5 Perbedaan Pemimpin dan Manager

Bagikan ke

Pembahasan mengenai Perbedaan Pemimpin & Manager menarik untuk dibahas karena masih ada banyak orang yang menyamakan kedua hal tersebut, padahal sebenarnya berbeda.

Seorang Manager memang memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan bawahannya. Namun, hal ini pada dasarnya tidak serta merta membuat Manager menjadi seorang Pemimpin. Dengan kata lain, seorang Manager tak selalu seorang Pemimpin. Namun apakah Anda sudah tahu sebenarnya apa saja perbedaan yang dimiliki antara Pemimpin dan Manager dalam suatu perusahaan ? Daripada bingung berikut kami berikan pembahasan mengenai perbedaan pemimpin dan manager

Tetapi sebelumnya akan kami bahas dulu tentang pengertian Pemimpin dan Manager itu apa.

 

Pengertian Pemimpin

Dalam perusahaan, pemimpin adalah seorang yang memiliki tugas serta tanggung jawab kepada perusahaan dan pemimpin juga harus bisa berpengaruh terhadap semua orang yang dipimpinnya. Dengan menjadi pemimpin perusahaan, maka Anda harus siap untuk menjadi pengayom bagi seluruh karyawan/pekerja perusahaan.

Menjadi pemimpin memang tidaklah mudah, harus menjadi seorang figur yang bisa dicontoh oleh seluruh karyawan perusahaan. Pemimpin yang baik harus berani dalam mengambil resiko dan juga mempunyai visi yang jelas terhadap perusahaan kedepannya karena dibalik seorang pemimpin ada banyak karyawan yang selalu berharap kepada setiap keputusan yang diambil.

 

Pengertian Manager

Manajer adalah seorang yang memiliki tugas untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan karyawan dalam perusahaan. Manajer juga harus memastikan bahwa semua karyawan bekerja dengan baik sesuai dengan jobdesc masing-masing .

Dalam struktur organisasi perusahaan, manager berada dibawah pemimpin. Jika dibagi lebih rinci lagi manajer memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda, tentunya tanggung jawabnya juga berbeda.

 

5 Perbedaan Pemimpin & Manager

 

1. Pemimpin memotivasi, Manager mengarahkan

Manager bertanggung jawab mengelola dan mengoordinasi tim, serta memastikan kebijakan perusahaan berlangsung sebagaimana mestinya.

Manager juga menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mencapai target tertentu, serta dapat memprediksi hasil dari langkah tersebut.

Demi memastikan semua itu berjalan mulus, seorang manager biasanya memiliki bawahan yang akan mengerjakan hal-hal operasional sehari-hari.

Manager menugaskan tugas dan memberikan panduan tentang cara menyelesaikannya.

Nah, jika seorang manager cenderung menetapkan tujuan jangka pendek, mendelegasikan tugas, menyelesaikan masalah, dan menegakkan kebijakan, apa perbedaan mereka dengan pemimpin?

Pemimpin tahu bahwa orang-orang yang bekerja untuk mereka memiliki solusi atas masalahnya atau dapat menemukannya sendiri.

Seorang pemimpin juga bisa mengerti bahwa kamu mungkin perlu bantuan untuk menemukan jawabannya.

Namun, mereka tidak secara langsung memberi tahu anda apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya yang benar.

Alih-alih mengarahkan, pemimpin akan cenderung memfasilitasi atau membantu kamu untuk belajar meningkatkan kinerjamu sendiri.

Pasalnya, seorang pemimpin yang baik dapat melihat orang-orang di sekitar mereka sebagai pekerja yang kompeten dan optimis terhadap potensi mereka.

 

2. Pemimpin Membangun Visi, Manager Membangun Tujuan

Seorang pemimpin umumnya memiliki gambaran mengenai capaiannya di kemudian hari serta menginspirasi orang lain untuk mengubahnya menjadi realita.

Pemimpin berpikir lebih jauh kedepan dibandingkan dengan orang biasa. Mereka mengajak orang lain untuk menjadi bagian dari sebuah rencana.

Pemimpin tahu pasti bahwa tim yang bekerja sama dengan baik akan memberikan hasil yang lebih daripada individual yang bekerja sendiri-sendiri.

Baca Juga : Kepemimpinan Transformasional

Sebaliknya, manager fokus terhadap bagaimana dia mengatur, mengukur, serta mencapai suatu tujuan. Manager bertugas memastikan bagaimana tujuan tersebut tercapai.

3. Pemimpin adalah pribadi yang unik, Manager mencontoh

Seorang pemimpin tahu betapa pentingnya membangun personal branding yang unik dan berbeda dari orang lain.

Bukan hanya untuk menonjolkan diri sebagai seorang pemimpin, tetapi juga untuk membantu menguatkan visi yang mereka bawa.

Mereka tidak takut untuk melakukan hal-hal secara berbeda dan berpikir “out of the box” supaya tidak terus berlama-lama dalam kondisi yang sama.

Selalu ada inovasi dan terobosan baru yang dipikirkan dan dirancang oleh pemimpin karena mereka sepenuh hati merangkul perubahan.

Sementara itu, manager adalah sosok dalam perusahaan yang diminta untuk mengatur dan mengkoordinasi pekerjaan, jadwal, alur kerja, proyek, dan alur kerja sehari-hari agar selalu sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Seorang manager cenderung tetap berpegang pada apa yang sudah terbukti berhasil, baik itu sistem, struktur, maupun proses.

Secara umum, Manager cenderung mencontoh kompetensi dan perilaku yang mereka pelajari dari orang lain serta mengadopsi gaya kepemimpinan mereka daripada merumuskannya sendiri

 

4. Pemimpin berani ambil risiko, Manager menghindari risiko

Perbedaan sikap saat menghadapi risiko juga menjadi perbedaan yang cukup mencolok antara seorang pemimpin dan manager.

Dilansir dari Forbes, pemimpin berani mengambil risiko dengan melakukan hal baru. Bahkan, jika mereka sebetulnya tahu cara tersebut belum tentu berhasil 100 persen.

Namun, mereka tetap melakukannya karena tahu kegagalan merupakan langkah menuju kesuksesan. Mereka pun memahami benar bahwa meski satu cara sudah berhasil, mungkin ada cara lain yang lebih baik lagi.

Bagaimana dengan manager ? Sifat dari pekerjaan mereka yang cenderung “mempertahankan dan menjalankan apa yang sudah ada” membuat manager bekerja justru untuk meminimalkan risiko.

Mereka berusaha mengendalikan, menyelesaikan, atau bahkan menghindari masalah sama sekali.

 

5. Pemimpin punya pengikut, Manager punya bawahan

Mengutip artikel berjudul The Differences Between Management and Leadership dalam jurnal Sinergi, perbedaan utama antara pemimpin dan manager adalah siapa yang ada di belakangnya.

Pemimpin memiliki orang yang percaya dan mengikutinya, sedangkan manajer mengepalai tim bentukan dari orang-orang yang bekerja untuk mereka.

Seorang pemimpin adalah sosok yang memiliki gambaran besar tentang masa depan dan mengembangkan strategi untuk mewujudkan visi tersebut. Kemudian ia mengomunikasikannya kepada orang lain.

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya mampu membuat orang lain memahami dan mempercayai visi perusahaan.

Ia pun tahu bahwa hanya dengan meminta seseorang melakukan sesuatu tidak akan menggugah nuraninya untuk mempercayai dan mengikutimu.

Pasalnya, “mengikuti” (following) selalu merupakan kegiatan sukarela, tanpa mengharap imbalan.

Maka dari itu, pemimpin cenderung melibatkan dan memotivasi orang lain untuk saling bekerja sama mewujudkan visi menjadi kenyataan.

Terlepas dari banyaknya perbedaan yang memisahkan seorang pemimpin dan manager, bukan berarti mustahil bagi kamu menjadi keduanya.

Idealnya, seorang pemilik bisnis yang sukses adalah seorang manager sekaligus pemimpin yang baik.

Kamu memang tidak perlu menjadi manajer untuk menjadi pemimpin. Akan tetapi, kamu akan menjadi manajer yang lebih baik jika bisa mengasah keterampilan leadership-mu

Kesimpulan 

Setelah melihat penjelasan mengenai Pemimpin dan Manager serta perbedaan antara Pemimpin dan Manager, kira-kira Anda cocok kerja sebagai Pemimpin atau Manager? Jika saat ini Anda masih sebatas level karyawan, maka supaya bekerja dengan giat dan menambah skill yang dimiliki agar bisa naik jabatan.

Pembahasan diatas sudah dijelaskan secara lengkap, Pemimpin adalah seorang yang lebih berkuasa, mengarahkan dan berpengaruh kepada pengikutnya, sedangkan Manager lebih ke arah koordinasi berbagai hal yang diinginkan seorang Pemimpin untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

Follow us