ArtikelHeadline3 “Positif” yang Dapat Mengubah Hidup: Cultive Positive Mindset, Positive Doing, and Positive Feedback

Avatar Pemimpin.IDMay 13, 2021294
clay-banks-z_DkoUqgx6M-unsplash

Oleh Melissa Stephanie Kartjito

 

Buku merupakan salah satu cara untuk belajar – tak terkecuali untuk para pemimpin muda yang ingin mengembangkan diri (self-development) dan  tim yang dipimpin.

Apakah teman-teman pemimpin ingin mengembangkan diri lebih baik lagi, salah satu caranya adalah dengan mengadopsi buah pikir dari para pemimpin terbarik. Yuk kita cek lima kebiasaan para pemimpin!

  1. Mari mulai melakukan perubahan dengan mempercayai bahwa semuanya mungkin (it’s all possible) dengan It’s All Possible: How to Lead an Epic Life and Unleash the High Performance Hero Within You oleh Rob Harnett
    Sering kali kita tidak merasa bisa atau mau melakukan berubah karena pola pikir kita yang membatasi kita sendiri. Jadi, dimulai dengan mempercayai bahwa hidup adalah tentang mempercayai kemungkinan dan bukan keterbatasan, kita bisa mulai mengadopsi pola pikir positif (positive mindset). Barulah setelah itu, kita bisa mulai melakukan tindakan positive (positive doing).

     “We can start achieving possibilities by defining what we want, and then bringing it to life in our mind through imagination.”
    -Robb Harnett-

    Mengapa harus membaca buku ini? Nah menariknya, Rob Harnett tidak hanya bicara soal pentingnya positive mindset dan positive doing. Penulis buku juga memberikan framework untuk menjalankan rencana menjadi tindakan dengan CHAMPION process. CHAMPION adalah akronim di mana setiap dari hurufnya (dalam bahasa Inggris) merujuk ke langkah tertentu.

  2. Setelah kita menyadari bahwa kita bisa membuat perubahan, saatnya berfokus untuk membuat rencana untuk mencapai perubahan tersebut dengan melakukan positive doing di satu jam pertama setelah kita bangun – sesuai anjuran dari buku Power Hour: How to Focus on Your Goals and Create a Life You Love karya Adrienne Herbert
    Untuk membangun pola pikir yang lebih positif, ada enam pertanyaan yang bisa diajukan sebelum jam 6 pagi:
    -Seperti apa energi yang ingin aku miliki hari ini?
    Dari siapa aku bisa belajar hari ini ?
    -Siapa yang bisa membantu aku belajar ?
    -Bagaimana aku bisa mendekati tujuanku satu tahun dari sekarang ?
    -Apakah yang paling aku nanti-nantikan hari ini ?
    -Apa yang paling aku syukuri hari ini ?
    Mengapa harus membaca buku ini? Kita semua ingin melakukan perubahan dalam hidup, tapi sering terhambat dengan berbagai alasan. Adrienne Herbert mengajak kita utk mendedikasikan satu jam pertama setelah kita bangun untuk mencapai tujuan tertentu menjadi kenyataan dengan tips-tips praktis di bukunya setelah kita merenungkan jawaban dari enam pertanyaan tersebut.

  3. Setelah tahu pentingnya positive mindset dan positive doing, tingkatkan positivity dengan mendapatkan positive feedback. Daniel M. Cable melalui bukunya Exceptional: Build Your Personal Highlight Reel and Unlock Your Potential menyarankan untuk mengumpulkan positive feedback dalam personal reel kita.
    Positive feedback penting karena umpan balik positif memenuhi kita dengan rasa pencapaian, percaya diri, dan tujuan sehingga kita merasa termotivasi untuk terus berkarya lebih baik.

    The purpose of life is to discover your gift. The work of life is to develop it. The meaning of life is to give your gift away.” – Daniel M. Cable

 

Mengapa harus membaca buku ini? Untuk membuat personal reel berisi positive feedback – yang bisa kita rujuk saat merasa down dan kehilangan motivasi – Daniel  M. Cable memberikan tips untuk mendapatkan feedback dari orang lain: “Apa yang akan dikatakan orang lain saat Anda meninggal? Apa yang akan tertulis sebagai eulogi di batu nisan Anda?”

Nah, sudah paham kan pentingnya positive mindset, positive doing, dan positive feedback? Yuk, mulai kita praktekkan dalam hidup sehari-hari!

 

Artikel ini terpilih sebagai salah satu Best Article dalam kelas kepenulisan Wikiclass#1: Menulis Secara Kritis dan Faktual yang diadakan oleh Wikilead bekerjasama dengan Pemimpin ID pada April 2021.

 

Referensi

Cable, D. (2020). Exceptional. Chronicle Prism.

Harnett, R. (2020). It’s All Possible. Major Street Publishing.

Herbert, A. (2021). Power Hour: How to Focus on Your Goals and Create a Life You Love. Hutchinson.

Photo by: Clay Banks

Tentang Penulis

Melissa Stephanie Kartjito – melissa.s.kartjito@gmail.com

A people development enthusiast – learning to apply evidence-based practices in everyday life, including self-development and nutrition-health.

Avatar

Pemimpin.ID

Pemimpin.id adalah sebuah Gerakan Pemberdayaan Kepemimpinan Indonesia melalui konten dan program kreatif.