Gagasan10 Tips Jadi Pemimpin yang Baik

Avatar Ridwan Ardian WijayaNovember 3, 2021231
https://pemimpin.id/wp-content/uploads/2021/11/10-tips-pemimpin-1280x853.png

Oleh : Fithriyah Saiidah

ABSTRAK | Bagaimana kamu menggambarkan sosok pemimpin yang baik? Tentunya pemimpin yang baik akan disenangi para anggotanya. Bukan karena seberapa banyak kelebihan dan kekurangan yang dimiliki seorang pemimpin, pemimpin yang baik akan memberikan kenyamanan pada anggotanya, sehingga anggota tim merasa senang. Dalam perjalanan memimpin tim, seorang pemimpin juga harus memiliki sifat dan pikiran baik untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mencapai tujuan bersama.

Hasil dari salah satu studi medically review di Inggris menyatakan bahwa, pemimpin yang baik memiliki kecerdasan, ketegasan, mudah beradaptasi, dan kesadaran penuh akan tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Kesadaran akan tanggung jawab sebagai pemimpin merupakan hal yang utama dan dianggap penting karena dengan itu, seorang pemimpin mengetahui tujuan dan langkah bersama yang akan dicapai.

Dalam kepemimpinan ada tipe transformasional. Pemimpin transformasional bisa membawa perubahan yang baik pada anggotanya, mereka dapat digambarkan sebagai pemimpin yang memiliki semangat memimpin, antusias, ketulusan, dan energik. Tidak hanya berfokus membantu anggota tim mencapai visi bersama, namun juga membantu mengembangkan potensi penuh dari setiap anggotanya.

Wah menarik ya, Pemimpin Muda mau belajar jadi pemimpin transformasional? Yuk temukan jawabannya di 10 Tips jadi pemimpin yang baik!

1. Kenali gaya kepemimpinanmu

Memahami gaya kepemimpinan sangatlah penting. Kamu dapat memulainya dengan mengetahui apa saja kekuatanmu dan apa saja yang harus ditingkatkan dalam dirimu. Salah satu cara yang dapat kamu coba yaitu, menilai gaya kepemimpinan melalui leadership style quiz untuk mendapat gambaran umum bagaimana caramu memimpin.

2. Bersikap optimis

Pemimpin transformasional tentunya memiliki sikap optimis sebagai sumber inspirasi bagi anggotanya. Sikap optimis dari pemimpin menjadi pemantik semangat untuk berpikir positif kedepannya. Bahkan di saat anggota hampir putus asa, pemimpin dengan sikap optimis akan mengajak terus berjuang bersama.

3. Inklusif

Sebagai pemimpin pastinya harus bersikap dan berpikiran terbuka. Inklusif merupakan cara pemimpin untuk bersikap terbuka dengan pendapat serta pemikiran anggotanya. Dengan begitu, pemimpin akan bisa menghargai dan mengambil keputusan tepat berdasarkan hasil keputusan tim.

4. Mendorong anggota untuk berkontribusi

Saat diskusi, rapat atau kesempatan lainnya untuk menyampaikan gagasan, biarkan anggota timmu memberikan banyak gagasan baru. Berikan kepercayaan bahwa mereka juga mampu melibatkan diri dan mengeksekusi bersama gagasan yang sudah dibuat. Dengan kepercayaan seorang pemimpin, kinerja para anggota akan maksimal.

5. Berkomunikasi secara efektif

Dalam berkomunikasi, pemimpin transformasional menggunakan cara efektif dengan mengkomunikasikan visi kepada para anggota, sehingga anggota merasa terinspirasi dan termotivasi untuk merealisasikan visi bersama. Selain itu, seorang pemimpin transformasional juga menggunakan komunikasi one-on-one dengan setiap anggota. Tujuannya agar pemimpin dapat mengenal lebih dekat anggotanya dan bisa membantu mencapai harapan anggotanya bergabung dalam tim.

6. Motivasi dan apresiasi anggota tim

Yang tak kalah penting yang harus dilakukan pemimpin adalah memotivasi dan mengapresiasi tim. Pemimpin transformasional memotivasi tim agar menginspirasi anggotanya untuk mulai bergerak. Sedangkan mengapresiasi tim tujuannya agar anggota tim merasa dihargai.

7. Ikut serta dalam menjalankan agenda

Jadilah pemimpin yang ikut serta dalam menjalankan agenda tim. Walaupun tidak banyak yang dikerjakan pemimpin dalam menjalankan agenda, tetaplah ikut serta. Dengan itu, anggota tim merasa pemimpin membersamai anggotanya. Mereka akan semangat dan antusias mengerjakan agenda bersama.

8. Menjaga semangat tim

Di penghujung kepengurusan tim, ada kalanya semangat anggota menurun. Saat di kondisi ini, seorang pemimpin bertugas menjaga semangat anggota tim dengan mengingat kembali visi tim melalui kegiatan gathering. Tujuan agar anggota tim dapat menyegarkan pikiran serta menambah kedekatan antar anggota untuk mengingat kembali visi bersama.

9. Berikan teladan yang baik

Memberikan pengaruh baik merupakan salah satu dari empat komponen kunci dari kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional mencontohkan perilaku dan karakteristik yang mendorong para anggota tim untuk melakukannya.

Penelitian menunjukkan bahwa, para pemimpin mampu menumbuhkan keyakinan tertentu dan kemudian menginspirasi anggotanya. Dengan memberikan teladan baik, hasilnya para anggota tim mengikuti sikap optimis dan memiliki standar tinggi untuk kinerja dan prestasi seperti yang dicontohkan pemimpinnya.

10. Mau terus belajar

Kepemimpinan bukanlah hubungan satu arah, maka seorang pemimpin tetap perlu mengevaluasi apa saja yang sudah efektif dan apa yang kurang. Mintalah feedback dan insight baru dari anggota, perbaiki apa yang kurang, dan teruslah belajar hal baru agar dapat menginspirasi, memotivasi dan memberikan apresiasi tertinggi kepada anggota.

Mudahkan 10 tips di atas? Semoga kita bisa sama-sama belajar menjadi pemimpin yang baik, yang tidak hanya disenangi dan dirindukan anggotanya, namun juga memberikan dampak baik pada lingkungannya.

Referensi:

Riggio, RE (November 15, 2014). Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/cutting-edge-leadership/201411/the-4-elements-transformational-leaders

Steinmann B, Klug HJP, Maier GW (2018). Front Psychol. Frontiers | The Path Is the Goal: How Transformational Leaders Enhance Followers’ Job Attitudes and Proactive Behavior | Psychology (frontiersin.org)

Dapatkan E-Book Memimpin oleh Pempimpin Indonesia GRATIS!