahuinya tanpa ada praktik tersendiri. Ingat, bahwa pemimpin yang berhasil di dunia ini, adalah mereka yang telah mengalami jatuh bangunnya perusahaan atau organisasi.

Jadi, sudah siap untuk menjadi pemimpin hebat?

Redaksi Pemimpin.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.

Deep Space | Jl. Melawai X No.9 Melawai, Kec. Kby. Baru, DKI Jakarta 12160

info@pemimpin.id

Pemimpin.ID 2019