Artikel3 Hal yang Membantumu Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2020/11/jaleel-akbash-ZisKM8Pmjis-unsplash-1280x853.jpg

Pemimpin tidak selalu tentang cara memberi perintah atau mengambil keputusan. Sebagai seorang pemimpin, kita dituntut untuk dapat memiliki banyak kemampuan. Kemampuan ini diharapkan dapat membantu kinerja tim yang dipimpin. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah komunikasi.

“Sebagai seorang pemimpin, kita berupaya untuk dapat memiliki berbagai kemampuan.”

Komunikasi yang dibangun dan terjadi antara pemimpin dan timnya pun sebaiknya dua arah, baik secara verbal maupun nonverbal. Maka dari itu, setiap pemimpin tidak hanya harus mengetahui cara berbicara yang baik, tapi juga mendengar. Ketika pemimpin dapat mendengar masukan dari tim, akan terjadi pertukaran informasi dan tim akan merasa dihargai serta pendekatan emosional antara pemimpin dengan tim akan semakin dekat. Kemampuan lain yang juga tidak kalah penting adalah kemampuan memanajemen hubungan. Baik hubungan antara pemimpin dengan tim, maupun tim dengan pihak eksternal. Semua hal itu dapat sangat membantumu dalam menjalani karirmu pada tingkatan apapun, beberapa hal yang dapat kamu dapatkan di antaranya, yaitu:

  1. Mengumpulkan informasi, ide, teknik dan perspektif dari orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda;
  2. Memberikan perspektif pribadimu kepada orang lain untuk membangun kedekatan;
  3. Menyelesaikan tugas dan berkolaborasi dengan orang lain untuk menyelesaikan tujuan;
  4. Memberikan dukungan personal ketika terjadi situasi sulit;
  5. Mendapatkan umpan balik dari orang lain yang dinilai dapat memberikan penilaian terhadap kinerja, kemampuan, dan kualitas yang kamu miliki; dan
  6. Membuat tempat kerja semakin nyaman.

Enam poin di atas dapat membantumu sebagai seorang individu yang berada pada tim. Namun, ketika kamu menjadi pemimpin, ada beberapa hal yang menjadi penting untuk lebih diperhatikan dalam membangun komunikasi dengan tim.  3 hal yang dapat membantumu menjadi pemimpin yang lebih baik:

  1. Komunikasi yang efektif

Kemampuan dalam membangun komunikasi yang efektif adalah kemampuan yang paling penting yang harus dimiliki seorang pemimpin. Ketika kamu memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi yang efektif, maka kamu dapat memberikan ide dan gagasan kamu kepada orang lain dengan jelas. Komunikasi yang efektif membantu seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik karena pemimpin dengan komunikasi yang efektif dapat dengan mudah menjelaskan tentang rancangan dan tujuannya menggunakan cara yang mudah dimengerti.

  1. Aktif Mendengar

Aktif mendengar merupakan kemampuan untuk memberikan perhatian penuh terhadap orang yang sedang berkomunikasi dengan kamu. Pendengar aktif ini selalu dianggap baik oleh seluruh tim dan rekannya dikarenakan perhatian dan rasa hormat yang diberikan kepada orang lain. Seperti yang disampaikan oleh Diah Deir Zahrani (Organizational Development PT. Majoo Teknologi Indonesia) pada wawancara yang dilakukan oleh Pemimpin.id, kamu dapat meningkatkan kemampuan mendengarmu dengan cara berfokus kepada pembicara, hindari distraksi, dan menyiapkan tanggapan kepada orang lain hanya jika orang lain telah selesai berbicara.

  1. Manajemen Hubungan

Manajemen hubungan adalah kemampuan untuk mempertahankan hubungan yang sehat dan membangun koneksi kunci. Sebagai contoh, jika kamu bekerja sebagai customer service, kamu bertanggung jawab untuk memelihara hubungan baik antara perusahaanmu dengan klien spesifik kamu. Senior di organisasi juga mengatur hubungan kemitraan dengan tokoh penting dan investor. Manajemen hubungan ini memungkinkan hubungan profesional untuk tumbuh dan membuat semua bagian dapat menjadi keuntungan.

Menjadi pemimpin pada intinya harus memiliki kemampuan dalam mengelola komunikasi yang baik dengan tim. Soft skills seperti berkomunikasi secara efektif, menjadi pendengar aktif, dan memanajemen hubungan dengan seluruh pihak adalah bentuk dari cara mengelola komunikasi yang baik dengan tim.

 

Avatar

Redaksi Pemimpin.ID